5 Resep Ramuan Alami Untuk Menjaga Kesehatan Keluarga

5 Resep Ramuan Alami Untuk Menjaga Kesehatan Keluarga

5 Resep Ramuan Alami – Kesehatan merupakan suatu hal yang sangat penting, maka dari itu kita harus sangat menjaga kesehatan kita dan juga keluarga. Namun jika salah satu diantara keluarga ada yang  sakit harus ada yang menjalankan peran sebagai dokter bagi keluarga, seorang ibu mempunyai peran yang sangat penting bukan hanya sebagai ibu dan istri tapi juga harus menjadi dokter bagi keluarganya.

Hal ini harus dilakoni oleh seorang ibu rumah tangga tidak perlu menempuh pendidikan yang panjang untuk menjadi seorang ibu yang hebat, namun hanya dengan memperbanyak wawasan dan ilmu pengetahuan tentang dunia kesehatan.

Di zaman yang serba canggih ini ilmu tentang kesehatan sangat mudah didapatkan melalui berbagai macam media, diantaranya dari buku-buku kesehatan, majalah dan media elektronik sudah banyak menyediakan informasi berbagai hal salah satunya dalam hal kesehatan.

Ilmu kesehatan sangat penting untuk diketahui bagi semua orang terutama seorang ibu, ilmu kesehatan akan selalu mengalami perkembangan mengikuti zaman mungkin akan ada penyakit baru yang timbul. Karena semua manusia yang hidup akan pernah mengalami sakit, sehingga pengetahuan yang didapat akan sangat membantu untuk pencegahan ataupun pengobatan. Seperti kata pepatah yaitu “Mencegah lebih baik dari pada mengobati”.

Dalam hal ini jika dapat membuat ramuan obat sendiri untuk mengobati keluarga yang sakit maka akan lebih menghemat pengeluaran rumah tangga, jadi akan mengurangi pengeluaran untuk ke rumah sakit. Karena jika kita mengenali gejalanya maka banyak penyakit yang dapat ditangani tanpa bantuan seorang dokter.

Bahkan ditemui terdapat buku yang ditulis oleh seorang dokter yang berjudul “Jangan Lagi ke Dokter”. Ini menjelaskan bahwa sebenarnya saat bunda dan keluarga sakit tidak perlu harus selalu pergi ke dokter jika memang diketahui penyakit itu belum terlalu parah. Karena dalam kandungan obat-obatan rumah sakit terutama antibotik ditemui banyak efek samping yang tidak baik untuk tubuh kita.

Berikut ini Adalah 5 Resep Ramuan Alami Sesuai Dengan Penyakit yang Dialami :

  1. Mengobati Anemia atau Kurang darah

Ramuan Pertama

Bahan-bahan :

  • Setengah genggam daun kacang panjang

Cara membuatnya :

Daun kacang panjang dicuci bersih lalu asapkan sebentar, kemudian dilalap ketika makan siang dan malam.

Ramuan Kedua

Bahan -bahan :

  • Satu sendok makan madu murni
  • Setengah genggam akar tapak liman
  • Dua sendok teh air perasan jeruk nipis.

Cara membuatnya :

Akar tapak liman dicuci bersih lalu digiling atau ditumbuk halus, tuangkan satu sendok makan madu murni dan dua sendok teh air jeruk nipis kemudian peras dan saring airnya.

Aturan minum : Diminum dua kali sehari, tiga sendok makan sekali minum.

Ramuan Ketiga

Bahan-bahan :

  • Kunyit

Cara membuatnya :

Kunyit diparut kemudian diperas dengan air matang yang sudah dingin, kemudian boleh dicampurkan dengan gula aren dan ditambah sedikit garam. Minumlah secara rutin dan boleh dibarengi dengan mengkomsumsi sawo yang sudah matang.

2. Mengobat Penyakit Kulit Kudis dan gatal-gatal

Bahan-bahan :

  • Tanaman salam secukupnya boleh gunakan bagian daun, batang, kulit, atau akarnya.

Cara membuatnya :

Cuci bersih lalu giling atau tumbuh hingga halus sampai menjadi bubuk.

Pemakaiannya :

Balurkan ke bagian tubuh yang gatal kemudian balut dengan kain ataupun kapas.

3. Menghilangkan Kutil

Bahan-bahan :

  • 5 lembar daun dewa atau
  • Labu siam

Cara pemakaiannya :

  • untuk daun dewa yaitu tumbuk hingga halus kemudian lumurkan ke bagian yang berkutil, buatlah sampai benar-benar merekat lalu biarkan selama satu hari dan boleh dilepas ke esokan harinya.
  • Labu siam diiris kemudian getahnya digosok-gosokan ke kutil yang ada di kulit, lakukan hal ini berulang kali hingga kutil lepas dengan sendirinya.

4. Penyakit Gondong

Bahan-bahan :

  • 4 buah belimbing wuluh
  • 2 siung bawang merah

Cara pemakaiannya :

Kedua bahan tersebut diparut dan dicampur, kemudian tempelkan pada bagian yang bengkak. Lakukan setiap pagi dan sore secara teratur.

Peringatan :

Walaupun kedengarannya penyakit ini tidak terlalu berbahaya namun harus sangat diwaspadai karena kalau dibiarkan tanpa ada pengobatan akan dapat mengakibatkan radang otak ataupun radang pangkreas yang dapat mengakibatkan kemandulan.

5. Mengobati Sakit Gigi

Ramuan pertama yang bisa dicoba

 

Yaitu tumbuk bawang putih secukupnya hingga halus, kemudian ditempelkan ke bagian gigi yang sakit.

Pemakaian : lakukan 2 kali sehari secara teratur.

Ramuan kedua

resep ramuan alami

Ambil biji alpukat lalu keringkan atau agar lebih cepat bisa disangrai setelah itu haluskan hingga menjadi bubuk.

Pemakaian : masukkan bubuk biji alpukat yang telah ditumbuk tadi ke bagian gigi yang berlubang dan tutup dengan menggunakan kapas.

Ramuan ketiga

5 resep ramuan alami

Bisa menggunakan 10 butir cengkeh kering yang dihaluskan.

Pemakaian : masukkan cengkeh yang sudah dihaluskan ke bagian gigi yang berlubang kemudian tutup dengan kapas. Bisa juga menggunakan minyak cengkeh lakukan hal yang sama ke bagian gigi yang berlubang.

Ramuan keempat

Bahan-bahan :

  • 15 gram serai
  • 5 lembar daun sirih
  • 400 ml air

Cara membuatnya :

Cuci bersih batang serai dan daun sirih terlebih dahulu lalu rebus dengan 400 ml air hingga menyusut menjadi 200 ml, kemudian disaring.

Pemakaian : gunakan untuk berkumur dibagian gigi yang sakit dan air sisa rebusannya diminum saat masih hangat. Lakukan terus 3 kali sehari secara teratur sampai sembuh.

Baca juga : resep ramuan herbal yang mudah dibuat di rumah

Share this post

Comment (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.