Anak Suka Berteriak Saat Ingin Sesuatu, Apakah Itu Wajar??

anak suka berteriak

Anak Suka Berteriak Saat Ingin Sesuatu, Apakah Itu Wajar??

Anak Suka Berteriak – Saat anak berteriak ketika ingin sesuatu sebenarnya itu sesuatu yang wajar dan normal, namun jangan dibiarkan secara terus menerus. Pada usia 2 tahun mereka sudah mulai lancar berbicara, saat ia ingin sesuatu dan ingin menunjukkan kemampuannya berbicara ia akan berteriak saat memintanya.

Mengapa Anak Suka Berteriak??

Berteriak juga menjadi suatu cara untuk ia mengungkapkan dan mengekpresikan keberaniannya dalam menunjukan kemampuan bicara yang sebelumnya belum ia miliki. Terkadang anak berteriak sebagai cara untuk menarik perhatian ayah dan ibu nya ataupun orang di sekitarnya bahwa ia sudah bisa bicara. Selain itu anak menggunakan teriakan untuk sarana bereksperimen sejauh mana suaranya dapat didengar oleh orang lain dengan tinggi rendahnya volume suara yang dikeluarkan.

Bagi anak jika ia bisa menarik perhatian orang lain dengan teriakannya merupakan kegembiraan, karena ia dapat reaksi istimewa jika ia melakukannya. Namun jika hal ini dijadikannya sebagai kebiasaan untuk menarik perhatian orang lain, maka menjadi suatu hal yang tidak baik. Apalagi jika si anak ingin meminta sesuatu dengan berteriak didepan orang banyak seperti di mall tentu saja akan membuat ayah dan bunda malu bukan?

Penyebab anak sering berteriak keras bisa saja dari lingkungan sekitar, mungkin dari kondisi lingungan yang bising seperti pasar, jalan raya atau lingkungan rumah dekat pabrik industri sehingga memaksa mereka berteriak dalam berbicara agar terdengar oleh lawan bicara.

Jika bunda memiliki anak dengan karakter seperti ini, solusi yang tepat untuk mengatasinya yaitu :

  • Mengajarkan anak untuk menyampaikan sesuatu dengan cara yang baik, bilang padanya jika ia menyampaikannya dengan berteriak bunda tidak akan mengerti. Memang harus dengan kesabaran dan ketelatenan untuk dapat diterima oleh anak.
  • Jika anak berteriak, ayah atau bunda jangan membalasnya dengan berteriak juga. Sekilas memang balasan teriak tampak wajar karena anak akan langsung diam. Namun itu merupakan sikap yang tidak mendidik. Dikhawatirkan nantinya anak akan belajar dan akan membalas teriakan dengan volume atau nada yang lebih tinggi lagi.
  • Orang tua harus konsisten, orang tua sering kali tidak suka jika anaknya berteriak saat ingin sesuatu namun bunda tetap menuruti permintaannya karena tidak tega. Ada juga orang tua yang tidak suka anaknya berteriak namun orang tua sendiri suka berteriak. Hal ini merupakan suatu ketidak konsistenan para orang tua.

Maka dari itu jangan pernah turuti permintaan anak jika ia masih berteriak untuk meminta sesuatu, sampaikan pada anak dengan menatap dan mengatakan dengan lembut dan tegas bahwa permintaannya tidak akan dituruti jika ia masih berteriak. Serta berikan contoh yang baik kepada karena anak akan meniru sikap orang tua.

  • Sebisa mungkin memilih lingkungan tempat tinggal yang jauh dari kebisingan. Dengan berigitu anak tidak berteriak saat berbicara karena khawatir tidak terdengar oleh lawan biacara.

Baca juga : solusi menghadapi anak yang suka memukul

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.