Mengapa Anak Suka Jajan, Bagaimana Cara Membatasi dan Mengatasinya??

Mengapa Anak Suka Jajan, Bagaimana Cara Membatasi dan Mengatasinya??

Mengapa Anak Suka Jajan – Bunda mempunyai anak kecil yang suka sekali jajan? Anak-anak memang suka sekali jajan bahkan bukan hanya anak kecil saja yang suka jajan tapi anak remaja dan orang tua pun juga suka dengan jajanan karena karakter jajanan yang menarik, bisa langsung dimakan dan rasanya yang lezat sehingga membuat ketagihan.

Tentunya jika si kecil selalu minta jajan padahal belum beberapa menit sudah memakan jajanan, akan menjadi boros. Belum lagi mengkonsumsi jajanan secara berlebihan apalagi seperti yang kita ketahui jajanan banyak yang tidak sehat maka akan berbahaya bagi kesehatan. Sebagai orang tua kita harusnya bersikap bijaksana dalam memberikan izin anak untuk jajan.

Lalu Mengapa Anak Suka Jajan??

Sebanarnya ada beberapa faktor yang tanpa disadari menyebabkan anak kebiasaan meminta jajan, selain faktor jajanan yang menarik yaitu :

1. Orang tua selalu menempatkan jajan sebagi solusi

Sering kali para orang tua menjadikan jajan sebagai solusi saat anak rewel karena diharapkan anak akan diam jika telah dibelikan jajan. Sering juga orang tua mengalihkan perhatian anak kepada jajanan agar anak tidak nangis saat ditinggal orang tuanya bekerja. Ada juga orang tua yang menjanjikan jajanan jika mereka mau menurut dan mau melakukan sesuau. Contohnya : “ Ayo nak cepat mandi dulu sudah sore, nanti bunda belikan es krim”.

Untuk beberapa waktu boleh dilakukan dan masih dianggap wajar, namun jika dibiasakan akan menjadi trik anak agar dapat dibelikan jajan, mereka akan rewel dan tidak mau mengerjakan apa yang bunda suruh.

Oleh karena itu jangan sering menjadikan jajan sebagai solusi terakhir. Saat mereka rewel mungkin mereka ingin mendapatkan perhatian orang tua, maka dari itu saat anak rewel ajaklah anak bermain ataupun sekedar berdialog dengannya agar perhatiannya tidak mengarah ke jajanan.

2. Kebiasaan orang tua yang membiarkan anak jajan tanpa batas

Anggapan orang tua yang menganggap anak suka jajan adalah hal yang wajar dan membiarkan anak banyak jajan dan tanpa batas. Justru akan sangat berbahaya bagi kesehatan anak, karena banyak sekali jajanan anak yang mengandung zat-zat berbahaya bagi manusia. Bahan utamanya berasal dari campuran fisik mikrobiologi dan kimia seperti pewarna tekstil atau pewarna pakaian.

Selain boros, dampak lainnya adalah membuat anak mengalami kegemukan dan terganggu pola makannya. Anak sudah merasa kenyang padahal belum makan makanan pokok.

Oleh karena itu batasilah jajan anak, cobalah untuk menerapkan aturan tersebut pada anak dengan bahasa komunikasi yang baik dan sederhana.

3. Faktor lain yaitu orang tua yang suka jajan

Jangan heran jika anak suka sekali jajan, karena orang tuanya sendiri suka sekali jajan. Sebenarnya tanpa disadari yang mengenalkan anak kepada jajanan adalah orang tua mereka sendiri, namun sering kali orang tua menyalahkan teman, saudara ataupun iklan di TV yang menayangkan iklan makanan yang membuat anak tertarik. Namun semua tidak berarti jika para orang tua konsisten dalam memberikan batasan ataupun teladan kepada anak.

Secara tidak sadar orang tua jugalah yang mengajarkan anak sikap konsumerisme sejak dini, contohnya : mengajak anak jajan dipinggir jalan, sering mengajak anak makan di restoran cepat saji ataupun sering membawakan oleh-oleh setiap orang tua pulang dari berpergian.

Hal ini menjadi wajar jika dilakukan hanya sesekali, yang tidak wajar adalah ketika menjadikan hal ini kebiasaan. Tentu akan sangat berdampak buruk pada anak.

Oleh karena itu berikanlah teladan yang baik dan jangan terlalu sering mengajak anak untuk jajan di pinggir jalan ataupun mengajaknya ke restoran cepat saji. Biasakanlah bunda memasak agar anak lebih sering makan di rumah dan saat mereka bersekolah sebaiknya siapkan bekal untuk dimakan di sekolah, juga tidak memberikan uang jajan yang berlebihan.

Baca juga : Mengajari Anak Cara Agar Bisa Menabung

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.