Anak Suka Rebutan Mainan Walaupun Sudah Memiliki Mainanan Masing-masing

Anak Suka Rebutan Mainan Walaupun Sudah Memiliki Mainanan Masing-masing

Anak Suka Rebutan Mainan – Anak kecil memang cenderung lebih suka memiliki mainan milik orang lain ataupun saudaranya walaupun ia sudah memiliki mainan sendiri atau bahkan jika jarang umur mereka sama, sering kali dibelikan mainan yang sama. Namun tetap saja ia akan berusaha merebut mainan yang dimiliki saudaranya. Bahkan pada suatu kasus mainan yang menjadi rebutan anak-anak adalah hanya sebuah kayu kecil yang sang kakak gunakan untuk bermain bersama kucingnya.

Tentu saja kita sebagai orang tua jika dihadapkan dengan sikap anak-anak yang seperti ini maka akan kebingungan harus bagaimana menghadapinya. Kita akan mengusahasakan untuk mencarikan pengganti barang tersebut yang sejenis sebagai gantinya, namun tetap saja sang adik tidak mau. Hingga akhirnya dibiarkan saja sikap mereka yang seperti itu, tetapi ketika mereka berebutan sampai menjurus ke arah saling memukul, barulah orang tua mencoba melerainya.

Yang biasanya berujung pada yang menang akan membawa lari barang tersebut dan yang kalah menangis. Kemudian orang tua mencoba membujuk sang adik agar mau menerima barang lain yang sejenis atau mencoba mengalihkan perhatiannya ke masalah lain.

Tahukan Bunda, sebenarnya itu adalah hal yang wajar. Jika dibimbing dengan cara yang benar maka akan sangat bermanfaat bagi kehidupan anak kelak. Karena kehidupan sesungguhnya memang penuh dengan persaingan, persaingan yang manusiawi. Bersaing berarti “berani hidup”, “berani bersaing”. Seperti pada kasus diatas anak mulai belajar persaingan didalam keluarga dan sekolah. Seperi halnya di sekolah anak belajar bersaing untuk mendapatkan peringkat dan prestasi terbaik.

Yang terpenting dari semua itu adalah bagaimana cara orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Karena semua hal yang baik berasal dari didikan yang baik pula, kasus diatas mencontohkan meskipun terkesannya berebut mainan itu hal yang negatif namun jika orang tua memberikan bimbingan agar persaingan dan perbuatan tersebut dilakukan dengan cara-cara yang sehat, maka akan bermanfaat bagi anak dalam bersikap untuk menghadapi persaingan kelak.

Langkah yang baik dalam menyikapi sikap anak yang suka rebutan mainan yaitu:

Menerima dengan wajar, karena jika juga dulu pernah seperti itu. Namun jika perbuatan anak telah melampaui batas dan melanggar norma-norma kesusilaan atau kesopanan maka ayah atau bunda boleh bersikap melarang. Sikap anak harus dirubah sesuai dengan kemauan kita. Dapat dilakukannya dengan berbagai cara yaitu menasehati, memberikan hukuman atau memberikan hadiah serta memberikan kesibukan/tugas yang dapat ia kerjakan.

Baca juga : cara mengatasi anak suka berbohong

 

Share this post

Comment (1)

  • Parenting Center Reply

    Kids are always kids. Semoga ibu pasti pernah mengalami masalah ini saat mempunyai lebih dari satu balita/batita

    December 20, 2018 at 5:11 PM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.