Cara Mendidik Anak Agar Berbakti Kepada Orang Tua Dan Orang Yang Lebih Tua

cara mendidik anak agar berbakti

Cara Mendidik Anak Agar Berbakti Kepada Orang Tua Dan Orang Yang Lebih Tua

Cara Mendidik Anak Agar Berbakti – Seiring mengikuti zaman yang semakin canggih, tradisi dan pendidikan agama sudah banyak dikesampingkan serta perilaku kesopanan anak muda sekarang semakin berkurang. Sekarang banyak dan sering kita lihat bahwa anak yang berperilaku kurang sopan atau bahkan kurang ajar terhadap orang yang lebih tua bahkan kepada orang tuanya sendiri, tidak berbakti kepada orang tua bahkan menelantarkan orang tua yang sudah lanjut usia.

Sepatutnya kita terapkan kepada anak-anak sejak usia dini bahwa berbuat baik kepada kedua orang tua hukumnya wajib, baik waktu kita masih kecil, remaja atau sudah menikah dan sudah mempunyai anak bahkan saat kita sudah mempunyai cucu. Perlu mereka ingat seberapa besar perjuangan orang tua dalam merawat anaknya dari mulai dalam kandungan sampai ia besar.  Mereka membesarkan kita dengan penuh kasih sayang dan berbagai pengorbanan. Pengorbanan yang orang tua lakukan tidak hanya dalam hal materi namun juga tenaga, waktu dan bahkan demi anak orang tua rela mengorbankan nyawanya sendiri.

Maka dari itu sebagai orang tua, kita harus tahu bagaimana cara dan mengarahkan mereka agar kelak mereka menjadi anak- anak yang sholeh dan berbakti kepada orang tua.

Berikut Ini Cara Mendidik Anak Agar Berbakti Kepada Orang Tua :

1. Berikan Teladan yang Baik Pada Anak

Orang tua harus memberikan teladan yang baik kepada anak, karena anak merupakan peniru ulung dan benar kata pepatah bahwa “buah jatuh tidak jauh dari pohonnya” . Jika orang tua melakukan atau mencontohkan hal-hal yang baik maka anak anak melakukan hal yang baik tapi jika orang tua melakukan atau mencotohkan hal yang tidak baik kepada anak maka anak akan meniru hal yang tidak baik juga karena memori anak yang kuat akan terus merekam. Misalnya, jika seorang anak sering berkata kasar, bisa jadi karena dia juga sering mendapat perkataan seperti itu dari orang tuanya atau anak sering melihat pertengkaran yang dilakukan orang tua mereka dirumah.

Baca juga : 4 Dasar Pendidikan Bagi Anak

2. Mendidik anak menjadi anak sholeh dan sholehah

Sebelum orang tua mengharapkan anak menjadi sholeh dan sholehah, sebaiknya sholehkan diri terlebih dahulu. Lebih perbanyak ibadah dan memperdalam agama islam agar orang tua dapat memberikan pendidikan dan contoh yang benar menurut agama islam dan menjadikan anak taat ibadah serta patuh kepada kedua orang tua. Karena patuh kepada orang tua merupakan perbuatan yang baik.  Selain itu orang tua juga perlu belajar berbagai ilmu, agar dapat digunakan dalam pengasuhan anak. Agar anak mempunyai bekal untuk masa depannya dan menjadi tauladan yang baik.

3. Perhatikan lingkungan anak- anak

Hubungan seorang teman sama seperti perumpamaan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi percikan apinya mengenai pakaianmu atau engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR Bukhari 5534 dan Muslim 2628).

Itulah merupakan pesan Rasulullah SAW. dalam memilih teman yaitu kita harus berhati- hati, serta peka terhadap pengaruh yang berasal dari lingkungan sekitar kita. Begitu juga dengan anak-anak kita yang masih sangat polos. Kita harus mengenal siapa teman anak kita, namun tidak mendiskriminasi.

4. Membantu Berbagai Pekerjaan Rumah
Ajarkan anak untuk membantu pekerjaan rumah seperti membantu mencuci piring, menyapu halaman, mengepel lantai, membersihkan rumah dan semisalnya. Agar anak lebih menghargai pekerjaan orang tua. Meskipun tidak setiap hari membantu dan meringankan pekerjaan ibu, walau hanya pekerjaan kecil namun itu akan membuat orang tua merasa bahagia.

5. Ajarkan Anak Untuk Bersikap Sopan dan Santun
Mengajarkan anak untuk bersikap sopan dan santun kepada orang yang lebih tua. Biasakan tradisi di rumah ketika masuk dan keluar rumah selalu mengucapkan salam dan mencium tangan yang lebih tua agar anak terbiasa. Biasakan berbicara yang baik dan menjauhi sikap kurang ajar kepada orang yang lebih tua.

6. Sabar, ikhlas dan doa

Kesabaran adalah hal mutlak harus dimiliki orang tua dan merupakan dasar dalam mendidik anak. Karena dalam mendidik anak kadang kala ditemukan hal yang tidak menyenangkan. Contohnya, anak yang bersikap bandel dan tidak mau dinasehati. Ketika anak bersikap seperti itu, sebaiknya jangan berikan ia caci maki dan kemarahan yang hanya akan membuat mereka semakin menjauh. Ketika emosi dirasa sudah mulai memuncak, orang tua harus pandai dalam menguasai diri.

Bayangkan bahwa kita pun sama saat seusia mereka. Kita harus iklhas karena anak adalah titipan dari Allah dan tujuan kita mendidik anak adalah mencapai keridhoan Allah SWT. Keikhlasan hati orang tua akan membuat apa yang disampaikan mudah diserap dan dipahami anak. Hal yang  tidak kalah penting adalah dengan terus mendoakan anak  supaya anak dilindungi dan selalu berada dijalan Allah agar kelak menjadi generasi yang membuat bangga orang tua dan agama.

Share this post

Comment (1)

  • Parenting Center Reply

    Bacaan menarik untuk orangtua! Semoga anak2 kita tumbuh menjadi anak yg baik dan berbakti

    December 13, 2018 at 9:38 AM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.