Traveling Bersama Bayi Apa Saja Perlengkapan Yang Harus Dibawa?

Traveling Bersama Bayi Apa Saja Perlengkapan Yang Harus Dibawa?

Traveling Bersama Bayi – Saat memasuki masa libur panjang tentunya Bunda sekeluarga sudah mulai mempersiapkan untuk pergi berlibur. Ada yang berencana berlibur ke tempat wisata ataupun berlibur ke rumah keluarga lain yang jarang bertemu karena terkendalam oleh jarak dan belum ada waktu libur. Untuk Bunda yang mempunyai bayi tentu banyak pertimbangan, karena khawatir si kecil akan menangis dan tidak betah karena tidak terbiasa. Ini merupakan tantangan bagi para orang tua.

Beberapa orang mengatakan bepergian saat bayi berusia dibawah 6 bulan, lebih mudah dibandingkan usia lainnya. Karena pada usia tersebut, si kecil hanya memerlukan pakaian dan ASI sebagai makanannya,  bayi yang berusia dibawah 6 bulan lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur, sehingga barang bawaan yang diperlukan lebih sedikit dan lebih praktis. Namun jika sudah memasuki usia balita dan dalam tahap MPASI maka barang bawaan semakin banyak. Selain pakaian dan keperluan lainnya, Bunda juga harus membawa peralatan untuk membuat MPASI. Seperti termos sebagai wadah air hangat, mangkuk, gelas dan lain-lain.

Apa saja yang harus disiapkan saat melakukan perjalanan/traveling bersama bayi? Untuk mempersiapkan apa saja perlengkapan yang harus dibawa sebenarnya sama dengan barang-barang yang wajib dibawa oleh orang dewasa pada saat traveling. Namun ada beberapa barang yang harus ditambahkan baik jenis maupun jumlahnya.

Berikut Ini adalah Beberapa Perlengkapan Yang Dapat Dibawa Saat Traveling Bersama Bayi :

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu buat daftar barang kebutuhan anak selama traveling.

♦ Pakaian, Jaket, Topi, Kaos kaki  dan Alas Kaki

Traveling Bersama Bayi

Sama seperti orang dewasa, pakaian si kecil juga harus disesuaikan dengan lokasi tujuan yang akan dikunjungi. Membawa pakaian secukupnya, pilih pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. Bunda sudah harus memperhitungkan dengan cermat berapa banyak pakaian yang dibutuhkan si kecil nanti. Mengapa balita membutuhkan pakaian lebih banyak? Karena saat usia balita ia tidak bisa mandiri, banyak hal yang tidak diduga bisa saja terjadi seperti tanpa sengaja menumpahkan makanan, minuman atau lainnya. Walaupun begitu jangan berlebihan, bawalah secukupnya saja.

Pakian yang diperlukan sudah termasuk celana dan kaos kaki serta jaket dan topi.  Meskipun tempat tujuan yang keluarga kunjungi misalnya adalah pantai atau lokasi dengan cuaca panas, diperlukan juga pakaian yang panjang dan kaos kaki saat udara berangin atau saat bepergian di malam hari. Jika si kecil termasuk anak yang aktif, Bunda dapat mengenakan celana panjang yang sedikit tebal seperti jeans serta alas kaki pada anak, agar dapat melindungi anak dari risiko cidera dan luka saat terjatuh.

♦ Popok Bayi

Satu lagi hal penting yang tak boleh terlewatkan. Jangan sampai kamu kehabisan persediaan popok saat si kecil mendadak buang air besar saat perjalanan.

♦ Membawa Makanan dan Minuman

Membawa beberapa camilan favorit si kecil saat perjalanan akan membuatnya nyaman dan tidak rewel. Gunakan wadah khusus untuk menaruh makanan agar bisa ditutup dan tidak menghasilkan sampah plastik kemasan. Jangan lupa juga untuk membawa botol minum dan alat makan si kecil. Gunanya untuk membantu Bunda dalam mengontrol seberapa banyak air putih yang masuk ke tubuh anak, serta menghemat pengeluaran jadi tidak perlu membeli minuman dalam kemasan lagi.

Mempersiapkan peralatan makan atau peralatan MPASI jika anak dibawah usia 1 tahun. Peralatan yang diperlukan tidak perlu lengkap, cukup sendok dan tempat makan bertutup agar lebih praktis. Jangan lupa membawa susu formula anak, kadang ketika anak mau tidur ia ingin minum susu.

♦ Obat-obatan

Misalnya obat turun panas, diare, antimemar, pembalut berperekat, serta cairan antiseptik termasuk obat anti nyamuk. Jika si kecil memiliki penyakit khusus seperti asma atau alergi, jangan lupa obat-obatan yang mungkin dibutuhkan.

♦ Perlengkapan Mandi

Seperti sabun, shampoo, dan cream bayi. Untuk lebih praktis sebaiknya bawa travel pack perawatan bayi.

♦ Perlengkapan Lain

Seperti stroller, gendongan mainan untuk menghibur si kecil agar tidak bosan, tisu, kapas, tisu basah, kantong kresek untuk membuang popok kotor dan lain-lain.

Bagi para orang tua khususnya Bunda sangat penting untuk menghilangkan segala kekhawatiran yang ada di benak kita. Bunda harus yakin bahwa pengalaman traveling ini akan menyenangkan. Karena sikap tenang dan santai dari Bunda akan terasa oleh anak kita dan hal ini akan membuatnya merasa tenang juga.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.