Anak Lambat Berpikir dan Lambat Dalam Belajar, Bagaimana Mengatasinya?

Anak Lambat Berpikir dan Lambat Dalam Belajar, Bagaimana Mengatasinya?

Anak Lambat Berpikir – Anak yang berpikir lambat biasanya hanya dapat menangkap pelajaran sedikit-sedikit. Saat mengikuti pelajaran di dalam kelas mukanya akan terlihat kosong atau bahkan bengong, ia juga akan kesulitan dan tidak dapat mengikuti pelajaran yang diajarkan oleh gurunya. Anak yang lambat dalam belajar atau berpikir adalah anak yang memiliki kecerdasan dibawah rata-rata yaitu yang memiliki IQ antara 70 sampai 90.

Namun anak yang lambat belajar lebih mengarah ke tingkah laku atau anak yang lambat dalam menguasai sesuatu baik dalam kelas maupun dalam rumah. Tapi hal ini tidak berlaku pada anak yang daya pikirnya lambat.

Lalu Bagaimana Nasib Anak Lambat Berpikir dan Lambat Belajar??

Anak menjadi pemikiran klasik pemerintah

Sistem yang terdapat di sekolah yaitu bahwa sekelompok orang dapat mengikuti pelajaran yang sama dalam waktu yang sama dan dari guru yang sama pula. Pemerintah menganggap anak-anak mempunyai kederdasan dan minat yang sama. Padahal itu belum tentu benar, karena jika diadakan tes kecerdasan atau tes IQ  akan terlihat tingkatan kecerdasan anak tersebut bermacam-macam.

Mulai dari yang paling cerdas yaitu dengan nilai IQ 145 dan yang paling rendah dengan nilai IQ 60. Jika ingin sukses, seorang guru harusnya mengajarkan masing-masing anak muridnya dengan tingkat kecerdasan yang berbeda-beda. Namun hal ini mustahil dilakukan, kecuali dalam satu kelas hanya terdapat 10 atau 15 anak saja.

Tapi apakah ada cara untuk mengatasinya??

Tentu sang guru akan mengambil sikap dan cara mengajar yang ditengah-tengah, yaitu mengajar dengan kecerdasan rata-rata yaitu nilai IQ sekitar 100. Dengan begitu diharapkan anak-anak yang mempunyai daya pikir lambat dapat mengikuti pelajaran sama dengan anak yang mempunyai daya pikir cepat.

Baca juga : apakah anak bungsu lebih bodoh?

Anak perlu perhatian khusus

Anak yang berpikir lambat maupun yang berpikir cepat sama-sama memerlukan perhatian khusus dalam belajar. Untuk anak yang berpikir lambat biasanya diberikan perhatian khusus dengan memberikan les tambahan diluar jam sekolah dan untuk anak yang berpikir cerdas diberikan perhatian khusus dengan memberikan tugas tambahan.

Namun perlu diingat bunda untuk memilih kelas privat yang tepat untuk anak. Untuk anak yang berpikir lambat diperlukan les privat yang baik yaitu yang dapat membangun kepribadian anak, terutama dapat membesarkan hati anak sehingga menumbuhkan semangatnya serta dijelaskan pengertian apa saja yang harus dikuasai dengan berbagai macam alat peraga dan sebagainya. Walaupun anak berpikir lambat, namun jika dibarengi dengan semangat maka akan mampu menguasai pelajaran juga. Banyak orang sukses karena berkat ketekunan dan giat belajar yang luas biasa.

Berikut ini juga adalah cara-cara mengatasi anak lambat berpikir :

  1. Biarkan anak belajar sedikit tetapi berhasil jadi lebih baik daripada belajar banyak tetapi tidak berhasil.
  2. Dalam pelajaran berhitung, berikan perhatian pada arti dan hubungan pengertian.
  3. Gunakan alat-alat peraga yang konkret seperti gambar-gambar, contoh-contoh, tiruan dan sebagainya.
  4. Gunakan cara-cara yang kreatif seperti bermain dan drama dalam memberikan pelajaran.
  5. Yang terpenting bagi anak yaitu sikap orang tua yang menerimanya apa adanya. Jangan pernah memaki atau mengecapnya bodoh.
  6. Tugas-tugas yang diberikan singkat dan jelas.
  7. Berilah ulangan yang banyak dan sistematis dengan cara latihan. Gunakan juga alat-alat audio-visual karena sangat menolong ingatannya.
  8. Bangkitkan kemampuan belajar dan semangatnya dengan pujian dan pengertian.
  9. Perhatikan perkembangan sosialnya.
  10. Carikan teman yang dapat diajak belajar bersama.
  11. Cari tahu dan kembangkan bakat-bakat khususnya.
  12. Perhatikan kesehatannya dengan memberikan makanan sehat dan berolahraga.

Share this post

Comment (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.