Anak Tidak Mau Mandi, Bagaimana Cara Mengatasinya??

Anak Tidak Mau Mandi, Bagaimana Cara Mengatasinya??

Anak Tidak Mau Mandi – Hal tersulit yang mungkin Bunda alami setiap pagi adalah saat sulitnya menyuruh anak untuk mandi, mungkin ada yang harus berteriak-teriak dahulu baru anak mau mulai mandi. Itu akan menjadi suatu rutinitas yang tidak menyenangkan karena setiap hari harus berteriak agar anak mau mandi, dan agak memalukan jika sampai terdengar oleh tetangga.

Saat bangun tidur anak biasanya ia lebih memilih nongkrong di depan tv sambil menonton tv film kesukaannya, dibanding ke kamar mandi untuk mandi. Walaupun sudah mepet jam masuk sekolah, ia tetap saja tidak memperdulikannya malah tetap asik dengan film kartoon kesukaannya.

Tingkah laku anak memang bermacam-macam, saat anak belum bisa berjalan anak belum bisa melakukan apapun yang ia suka jadi kita masih mudah untuk memandikannya. Namun saat ia sudah bisa berjalan dan semakin besar tingkah lakunya pun makin bertambah, pasti ada saja tingkah laku yang membuat kita kerepotan dibuatnnya.

Bahkan saat hendak menyuruhnya mandi kita harus berteriak bahkan ada yang harus kejar-kejaran untuk membuatnya mau mandi, belum lagi harus mendengar tangisannya karna mandi ia mau mandi dengan terpaksa. Sekalinya ia mau mandi sendiri biasanya hanya beberapa menit sudah selesai yang penting sudah basah katanya, hihi ada-ada saja ya anak-anak.

Kadang itu membuat kita kesal atau bahkan ketawa karna melihat tingkah laku dan alasannya yang tidak masuk akal. Padahal untuk anak seusianya mandi adalah aktivitas yang penting dan harus dijalani secara rutin dua kali sehari. Selain untuk menjaga kesehatan, mandi juga akan membuat tubuh menjadi bersih dan segar, terutama untuk anak yang lebih suka main diluar rumah yang pada dasarnya terdapat banyak sekali kuman dan kotoran yang menyebabkan penyakit.

Susahnya menyuruh anak mandi memang sudah menjadi hal umum yang dialami oleh setiap orang tua terutama pada anak yang sudah mulai masuk sekolah. Penyebabnya yaitu biasanya anak tidak mau jika diganggu aktivitasnya seperti menonton tv dan bermain, mereka akan merasa terganggu dalam keasyikannya.

Anak Tidak Mau Mandi, Lantas Bagaimana Cara Mengatasinya???

Tentu ada berbagai macam alasan anak untuk dapat menghindar dan mengulur waktu agar tidak mandi, saat bangun tidur alasannya udara pagi masih dingin sampai sore yang udah terlanjur malam.

Hal pertama yang harus dilakukan tanyakan baik-baik dulu kepada anaknya, cari tahu apa penyebabnya ia tidak mau mandi, apakah anak memang malas atau anak sedang tidak enak badan.

Karna banyak sekali penyebab anak tidak mau mandi, maka bunda harus mempunyai strategi yang hebat agar tidak kalah dengan alasannya tidak mau mandi. Yaitu Bunda harus membuat kesepakatan dengannya, misalnya membuat kesepakatan anak akan mandi setelah menonton tv atau sebelum menonton tv.

Penyebab lain yang sering membuat anak tidak mau mandi bisa jadi karena disebabkan trauma karena takut terkena air dingin dan membuatnya kedinginan atau takut matanya terkena shampoo atau sabun yang menyebabkan matanya pedih.

Biasanya ini terjadi saat usia anak masih balita, solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti hal-hal yang ia takuti menjadi sesuatu yang menyenangkan misalnya, menggunakan air hangat untuknya mandi dan menggunakan produk shampoo dan sabun dengan aroma yang mereka sukai, bisa juga menaruh mainan seperti bebek-bebekan didalam bak mandinya serta meyakinkan mereka bahwa hal-hal yang membuatnya trauma tidak akan terjadi justru akan sangat menyenangkan.

Biasakanlah si kecil untuk melatih disiplin dengan mandi pada jam yang sama setiap hari, karna sesuatu yang dilakukan secara rutin dan terus menerus akan membuatnya terbiasa hidup disiplin. Anak yang sudah terbiasa mandi pada jam tertentu apabila dirasa sudah waktunya mandi, mereka akan mandi sendiri tanpa harus dipaksa.

Sesekali berikan juga mereka pujian setelah mandi misalnya, “waahh..cakepnya anak Bunda, apalagi kalau sudah mandi”. Itu akan membuatnya senang dan ingin mandi lagi nantinya.

Jika Bunda khawatir mandi anak tidak bersih saat ia mandi sendiri, Bunda bisa mengawasinya dan memberikan arahan mana bagian tubuh yang masih belum bersih.

Hal yang terpenting adalah tidak memaksa anak untuk mandi dengan memarahinya atau dengan kekerasan, justru hal itu akan menimbulkan trauma bagi anak dan takut jika diajak untuk mandi. Jadilah orang tua yang bijak dalam menyikapi anak yang sudah mandi, jadilah temannya dan coba pahami mereka.

Baca juga : Pentingnya Peran Orang Tua Untuk Perkembangan Anak

Share this post

Comment (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.