Hal Yang Harus Bunda Ketahui Tentang Bahaya Antibiotik

bahaya antibiotik

Hal Yang Harus Bunda Ketahui Tentang Bahaya Antibiotik

Bahaya Antibiotik – Antibiotik dikalangan kita sudah sangat tidak asing lagi, banyak kalangan yang beranggapan bahwa antibiotik dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan melindungi tubuh kit terhadap serangan penyakit. Bahkan saat kita pergi ke dokter ataupun ke apotek pasti dianjurkan untuk meminum antibiotik.  Padahal pada kenyataannya tidak demikian, sebenarnya antibiotik hanya dapat menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh bakteri.

Seperti contoh penyakit yang disebabkan oleh bakteri yaitu tifus, infeksi telinga, tuberkolosis, dan infeksi sinus berat sehingga antibiotik dapat membantu penyembuhan beberapa penyakit tersebut. Namun yang perlu kita tahu bahwa cara kerja antibiotik tidak hanya membunuh bakteri negatif yaitu patogen/penyebab penyakit akan tetapi antibiotk juga dapat membunuh bakteri positif yaitu probiotik, flora normal usus yang dibutuhkan tubuh akan ikut musnah oleh antibiotik.

Kemudian bakteri positif dalam tubuh kita akan berkurang dan secara otomatis imunitas tubuh kita akan menurun. Bayangkan saat tubuh kita sakit dan selalu meminum antibiotik maka tubuh kita akan ketergantungan terhadap antibiotik sebab tubuh sudah tidak memiliki imunitas yang kuat untuk melindungi tubuh kta dari penyakit, maka tubuh akan rentan terhadap penyakit.

Bahaya Antibiotik Jika Dikomsusi Terlalu Sering

Perlu juga kita ketahui bahwa antibiotik tidak dapat mematikan virus yang menyebabkan flu. Gejala infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus yaitu batuk, pilek dan panas. Pada dasarnya flu akan sembuh dengan sendirinya, pemberian antibiotik tidak membuat flu cepat sembuh. Seorang pakar kesehatan menyatakan bahwa “pemberian antibiotik hanya menimbulkan efek plabaso. Untuk menangani virus cukup dengan mengkonsumsi makanan bergizi, istirahat cukup,  dan pemberian obat penurun panas jika suhu tubuh diatas 38,50C.”

Pemberian antibiotik yang tidak tepat justru akan menimbulkan kuman yang resisten. Setiap makhluk dibekali dengan kemampuan bertahan, begitu pula dengan kuman. Jika bakteri atau kuman diserang terus-menerus maka akan tercipta suatu sistem pertahanan diri dengan cara bermutasi atau berubah bentuk sehingga kuman atau bakteri sulit untuk dibunuh oleh antibiotik. Oleh karena itu orang yang sering mengkonsumsi antibiotik maka semakin resisten pula bakteri, kuman, jamur dan parasit dalam tubuh orang tersebut.

Sehingga semula tubuh kita ditempati oleh berbagai bakteri positif yang melindungi tubuh kita akan tergantikan dengan bakteri yang negatif atau jahat. Yang semula jenis bakteri dapat diobati dengan antibiotik yang ringan namun karna penggunaan yang berlebihan maka bakteri tersebut bermutasi dan menjadi kebal, sehingga memerlkukan jenis antibiotik yang lebih kuat. Bila kondisi ini terus-menerus terjadi dan bakteri ini menyebar ke lingkungan sekitar kita maka akan mengakibatkan kondisi dimana tidak ada lagi jenis antibiotik yang dapat membunuh bakteri yang terus menerus bermutasi.

Seperti kembali pada zaman dimana belum ditemukannya antibiotik, berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri akan menular dan tidak dapat diobati sehingga angka kematian akan meningkat drastis. Kemungkinan juga yang dapat terjadi adalah kebutuhan pemberian antibiotik dengan generasi yang lebih berat sehingga menjadikan biaya pengobatan semakin meningkat karena semakin mahal harganya.

Mulai sekarang harus kita sadari dan terapkan bahwa sistem imun sangatlah penting untuk perlindungan tubuh kita sendiri. Dr. Oz seorang ahli bedah amerika mengatakan bahwa “antibiotik akan dapat menimbulkan komplikasi dalam tubuh.” Sekarang sudah banyak pengobatan yang menjurus ke arah pengobatan untuk meningkatkan sistem imun. Mengkonsumsi vitamin, makanan bergizi, antioksidan, dan herbal seperti madu dan lain-lain  adalah langkah yang baik dan tepat dalam mengembalikan dan meningkatkan fungsi sistem imun.

Baca juga : Resep Ramuan Herbal yang Mudah Dibuat Di Rumah

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.