Berbagai Manfaat Dibalik Bumbu Dapur Seperti Bawang-bawangan

Berbagai Manfaat Dibalik Bumbu Dapur Seperti Bawang-bawangan

Berbagai manfaat dibalik bumbu dapur seperti jenis bawang, paprika dan daun selada merupakan bahan masakan atau bumbu dapur yang sering digunakan untuk berbagai masakan. Namun tidak disangka beberapa bahan dapur tersebut mempunyai manfaat yang belum banyak kita ketahui.

Berikut Ini Adalah Berbagai Manfaat Dibalik Bumbu Dapur :

berbagai manfaat dibalik bumbu dapur

Khasiat Bawang Bombay, termasuk dalam jenis sayuran yang kaya akan quercetin yaitu sejenis senyawa yang bagus dan bermanfaat untuk kesehatan jantung. Selain mengandung querciten bawang bombay juga mengandung phytonutrient yaitu zat yang berfungsi untuk mencegah kanker perut. Bawang bombay juga merupakan sumber potasium yang baik, serta mengandung vitamin C. Rasa bawang bombay yang sedikit manis sehingga cocok untuk dibuat sebagai masakan seperti ditumis, dibakar, atau dijadikan salad.

 

Khasiat Bawang Putih, bawang putih juga merupakan bahan wajib disetiap bumbu masakan. Bawang putih juga dapat berkhasiat sebagai obat sakit kepala. Caranya dengan memakannya sebanyak 1-2 sium sekaligus sebagai lalap. Jika tidak suka dengan baunya disa dimakan dengan dibarengi tahu atau dijadikan sambal. InsyaAllah kurang lebih 1 jam pusing akan hilang. Cara ini juga ampuh untuk pusing yang diakibatkan oleh penyakit darah tinggi.

Selain itu bawang putih juga dapat berkhasiat untuk mengobati sakit gigi. Caranya tumbuk bawang pusing sampai halus kemudian tempelkan pada gigi yang sakit. Lakukan 2 kali sehari secara rutin. Serta dapat menghilangkan flu, pilek dan hidung tersumbat dengan menaruh beberapa bawang putih didalam kamar sehingga bau dari bawang putih dapat terhirup.

Khasiat Bawang Merah, bawang merah merupakan bumbu wajib yang tidak pernah absen disetiap masakan. Bawang merah juga berkhasiat untuk menurunkan kadar lemak dalam darah, menurunkan tekanan darah, mencegah penggumpalan darah dan melemaskan otot bronchial bagi penderita asma. Serta dapat menghilangkan masuk angin.

 

Khasiat Paprika, Paprika berkhasiat sebagai antioksidan, mengatur suhu, menurunkan kolesterol, mengobati infeksi hidung dan tenggorokan, mengobati luka, memar, keseleo, menurunkan dakar gula dalam darah pada orang dewasa serta dipercaya dapat menumbuhkan rambut.

Khasiat Daun Selada, membantu menurunkan risiko gangguan jantung dan terjadinya stroke, membantu mengurangi risiko spina bifida yaitu salah satu jenis gangguan kelainan pada tulang belakang, mengurangi risiko terjadinya kanker, mengurangi risiko terkena katarak, mengurangi gangguan anemia, membantu meringankan insomnia akibat ketegangan saraf, membantu kerja pencernaan dan hati.

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.