Blog

Anak Tidur Sambil Berjalan, Apa Penyebabnya dan Bagaimana Mengatasinya?

Anak Tidur Sambil Berjalan – Gejala tidur berjalan tidak hanya dialami oleh anak-anak, namun juga dialami oleh orang dewasa. Namun apakah gejala tersebut merupakan penyakit jiwa? Lalu bagaimana cara megatasinya?

Anak Tidur Sambil Berjalan

Menurut para ahli jiwa, gejala tersebut sama seperti kita sedang bermimpi, namun intensitasnya terlalu kuat sehingga mampu menggerakkan badannya. Memang hal itu merupakan kelainan karena terbukti tidak semua anak atau orang dewasa mengalami tidur sambil berjalan atau dalam bahasa asing dikenal dengan sleep-walk (slapp wandelaar).

Contoh perilaku seorang anak tidur berjalan yaitu ia bangun lalu jalan-jalan dan mengambil makanan kemudian memakannya dan setelah itu tidur lagi. Bahkan bisa saja ia bangun berjalan-jalan kemudian membanting seseorang yang sedang duduk di kursi lalu tidur lagi. Sungguh aneh gejala tersebut.

Apa Penyebab Anak Tidur Sambil Berjalan?

Beberapa sumber buku menjelaskan penyebab dari seseorang tidur berjalan yaitu adanya keinginan yang sangat kuat yang mungkin belum terpenuhi. Oleh karena itu jika hal ini terjadi pada anak bunda, sebaiknya bunda menyelidiki apakah keinginan anak ada yang belum terpenuhi. Bunda bisa saja menanyakan langsung kepada sang anak.

Semisal anak menginginkan mainan namun karena takut dimarahi oleh orang tuanya karena membeli mainan melulu. Maka ia tidak berani untuk mengungkapkannya dan menjadi keinginan yang dipendamnya. Atau juga bisa yang lain-lainnya. Penyebab lain yaitu anak mempunyai masalah yang belum ia selesaikan.

Jika bunda mencoba untuk memenuhi keinginannya mungkin kebiasaan itu akan hilang. Namun jika keadaanya masih tetap sama, cobalah untuk membawanya ke psikiater.

Terdapat juga beberapa faktor lain yang dapat menimbulkan kondisi ini seperti:

  • stress atau kecemasan
  • sakit atau demam
  • faktor genetik atau riwayat keluarga (somnambulism)
  • kebiasaan tidur yang tidak teratur
  • kelelahan atau kurang tidur
  • obat tertentu seperti obat penenang, stimulan, dan anti-histamin
  • lingkungan tidur yang berubah-ubah.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Tips yang dapat bunda lakukan agar anak berhenti dari kebiasaan buruk tidur sambil berjalan yaitu saat anak tertidur, letakkanlah sesuatu yang basah atau lembek dibawah samping tempat tidurnya. Maka saat ia mulai bangun dan turun dari tempat tidurnya kemudian menginjak sesuatu yang basah atau lembek, ia akan terkejut dan terbangun atau sadar. Jika hal ini sering dilakukan lama-lama akan mengurangi intensitas tidur berjalannya.

Selain itu hal yang dapat bunda lakukan adalah mengajak anak untuk tidur pada waktu yang sam setiap malam, membatasi anak saat minum sebelum tidur dan pastikan anak sudah ke kamar mandi sebelum tidur dan ciptakan lingkungan yang nyaman dan sepi untuk anak tidur.

Anak Susah Membaca Permulaan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Anak Susah Membaca Permulaan – Memang tidak semua anak dilahirkan dengan tingkat kecerdasan yang tinggi, terdapat beberapa anak yang lambat dalam membaca dan menghitung. Padahal orang tuanya sudah mengusahan anaknya untuk mengikuti beberapa les. Namun tetap saja sang anak masih terlambat dalam hal membaca dan menghitung. Bahkan sampai ada anak yang tidak naik kelas atau tinggal kelas karena kurangnya kemampuan membaca dan menghitung.

Namun dengan hal itu apakah orang tua akan menyerah terhadap anaknya?

Apakah les tambahan yang sudah diikuti anak harus dihentikan?

Ada beberapa orang tua memberikan anaknya les agar mereka naik kelas dan lulus ujian. Karena tujuan utama bagi orang tua anak dapat naik kelas dan lulus ujian, kadang-kadang sampai orang tua melakukan pendekatan kepada guru atau wali kelas anak mereka. Pendekatan yang dilakukan antara lain yaitu biasanya memberikan bingkisan atau memberikan gaji yang tinggi. Tentu saja hal ini tidak baik, karena sebenarnya tindakan ini menipu anak.

Akan timbul dalam diri anak bahwa kenaikan atau kelulusan dapat dibeli. Orang tua seharusnya sadar bahwa mendidik anak bukan hanya sekedar naik kelas dan lulus saja, tetapi menolong anak untuk menjadi dewasa agar menjadi anak yang mandiri baik pendidikan maupun ekonomi nantinya. Maka boleh untuk melanjutkan les anak, dengan begitu akan lebih berguna dari pada hanya mengejar naik kelas dan lulus padahal anak belum mampu dan belum siap.

Anak Susah Membaca Permulaan

Jika anak mempunyai masalah dalam membaca dan lambat dalam memahami setiap kata-kata. Maka kita dapat memulainya dengan membaca permulaan. Pada dasarnya ada 2 macam metode pengajaran membaca permulaan yaitu metode sintesis dan metode analitis sintetis.

Metode pertama adalah metode mengeja yaitu mengajarkan huruf-huruf dengan ejaan. Contohnya mengeja huruf “a” yang dibaca “aaa” dan huruf “b” dibaca “bee” dan seterusnya sampai huruf “z”. Setelah mereka hafal, kemudian belajar penggabungan huruf. Namun jika huruf “b” yang dibaca “bee” digabung dengan huruf “a” yang dibaca “aaa” maka akan menimbulkan kesalahpahaman saat anak membacanya, bagi anak itu berbunyi “bea”.

Oleh karena itu metode ini ditinggalkan dan diperbaiki dengan mengucapkan bunyi huruf yang tepat. Contohnya huruf “s” dibaca dan berbunyi “sss”, huruf “m” dibaca dan berbunyi “mmm” dan seterusnya. Dengan metode yang sudah diperbaiki ini maka dalam penggabungan kata akan lebih dipahami oleh anak dan anak yang baru saja mulai belajar membaca jadi tidak kesulitan. Contohnya saat digabungkan kata “sss” dan “aaa” akan berbunyi “sa”. Jadi anak tidak bingung dan tidak salah pemahaman lagi.

Metode analitis sintetis yaitu metode pembelajaran yang dimulai dari pengenalan kalimat, lalu kata-kata, dan kemudian huruf-huruf. Setelah itu digabungkan kembali menjadi kata-kata dan menjadi kalimat. Seperti contoh dibawah ini :

Ini ani                                    ini kakak ani

Ini ibu ani                             ini adik ani

Ini bapak ani

Kemudian dianalisis lalu disintesis.

Ini ani

Ini                      ani

I n i                      a n i

I  n  i                      a  n  i

I n i                      a n i

Ini                     ani

Ini ani

Metode ini yang dikembangkan oleh beberapa sekolah dasar, namun pembelajaran ini hanya menguntungkan anak-anak yang cerdas. Karena dalam metode ini ada proses analis yang hanya cepat ditangkap oleh anak-anak yang cerdas, namun bagi anak yang lambat proses ini akan sedikit sulit dan tersendat-sendat. Memang jika hanya dibaca akan terlihat anak sudah mahir dalam membaca sehingga sering terjadi kesalahpahaman antara orang tua dan guru. Orang tua menilai anaknya sudah pandai membaca namun guru justru memberinya nilai rendah.

Kenapa?

Karena orang tua hanya mengajarinya membaca saja, sedangkan guru tidak hanya mengajarinya membaca namun mengetes juga apakah anak sudah mengerti atau tidak. Perlu diingat jika anak hafal diluar kepala maka tanpa melihat ataupun melihat dengan buku terbalik pun ia akan mahir membaca. Jadi anak tidak cukup hanya pandai membaca namun juga harus bisa mengerti dan memahami huruf-huruf dan kata-katanya.

Baca juga : cara mudah meningkatkan kecerdasan anak

Apakah Ibu Menyusui Boleh Tidak Puasa Saat Anak Sakit

Apakah Ibu Menyusui Boleh Tidak Puasa – Bolehkan ibu hamil dan menyusui tidak berpuasa? Jika ibu hamil khawatir akan kesehatan dirinya dan anaknya jika ia berpuasa maka ibu hamil diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Namun jika ibu hamil dan menyusui sehat dan merasa mampu menjalankan puasa serta tidak timbul dampak yang buruk terhadap anak yang sedang disusui, maka ia diwajibkannya berpuasa.

Al-Mardawai berkata dalam Al-Inshaf (7/382)

Dimakruhkan berpuasa dalam kondisi seperti ini. Ibnu Aqil menyebutkan, ‘Jika wanita hamil atau menyusui khawatir terhadap kehamilannya dan anaknya saat dia menyusui, maka diharamkan baginya berpuasa, jika tidak khawatir, maka tidak boleh baginya berbuka.”

Jika ibu yang sedang menyusui kekurangan nutrisi, maka ASI yang dihasilkan juga akan rendah gizi. Apa pun yang ibu konsumsi akan terserap oleh tubuh bayi dan berpengaruh terhadap kondisi bayi. Maka jika ibu menyusui berpuasa, saat sahur sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi tinggi agar tidak terjadi kekurangan gizi pada anak.

Saat ibu hamil berpuasa ada beberapa hal yang  harus diperhatikan pada bayi adalah berikut :
1. Bayi rewel dan sering menangis dengan suara melengking menunjukkan ada sesuatu yang ia rasakan

  1. Periksa popok bayi, bayi harus mengeluarkan air seni sebanyak 4 kali setiap hari. Jika kurang dari itu, tandanya bayi dehidrasi.
  2. Perhatikan kotoran bayi, jika warna feses bayi berubah menjadi hijau tua, segera periksakan anak ke dokter.
  3. Perhatikan berat badan bayi, karena kekurangan gizi menyebabkan berat badannya berkurang. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Tips dan Cara Berpuasa Untuk Ibu Menyusui (Apakah Ibu Menyusui Boleh Tidak Puasa?) :

♥ Perbanyak minum air putih yang banyak ketika sahur, berbuka dan di malam hari.

Ibu menyusui tidak boleh dehidrasi karena dehidrasi membuat produksi ASI berkurang. Saat menyusui bayi akan membuat ibu merasa lebih haus sehingga berpuasa saat menyusui memang terasa lebih berat.

♥ Konsumsi makanan bergizi seimbang dalam porsi yang sama dengan saat ketika tidak berpuasa

Ibu menyusui harus tetap menjaga makan dalam jumlah sama seperti ketika tidak berpuasa dan jenis makanan yang beraneka ragam ketika sahur, berbuka dan di malam hari. Usahakanlah makan sahur ketika mendekati imsak dan segerakan untuk berbuka ketika waktu berbuka telah tiba. Pastikan makanan yang dimakan adalah makanan yang bergizi seimbang. Serta perbanyak konsumsi serat seperti sayur dan buah supaya tidak mudah lapar.

♥ Tetap utamakan untuk sering menyusui bayi secara langsung

Ibu yang sedang dalam masa menyusui perlu sekali hisapan bayi yang merupakan cara terbaik untuk memproduksi banyak ASI. Dengan menyusui langsung akan merangsang payudara untuk membuat ASI yang makin banyak.

♥ Hal yang harus dilakukan jika pasokan ASI yang diproduksi menjadi

Pasokan ASI yang berkurang akan membuat bayi rewel. Untuk itu sebaiknya bunda melakukan pemerahan ASI sebelum Ramadhan tiba untuk dijadikan sebagai cadangan jika dikhawatirkan produksi ASI menurun. Tapi yang perlu diingat jangan memberikan ASIP dengan botol dot.

♥ Selalu mengecek tanda kecukupan asupan ASI pada bayi dan kesehatan bayi, terutama jika bayi masih masa ASI eksklusif.

Dehidrasi tidak hanya dialami oleh ibu namun bayi juga bisa dehidrasi dan kekurangan asupan ASI. Tanda bayi dehidrasi yang dimaksud adalah bayi buang air kecil kurang dari 6 kali dalam sehari dengan jumlah urin sedikit serta berwarna kuning pekat. Bayi juga bisa buang air bedar dengan feses keras. Bayi yang mengalami dehidrasi akan menyebabkan bibir bayi kering, kulit bayi kering, bayi lemas, ubun-ubun cekung, air mata kering, nafas cepat dan bayi lemah, demam kadang tangan kaki pucat dingin.

♥ Jaga suhu lingkungan supaya tetap sejuk sehingga mengurangi penguapan cairan tubuh.

♥ Kurangi aktivitas fisik yang tidak perlu untuk menghemat tenaga

Saat berpuasa ibu sebaiknya menghemat tenaga. Lakukanlah aktivitas fisik yang ringan dan perbanyak beristirahat di saat berpuasa.

♥ Jika perlu konsumsi suplemen dan multivitamin tambahan sesuai petunjuk dokter.

Selain niat dan mempersiapkan kondisi tubuh yang baik, jika diperlukan ibu boleh mengkonsumsi suplemen atau vitamin tambahan agar membantu menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa. Lakukan konsultasi dengan dokter jika perlu.

Resep Lauk Pauk Enak, Mudah dan Praktis Cocok Untuk Buka Puasa

Resep Lauk Pauk Enak– Berbagai jenis lauk pauk yang menarik dan enak dapat dibuat di rumah dengan mudah. Apalagi lauk pauk yang dibuat adalah favorit keluarga akan sangat menambah selera makan. Sehingga keluarga akan sering dan senang makan di rumah, terlebih lagi saat bulan puasa akan lebih menambah kenikmatan saat berbuka bersama keluarga.

Berikut Ini Adalah Resep Lauk Pauk Enak Yang Mudah Dibuat Di Rumah :

♦ Perkedel Tahu

resep lauk pauk enak

Bahan yang disiapkan :

  • 300 gram tahu putih.
  • 100 gram jagung manis.
  • 50 gram wortel.
  • 1 kuning telur.
  • 1 batang daun bawang.
  • 1 sendok makan bawang merah goreng yang dihaluskan.
  • ½ sendok teh merica bubuk.
  • 1 sendok teh garam.
  • Minyak goreng.
  • 1 sendok makan tepung terigu.

Cara membuatnya :

  1. Iris daun bawang, serut wortel dan sisir halus jagung.
  2. Keluarkan air yang ada pada tahu dengan cara ditekan-tekan.
  3. Kemudian haluskan tahu dan campur dengan semua bahan hingga rata.
  4. Lalu bentuk adonan menjadi bulat pipih.
  5. Tuang minyak yang banyak dan panaskan.
  6. Kemudian goreng adonan hingga berwarna kecoklatan.
  7. Angkat lalu tiriskan.

♦ Perkedel Sayuran

Bahan yang disiapkan :

  • 2 butir telur.
  • 125 gram terigu.
  • 350 gram kentang.
  • 200 gram wortel.
  • 100 gram jagung manis.
  • 5 siung bawang putih.
  • 1 batang daun bawang.
  • 1 sendok teh garam.
  • 1 daun ketumbar iris halus.
  • ½ sendok lada bubuk
  • Minyak goreng.

Cara membuatnya :

  1. Campurkan semua bahan hingga menjadi adonan.
  2. Tuang minyak lalu panaskan.
  3. Cetak adonan dengan menggunakan sendok lalu goreng didalam minyak panas.
  4. Angkat dan tiriskan.

♦ Perkedel Tempe

Bahan yang diperlukan :

  • 300 gram tempe.
  • 1 putih telur.
  • 2 sendok makan terigu.
  • 3 lembar daun jeruk yang diiris haluskan.
  • Minyak untuk menggoreng.

Bumbu yang dihaluskan

  • 7 buah cabai rawit merah.
  • 3 buah cabai merah.
  • 5 butir bawang merah.
  • 2 siung bawang putih.
  • 1 sendok terasi matang.
  • 2 cm kencur.
  • 1 sendok gula pasir.
  • ½ sendok teh garam.
  • ¼ sendok teh merica bubuk.

Cara membuatnya :

  1. Haluskan tempe kemudian campurkan bahan dan bumbu yang sudah dihaluskan, aduk hingga rata.
  2. Tuang minyak dan panaskan.
  3. Bentuk adonan dengan sendok lalu goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan.
  4. Angkat dan tiriskan.
  5. Lalu hidangkan.

Bisa untuk 6 porsi.

Baca : menu masakan untuk buka puasa

♦ Nugget Tempe

Bahan yang disiapkan :

  • 500 gram tempe.
  • 150 gram daging ayam.
  • 1 butir telur.
  • Minyak untuk menggoreng.

Bumbu yang dihaluskan :

  • 4 siung bawang putih.
  • ¼ buah pala.
  • 1 sendok teh gula pasir.
  • 1 sendok teh garam.
  • 1 sendok teh merica.

Bahan lainnya :

  • 100 gram tepung roti.
  • 1 butir putih telur.

Cara membuatnya :

  1. Tempe sebelumnya dikukus lalu angkat dan dihaluskan, kemudian campurkan dengan daging cincang, telur dan bumbu lainnya. Aduk rata.
  2. Bentuk bulat adonan dengan menggunakan sendok .
  3. Celupkan bulatan adonan tadi ke dalam putih telur, lalu digulingkan ke dalam tepung roti. Kemudian goreng dalam keadaan minyak panas.
  4. Tunggu hingga berubah warna menjadi kecoklatan, kemudian angkat dan tiriskan.
  5. Resep ini cukup untuk

♦ Martabak Tempe

Bahan untuk kulit :

  • 2 butir telur.
  • 200 gram tepung terigu.
  • 500 ml air.
  • ½ sendok teh garam.

Bahan untuk isian :

  • 200 gram tempe yang sudah dikukus.
  • 50 gram daging giling.
  • 2 butir telur ayam.
  • 100 gram daun bawang yang telah diiris halus.
  • 1 butir bawang bombay yang telah diiris.
  • 1 sendok teh garam.
  • ½ sendok teh merica bubuk.

Cara membuatnya :

  1. Membuat kulit martabak : Campurkan semua bahan untuk membuat kulit martabak dan aduk rata. Disisi lain panaskan terlebih dahulu sedikit minyak diatas wajan, lalu tuang adonan dan ratakan hingga tipis. Setelah kering lalu angkat.
  2. Membuat isian : Tumis bawang bombay hingga harum, setelah itu masukan tempe, daging giling dan daun bawang. Kemudian tambahkan telur, garam dan merica dan aduk-aduk hingga matang. Sisihkan dalam wadah.
  3. Setelah semua bahan selesai dibuat lalu ambil 1 lembar kulit martabak dan beri 1 sendok tumisan isian tadi. Kemudian lipat membentuk kotak, lakukan sampai semua bahan habis.
  4. Goreng dalam minyak panas dan tunggu sampai berwarna kecoklatan dan benar-benar matang. Tiriskan dan siap dihidangkan.

Resep ini cukup untuk 4 porsi.

Manfaat Renang Untuk Kesehatan dan Kecerdasan Anak

Manfaat Renang Untuk Kesehatan – Renang juga diperlukan untuk bayi sampai orang dewasa dan merupakan kegiatan yang menyenangkan bisa sambil bermain air. Ternyata renang juga dijadikan salah satu pilihan rekreasi bagi keluarga, namun mempunyai segudang manfaat dari kegiatan berenang.

Adapun manfaat renang untuk kesehatan anak yaitu :

◈ Melatih pernapasan

Renang dapat melatih anak bagaimana cara mengatur pernapasan sehingga membuat paru-paru menjadi lebih kuat dan pernapasan menjadi lebih teratur. Ternyata renang juga baik dilakukan untuk orang yang mempunyai penyakit asma.

◈ Meningkatkan fungsi jantung

Saat berenang jantung akan bertedak cepat dan kencang. Dengan melakukan gerakan renang seperti mendorong dan menendang air dengan anggota tubuh dapat membantu memperlancar sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

◈ Menambah tinggi badan

Inilah salah satu manfaat yang umum kita ketahui jika berenang dapat menambah tinggi badan. Oleh karena itu jika bunda ingin anak tumbuh dengan tinggi yang ideal, bunda bisa mengikutkan anak dengn kegiatan berenang, terutama untuk anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Karena berenang dapat melatih semua otot-otot tubuh menjadi lebih lentur sehingga membantu anak bertambah tinggi.

◈ Membentuk dan menguatkan otot

Hampir seluruh otot tubuh dari kepala sampai kaki ikut bergerak saat berenang. Energi yang dikeluarkan oleh tubuh akan lebih besar karena tubuh menjadi lebih berat ketika di dalam air sehingga dengan berenang mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh. Sekaligus mampu membakar kalori.

◈ Mengurangi stress

Manfaat lain yaitu sangat membantu menghilangkan stress karena ketika berenang terjadi peregangan dan relaksasi otot yang membuat orang yang berenang menjadi lebih rileks. Dengan gerakan mendorong dan menendang akan sangat membantu melepaskan tegangan otot dan sendi, sehingga badan akan akan menjadi terasa lebih segar dan fit.

Dengan mengetahui banyaknya manfaat yang didapat dari olahraga renang, maka jangan takut untuk mulai memperkenalkan olahraga ini kepada anak sejak dini. Sehingga mereka juga dapat merasakan manfaat dari renang. Sebaiknya ajari anak sedari kecil untuk suka dengan air dan bermain air dari rumah terlebih dulu sebelum langsung mengajak ke kolam renang sehingga anak tidak takut terhadap air. Karena ada beberapa anak yang sangat bersemangat sangat mengetahui akan diajak berenang, namun setelah melihat air yang sangat banyak di dalam kolam renang, ia menjadi takut dan tidak mau untuk turun ke dalam kolam renang.

Tips yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan anak dengan air yaitu bunda bisa membuat kolam renang sendiri di rumah dengan menggunakan kolam kecil atau bak mandi bayi agar anak merasa lebih nyaman bunda bisa meletakkan kolam kecil atau bak mandi tersebut di pekarangan rumah. Siapkan juga mainan seperti bola, pistol air atau bebek-bebekan sehingga suasana bermain air menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Jika anak sudah menyukai kegiatan bermain air, barulah ajak anak untuk berenang di kolam sungguhan. Saat akan memasuki kolam renang, bunda harus menyediakan peralatan olahraga air yang lebih lengkap seperti kacamata renang dan juga pelampung agar mereka merasa lebih aman saat mulai belajar berenang. Masih banyak peralatan atau mainan untuk olahraga air yang bisa membuat kegiatan berenang menjadi lebih menyenangkan. Walaupun mereka sudah memakai peralatan yang aman saat berenang, tidak ada salahnya untuk tidak lengah dan selalu mengawasi anak sambil menikmati suasana wisata.

Traveling Bersama Bayi Apa Saja Perlengkapan Yang Harus Dibawa?

Traveling Bersama Bayi – Saat memasuki masa libur panjang tentunya Bunda sekeluarga sudah mulai mempersiapkan untuk pergi berlibur. Ada yang berencana berlibur ke tempat wisata ataupun berlibur ke rumah keluarga lain yang jarang bertemu karena terkendalam oleh jarak dan belum ada waktu libur. Untuk Bunda yang mempunyai bayi tentu banyak pertimbangan, karena khawatir si kecil akan menangis dan tidak betah karena tidak terbiasa. Ini merupakan tantangan bagi para orang tua.

Beberapa orang mengatakan bepergian saat bayi berusia dibawah 6 bulan, lebih mudah dibandingkan usia lainnya. Karena pada usia tersebut, si kecil hanya memerlukan pakaian dan ASI sebagai makanannya,  bayi yang berusia dibawah 6 bulan lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur, sehingga barang bawaan yang diperlukan lebih sedikit dan lebih praktis. Namun jika sudah memasuki usia balita dan dalam tahap MPASI maka barang bawaan semakin banyak. Selain pakaian dan keperluan lainnya, Bunda juga harus membawa peralatan untuk membuat MPASI. Seperti termos sebagai wadah air hangat, mangkuk, gelas dan lain-lain.

Apa saja yang harus disiapkan saat melakukan perjalanan/traveling bersama bayi? Untuk mempersiapkan apa saja perlengkapan yang harus dibawa sebenarnya sama dengan barang-barang yang wajib dibawa oleh orang dewasa pada saat traveling. Namun ada beberapa barang yang harus ditambahkan baik jenis maupun jumlahnya.

Berikut Ini adalah Beberapa Perlengkapan Yang Dapat Dibawa Saat Traveling Bersama Bayi :

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu buat daftar barang kebutuhan anak selama traveling.

♦ Pakaian, Jaket, Topi, Kaos kaki  dan Alas Kaki

Traveling Bersama Bayi

Sama seperti orang dewasa, pakaian si kecil juga harus disesuaikan dengan lokasi tujuan yang akan dikunjungi. Membawa pakaian secukupnya, pilih pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. Bunda sudah harus memperhitungkan dengan cermat berapa banyak pakaian yang dibutuhkan si kecil nanti. Mengapa balita membutuhkan pakaian lebih banyak? Karena saat usia balita ia tidak bisa mandiri, banyak hal yang tidak diduga bisa saja terjadi seperti tanpa sengaja menumpahkan makanan, minuman atau lainnya. Walaupun begitu jangan berlebihan, bawalah secukupnya saja.

Pakian yang diperlukan sudah termasuk celana dan kaos kaki serta jaket dan topi.  Meskipun tempat tujuan yang keluarga kunjungi misalnya adalah pantai atau lokasi dengan cuaca panas, diperlukan juga pakaian yang panjang dan kaos kaki saat udara berangin atau saat bepergian di malam hari. Jika si kecil termasuk anak yang aktif, Bunda dapat mengenakan celana panjang yang sedikit tebal seperti jeans serta alas kaki pada anak, agar dapat melindungi anak dari risiko cidera dan luka saat terjatuh.

♦ Popok Bayi

Satu lagi hal penting yang tak boleh terlewatkan. Jangan sampai kamu kehabisan persediaan popok saat si kecil mendadak buang air besar saat perjalanan.

♦ Membawa Makanan dan Minuman

Membawa beberapa camilan favorit si kecil saat perjalanan akan membuatnya nyaman dan tidak rewel. Gunakan wadah khusus untuk menaruh makanan agar bisa ditutup dan tidak menghasilkan sampah plastik kemasan. Jangan lupa juga untuk membawa botol minum dan alat makan si kecil. Gunanya untuk membantu Bunda dalam mengontrol seberapa banyak air putih yang masuk ke tubuh anak, serta menghemat pengeluaran jadi tidak perlu membeli minuman dalam kemasan lagi.

Mempersiapkan peralatan makan atau peralatan MPASI jika anak dibawah usia 1 tahun. Peralatan yang diperlukan tidak perlu lengkap, cukup sendok dan tempat makan bertutup agar lebih praktis. Jangan lupa membawa susu formula anak, kadang ketika anak mau tidur ia ingin minum susu.

♦ Obat-obatan

Misalnya obat turun panas, diare, antimemar, pembalut berperekat, serta cairan antiseptik termasuk obat anti nyamuk. Jika si kecil memiliki penyakit khusus seperti asma atau alergi, jangan lupa obat-obatan yang mungkin dibutuhkan.

♦ Perlengkapan Mandi

Seperti sabun, shampoo, dan cream bayi. Untuk lebih praktis sebaiknya bawa travel pack perawatan bayi.

♦ Perlengkapan Lain

Seperti stroller, gendongan mainan untuk menghibur si kecil agar tidak bosan, tisu, kapas, tisu basah, kantong kresek untuk membuang popok kotor dan lain-lain.

Bagi para orang tua khususnya Bunda sangat penting untuk menghilangkan segala kekhawatiran yang ada di benak kita. Bunda harus yakin bahwa pengalaman traveling ini akan menyenangkan. Karena sikap tenang dan santai dari Bunda akan terasa oleh anak kita dan hal ini akan membuatnya merasa tenang juga.

Menu Masakan Untuk Buka Puasa Yang Mudah Dibuat Di Rumah

Berikut ini Beberapa Menu Masakan Untuk Buka Puasa :

♥  Telur Petai Teri Balado

Bahan-bahan :

  • 10 butir telur puyuh yang sudah direbus.
  • 50 gr teri medan.
  • 1 papan petai, belah menjadi 2.
  • Garam dan gula secukupnya.
  • 1 sendok teh air asam

Bumbu yang dihaluskan :

  • 5 buah cabai merah.
  • 4 sium bawang merah.
  • 3 sium bawang putih.

Cara membuatnya :

  1. Goreng teri hingga kering, lalu angkat dan tiriskan.
  2. Goreng telur hingga kuning.
  3. Panaskan minyak lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum. Kemudian masukkan petai masak dengan api kecil hingga petai setengah matang, lalu tambahkan teri dan telur yang sudah digoreng tadi, beri air asam, garam dan gula secukupnya. Aduk-aduk hingga bumbu meresap, kemudian angkat.
  4. Siap untuk dihidangkan.

Resep Nasi Kari

Bahan yang disiapkan :

  • 450 gr daging sapi.
  • 2 lembar daun jeruk.
  • 50 gr buncis muda.
  • 50 gr kentang, potong dadu.
  • 50 gr wortel, potong dadu.
  • 400 ml santan.
  • 400 gr nasi putih yang sudah matang.
  • 1/2 sendok teh merica bubuk.
  • 1 1/2 sendok teh sendok teh garam.
  • 2 sendok makan minyak goreng.

Bumbu yang dihaluskan :

  • 3 buah cabai merah besar.
  • 6 butir bawang merah.
  • 4 butir bawang putih.
  • 1 batang serai.
  • 1 ibu jari kunyit.
  • 4 butir kemiri.

Cara membuatnya :

  1. Potong daging sapi seukuran dadu kecil. Rebus sebentar lalu tiriskan.
  2. Panaskan minyak, lalu tumis bumbu hingga harum.
  3. Masukkan daging dan masak daging sampai berubah warna. Tambahkan daun jeruk, garam dan juga merica.
  4. Lalu masukkan bahan sayuran lalu aduk. Tuangkan santan, lalu aduk sampai santan menyusut. Lalu angkat.
  5. Siap disajikan bersamaan dengan nasi hangat.

Resep Bobor Bayam

Bahan yang diperlukan :

  • 2 ikat bayam.
  • 2 butir Bawang merah.
  • 1 sium bawang putih.
  • 500 ml santan cair.
  • 2 cm kencur.
  • 2 cm lengkuas, memarkan.
  • 1 lembar daun salam.
  • 1/2 sendok teh ketumbar bubur.
  • 1 sendok teh gula pasir.
  • 1 sendok teh garam.

Cara membuatnya :

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kencur dan ketumbar.
  2. Rebus bumbu yang sudah dihaluskan dengan santan, lengkuas dan daun salam. Tunggu hingga mendidih.
  3. Terakhir masukkan daun bayam, garam dan gula pasir. Masak selama 3 menit lalu angkat.
  4. Sajikan dalam mangkuk.

Resep Masakan Ayam Jamur

Bahan yang diperlukan :

  • 350 gr daging ayam tanpa tulang.
  • 100 gr jamur segar, potong dadu.
  • 2 sendok makan kecap asin.
  • 300 ml air.
  • 1/2 sendok merica bubuk.
  • 2 buah cabai merah yang diiris halus.
  • 2 sium bawang putih yang dicincang.
  • 3 cm jahe yang diiris tipis.
  • 1 batang daun bawang, iris halus.
  • 1 butir jeruk nipis, ambil airnya.
  • 1 sendok teh garam
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis.

Cara membuatnya :

  1. Potong daging ayam memanjang lalu lumuri dengan air jeruk dan garam.
  2. Panaskan minya untuk menumis bawang putih, daun bawang dan jahe sampai harum. Jika sudah agak menguning tambahkan cabe merah dan aduk.
  3. Masukkan daging ayam aduk-aduk sampai daging ayam berubah warna, lalu tambahkan air, merica, dan kecap asin. Aduk rata.
  4. Terakhir masukkan jamur sampai ayam matang dan kuah sampai mengental.
  5. Angkat dan sajikan.

♥ Resep Sayur Lodeh

  • 250 gr daging tetelan sapi.
  • 100 gr tempe, potong-potong dadu.
  • 100 gr nangka muda, potong-potong.
  • 1 buah labu siam, potong-potong.
  • 50 gram kacang panjang, potong-potong.
  • 10 buah buncis, potong-potong.
  • 100 gr terung ungu, potong-potong.
  • 750 ml air.
  • 2 lembar daun salam.
  • 1 ibu jari lengkuas yang dimemarkan.
  • 500 ml santan.
  • 12 buah cabai hijau besar, iris-iris.
  • 1 sendok teh gula merah.
  • 1 sendok teh garam.
  • 2 potong terasi bakar.

Bumbu yang dihaluskan :

  • 4 butir bawang merah.
  • 4 sium bawang putih.
  • 2 sendok teh ketumbar.
  • 1 cm kencur.
  • 2 sendok makan ebi yang direndam dan tiriskan.

Cara Membuatnya :

  1. Rebus daging tetelan sampai empuk, lalu angkat dan potong-potong. Kemudian masak kembali dengan api sedang.
  2. Masukkan tempe, nangka, daun salam dan lengkuas sampai nangka empuk. Kemudian masukkan bahan-bahan lainnya. Aduk sampai mendidih dan angkat.
  3. Siap disajikan selagi hangat.

Baca juga : Aneka resep minuman untuk berbuka puasa

Aneka Resep Minuman Sehat Untuk Keluarga Saat Berbuka Puasa

Aneka Resep Minuman Sehat Untuk Keluarga Saat Berbuka Puasa. Saat menyiapkan minuman untuk berbuka puasa terkadang kita bingung apa yang harus dibuat. Karena bingung dan terlalu memikirkan apa yang harus dibuat, sering kali kita menyiapkan menu minuman yang sama untuk berbuka puasa. Oleh karena itu kami akan memberikan beberapa resep yang dapat dijadikan referensi menu minuman yang dapat dibuat untuk berbuka puasa nanti.

Berikut Ini Beberapa Aneka Resep Minuman Sehat Untuk Keluarga Saat Berbuka Puasa :

Es Putar Kolak Pisang

Bahan yang disiapkan :

  1. 2 lembar daun pandan.
  2. 500 ml santan.
  3. 150 gr gula merah.
  4. 200 gr pisang ambon, di potong-potong terlebih dahulu.
  5. 8 buah nangka dipotong dadu.
  6. 4 cm kayu manis.

Cara membuatnya :

  1. Siapkan alat pembuat es putar, kemudian isi dengan campuran es batu dan garam.
  2. Rebus santan, daun pandan, kayu manis dan gula merah sambil diaduk sampai mendidih, setelah itu saring.
  3. Masukkan pisang dan nangka kemudian aduk rata.
  4. Kemudian tuang ke alat es putar, putar selama 30 menit sampai beku.
  5. Sajikan sesuai selera.

✿ Es Mentimun

Bahan-bahan yang disiapkan :

  1. 1 buah mentimun yang sudah di buang bijinya.
  2. 1 sendok teh selasih.
  3. 125 gr melon merah.
  4. ½ kaleng leci segar.
  5. 1 sendok teh air jeruk nipis.
  6. 200 gr es serut.

Bahan untuk sirup :

  1. 350 gr gula pasir.
  2. 1 lembar daun pandan.
  3. 2 lembar daun jeruk.
  4. 2 cm kayu manis.
  5. 3 butir cengkeh.
  6. 500 ml air.

Cara membuatnya :

  1. Parut memanjang timun yang sudah dibuang bijinya tadi, ambil daging melon dengan bentuk bulat-bulat.
  2. Untuk sirup direbus semua bahan hingga kental. Kemudian angkat, saring lalu dinginkan.
  3. Siapkan gelas kemudian susun dengan urutan pertama masukan timun, melon selasih dan leci. Kemudian beri sirup yang tadi sudah dibuat dan es serut.
  4. Tambahkan sedikit air jeruk nipis dan siap disajikan saat berbuka puasa.

Minuman Rosella Fruit Tea

Bahan yang disiapkan :

  1. 20 kuntum bungan rosella kering.
  2. 2 buah jeruk lemon.
  3. 200 gr strawberry segar.
  4. 1 kaleng kelengkeng.
  5. 1250 cc air .
  6. 250 cc sirup.
  7. Es batu secukupnya.

Cara membuatnya :

  1. Masak air hingga mendidih kemudian masukkan bunga rosella, tunggu sampai air berwarna merah. Lalu angkat dan saring.
  2. Belah jeruk lemon menjadi 2 bagian kemudian iris tipis melintang dan belah strawberry menjadi
  3. Masukkan air rebusan bunga rosella ke dalam gelas, lalu tambahkan sirup dan gula batu jika perlu aduk hingga rata.
  4. Setelah itu masukkan jeruk lemon, strawberry dan kelengkeng. Lalu diaduk.
  5. Tambahkan es batu dan hidangkan.

✿ Ice Cream Melon

aneka resep minuman sehat

Bahan yang disiapkan :

  1. 200 gr melon.
  2. 200 gr gula pasir.
  3. 600 ml susu tawar cair atau susu segar.
  4. 60 ml krim kental.
  5. 1 sendok makan tepung maizena.
  6. 3 sendok makan susu kental manis.
  7. 1/2 sendok makan garam halus.
  8. 1 sendok teh ekstrak melon/jeruk.

Baca juga : Resep camilan sehat untuk anak

Cara membuatnya :

  1. Larutkan tepung maizena dan gula pasir dengan susu tawar cair lalu aduk hingga rata.
  2. Rebus sambil terus diaduk higga mengental dan tunggu sampai mendidih kemudian angkat dan dinginkan.
  3. Daging melon diblender, lalu masukkan ke dalam adonan tadi bersamaan krim kental, susu kental manis, ekstrak melon dan garam, aduk sampai rata.
  4. Masukkan adonan tersebut kedalam mangkuk  atau baskom dan masukkan ke dalam freezer diamkan selama satu malam.
  5. Keluarkan dari freezer kemudian keruk-keruk dengan sendok dan kocok dengan mixer hingga lembut. Lalu masukkan lagi kedalam freezer. Lakukan tahap ini hingga 3 atau 4 kali pengocokan.
  6. Kemudian disajikan, keruk ice cream dengan skup ice cream. Agar tampilan lebih menarik boleh ditambahkan sirup dan potongan buah melon diatasnya. Ice cream siap disantap saat berbuka puasa.

Resep ini bisa untuk 10 porsi ice cream.

Manfaat Bantal Hamil, Cara Kerja Serta Cara Memilih Bantal Yang Baik

Manfaat Bantal Hamil – Bantal hamil merupakan bantal yang didesain khusus untuk digunakan oleh ibu hamil agar membantu ibu hamil merasa lebih nyaman di tempat tidur. Sehingga ibu hamil mendapat lebih banyak waktu istirahat.

Cara Kerja Bantal Hamil

manfaat bantal hamil

Ketika hamil bunda tidak bisa tidur telentang dan berbaring miring pun dirasa sulit karena perut serasa berguling. Maka dari itu dihadirkanlah bantal hamil ini yang berfungsi untuk menopang tubuh ibu hamil ketika berbaring miring. Biasanya bantal hamil berbentuk huruf C atau V dengan posisi satu ujungnya di bawah kepala dan lengan serta ujung lainnya diantara kaki dan tengah perut. Bantal hamil selain memberikan kenyamanan saat sedang tidur dan mencegah bunda tidur dengan posisi berbolak-balik namun juga menopang perut dan janin di dalamnya.

Bantal hamil dapat berfungsi tergantung pada ukuran perut ibu hamil, material bantal yang  dipilih, dan tahap kehamilan. Banyak yang merasakan bantal hamil ini sangat membantu mereka saat tidur, walaupun usia kehamilan sudah memasuki usia sekitar 31 minggu. Karena ketika perut menjadi terlalu besar dan ibu hamil sering merasa kepanasan.

Manfaat Bantal Hamil

  • Membantu menopang tubuh ibu hamil yaitu pada perut, leher, kaki, bahu, dan punggung. Dapat mencegah ibu hamil mengalami nyeri punggung dan leher. Memilih bantal hamil yang baik dapat mengurangi tekanan pada tulang punggung, tulang rusuk dan pinggang sekaligus menjajarkan pinggang, bahu, dan tulang belakang.
  • Dengan menggunakan bantal ibu hamil, ibu hamil bisa menghindari rasa tidak nyaman dan rasa sakit yang biasanya dikeluhkan. bantal ini membantu bayi mencapai posisi lahir terbaik, sehingga membuat rasa sakit berkurang dan persalinan jadi lebih singkat.
  • Bantal hamil ini juga bagus untuk menopang bayi setelah lahir, bisa juga digunakan sebagai bantal menyusui untuk menopang bayi ketika disusui atau sebagai penahan agar ia tidak berguling di tempat tidur.
  • Membantu meningkatkan sirkulasi darah, bagi ibu hamil tidur miring ke kiri sangat dianjurkan. Karena posisi miring ke kiri dapat membantu sirkulasi darah yang baik.
  • Menurunkan detak jantung, detak jantung ibu hamil secara otomatis menurun dengan memeluk bantal kehamilan serta ibu hamil dapat mengontrol emosinya.
  • Menaikkan kaki ketika tidur. Disarankan oleh dokter dengan menaikkan kaki ketika tidur.
  • Dapat mengatasi nyeri di tubuh ibu hamil yang diakibatkan penambahan berat selama kehamilan yang bisa menyebabkan stres pada bagian tubuh tertentu. Tapi dengan bantal hamil akan membantu menghilangkan rasa sakit tersebut.
  • Menurunkan risiko mendengkur, ibu hamil yang rentan mendengkur bisa menghindarinya dengan menggunakan bantal hamil. Karena dapat mencegah berpindah ke posisi telentang sehingga tidur dengan posisi yang benar.
  • Bantal hamil ternyata juga dapat mengatasi nyeri punggung pada pria. Tidak hanya dapat digunakan untuk ibu hamil saja namun bantal ini juga bisa digunakan siapa saja yang mengalami sakit punggung.

Cara Memilih Bantal Hamil Terbaik

Dalam memilih bantal hamil juga perlu hati-hati. Bunda perlu tahu mana dan memilih bantal hamil yang sesuai dengan kondisi bunda. Dengan memilih bentuk dan ukuran yang sesuai dengan keadaan bunda maka bunda akan mendapatkan kenyamanan dan merasakan manfaatnya.

Ada beberapa bahan yang digunakan untuk membuat bantal, diantara sebagai berikut :

✔ Isian dengan bola gabus

Isian ini pada umumnya digunakan untuk pembuatan bantal hamil dengan harga lebih terjangkau. Dengan isian bola gabus ini membuat bantal mudah beradaptasi dengan bentuk tubuh dan beratnya pun ringan. Kekurang bantal dengan isian bola gabus cenderung menimbulkan suara ketika bunda bergerak di sekitar bantal. Sehingga membuat kurang nyaman.

✔ Isian dengan polyester

Isian polyster ini lebih lembut dan tidak menimbulkan suara. Jika isian polyester yang digunakan terlalu padat maka membuat bantal semakin keras. Namun walaupun  polyester sangat terkenal sebagai isian pada bantal hamil, bahan isian atau material ini tidak bernafas seperti isian lain.

✔ Isian dengan memory foam

Bantal hamil dengan isian memory foam lebih membentuk tubuh ketika menekannya. Dan saat bunda terbangun atau beban terangkat dari bantal maka memori foam kembali ke bentuk aslinya. Isian memory foam umumnya cukup keras, arena memory foam bisa menyebabkan panas. Namun beberapa pabrik menghaluskannya sebelum digunakan pada bantal hamil. Sehingga memory foam yang dihaluskan membuat ada sirkulasi udara di dalam bantal dan membantu menurunkan panas.

✔ Isian dengan bahan alami dan organik

Jika bunda tipe orang yang ingin menjaga kehamilan sealami mungkin, maka bunda perlu mencari bantal hamil yang sesuai. Isian alami misalnya yaitu berupa wol atau kapuk. Akan tetapi  bantal hamil yang menggunakan isian alami, tidak berarti membuatnya organik ya bunda.

Perlukah membeli bantal yang hipoalergenik??

Karena perubahan tubuh selama kehamilan membuat ibu hamil lebih sensitif pada serat dan material yang sebelumnya tidak bermasalah bagi ibu hamil. Oleh karena itu pemilihan bantal hipoalergenik akan membuat ibu hamil tidur di malam hari tanpa alergi. Akan tetapi jika ibu hamil mengalami gangguan pernafasan, asma, atau sensitif alergi sebelum kehamilan maka bantal hipoalergenik.

Pilih bantal yang empuk atau bantal yang keras?

Pasti kebanyakan orang lebih menyukai bantal yang empuk. Namun ketika bunda ingin memilih bantal hamil, sebaiknya jangan memilih yang empuk. Karena bantal hamil yang lebih keras akan memberi lebih bayak topangan pada tubuh dibanding yang empuk. Meski dirasa bantal yang keras terlihat tidak nyaman pada awalnya, namun bunda akan terbiasa dan merasa nyaman.

Gunakan Posisi Bantal Sesuai Dengan Posisi Tubuh

Berikut ini tipe tubuh dan posisi tidur yang bisa berpengaruh pada pilihan bantal hamil:

✿ Untuk Ibu hamil bertubuh besar

Jika bunda memiliki tubuh yang besar ketika hamil, maka bantal bentuk C menjadi pilihan yang terbaik. Karena bentuknya yang tidak simetris membuat bunda punya pilihan untuk memposisikan bantal di tubuh.

✿ Untuk Ibu hamil bertubuh kecil

Ibu hamil yang bertubuh kecil tidak menjamin untuk tidur dengan nyaman. Kebanyakan ibu hamil yang bertubuh kecil memilih ukuran bantal yang sesuai dengan ukuran tubuhnya. Karena jika menggunakan bantal dengan ukuran besar maka akan membuat tubuh bunda tenggelam dan akan tidak nyaman tidurnya.

✿ Untuk Ibu hamil kembar

Jika bunda hamil kembar lebih dianjurkan menggunakan bantal hamil berbentuk U. Semakin besar ukuran bantal maka makin membantu memberi topangan yang bunda butuhkan karena perut yang lebih besar dibanding ukuran normal.

✿ Untuk Ibu hamil yang suka tidur miring

Bantal ini akan sangat membantu bunda yang tidak suka tidur miring. Karena akan membantu menopang tubuh bunda disaat tidur.

✿ Untuk Ibu hamil yang suka tidur telentang

Posisi tidur telentang sangat tidak dianjurkan selama kehamilan karena akan membahayakan janin yang ada didalam kandungan. Orang yang terbiasa tidur telentang akan merasa tidak nyaman ketika dipaksa tidur miring. Bila terbiasa tidur telentang, bisa tidak disadari bunda akan tidur mengarah ke posisi telentang. Maka untuk mengatasi hal ini terjadi, bunda perlu cari bantal hamil yang menopang punggung. Karena bantal yang menopang punggung akan memastikan orang yang biasa tidur telentang dapat tidur nyaman meski diposisi miring.

cara mendidik anak agar berbakti

Cara Mendidik Anak Agar Berbakti Kepada Orang Tua Dan Orang Yang Lebih Tua

Cara Mendidik Anak Agar Berbakti – Seiring mengikuti zaman yang semakin canggih, tradisi dan pendidikan agama sudah banyak dikesampingkan serta perilaku kesopanan anak muda sekarang semakin berkurang. Sekarang banyak dan sering kita lihat bahwa anak yang berperilaku kurang sopan atau bahkan kurang ajar terhadap orang yang lebih tua bahkan kepada orang tuanya sendiri, tidak berbakti kepada orang tua bahkan menelantarkan orang tua yang sudah lanjut usia.

Sepatutnya kita terapkan kepada anak-anak sejak usia dini bahwa berbuat baik kepada kedua orang tua hukumnya wajib, baik waktu kita masih kecil, remaja atau sudah menikah dan sudah mempunyai anak bahkan saat kita sudah mempunyai cucu. Perlu mereka ingat seberapa besar perjuangan orang tua dalam merawat anaknya dari mulai dalam kandungan sampai ia besar.  Mereka membesarkan kita dengan penuh kasih sayang dan berbagai pengorbanan. Pengorbanan yang orang tua lakukan tidak hanya dalam hal materi namun juga tenaga, waktu dan bahkan demi anak orang tua rela mengorbankan nyawanya sendiri.

Maka dari itu sebagai orang tua, kita harus tahu bagaimana cara dan mengarahkan mereka agar kelak mereka menjadi anak- anak yang sholeh dan berbakti kepada orang tua.

Berikut Ini Cara Mendidik Anak Agar Berbakti Kepada Orang Tua :

1. Berikan Teladan yang Baik Pada Anak

Orang tua harus memberikan teladan yang baik kepada anak, karena anak merupakan peniru ulung dan benar kata pepatah bahwa “buah jatuh tidak jauh dari pohonnya” . Jika orang tua melakukan atau mencontohkan hal-hal yang baik maka anak anak melakukan hal yang baik tapi jika orang tua melakukan atau mencotohkan hal yang tidak baik kepada anak maka anak akan meniru hal yang tidak baik juga karena memori anak yang kuat akan terus merekam. Misalnya, jika seorang anak sering berkata kasar, bisa jadi karena dia juga sering mendapat perkataan seperti itu dari orang tuanya atau anak sering melihat pertengkaran yang dilakukan orang tua mereka dirumah.

Baca juga : 4 Dasar Pendidikan Bagi Anak

2. Mendidik anak menjadi anak sholeh dan sholehah

Sebelum orang tua mengharapkan anak menjadi sholeh dan sholehah, sebaiknya sholehkan diri terlebih dahulu. Lebih perbanyak ibadah dan memperdalam agama islam agar orang tua dapat memberikan pendidikan dan contoh yang benar menurut agama islam dan menjadikan anak taat ibadah serta patuh kepada kedua orang tua. Karena patuh kepada orang tua merupakan perbuatan yang baik.  Selain itu orang tua juga perlu belajar berbagai ilmu, agar dapat digunakan dalam pengasuhan anak. Agar anak mempunyai bekal untuk masa depannya dan menjadi tauladan yang baik.

3. Perhatikan lingkungan anak- anak

Hubungan seorang teman sama seperti perumpamaan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi percikan apinya mengenai pakaianmu atau engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR Bukhari 5534 dan Muslim 2628).

Itulah merupakan pesan Rasulullah SAW. dalam memilih teman yaitu kita harus berhati- hati, serta peka terhadap pengaruh yang berasal dari lingkungan sekitar kita. Begitu juga dengan anak-anak kita yang masih sangat polos. Kita harus mengenal siapa teman anak kita, namun tidak mendiskriminasi.

4. Membantu Berbagai Pekerjaan Rumah
Ajarkan anak untuk membantu pekerjaan rumah seperti membantu mencuci piring, menyapu halaman, mengepel lantai, membersihkan rumah dan semisalnya. Agar anak lebih menghargai pekerjaan orang tua. Meskipun tidak setiap hari membantu dan meringankan pekerjaan ibu, walau hanya pekerjaan kecil namun itu akan membuat orang tua merasa bahagia.

5. Ajarkan Anak Untuk Bersikap Sopan dan Santun
Mengajarkan anak untuk bersikap sopan dan santun kepada orang yang lebih tua. Biasakan tradisi di rumah ketika masuk dan keluar rumah selalu mengucapkan salam dan mencium tangan yang lebih tua agar anak terbiasa. Biasakan berbicara yang baik dan menjauhi sikap kurang ajar kepada orang yang lebih tua.

6. Sabar, ikhlas dan doa

Kesabaran adalah hal mutlak harus dimiliki orang tua dan merupakan dasar dalam mendidik anak. Karena dalam mendidik anak kadang kala ditemukan hal yang tidak menyenangkan. Contohnya, anak yang bersikap bandel dan tidak mau dinasehati. Ketika anak bersikap seperti itu, sebaiknya jangan berikan ia caci maki dan kemarahan yang hanya akan membuat mereka semakin menjauh. Ketika emosi dirasa sudah mulai memuncak, orang tua harus pandai dalam menguasai diri.

Bayangkan bahwa kita pun sama saat seusia mereka. Kita harus iklhas karena anak adalah titipan dari Allah dan tujuan kita mendidik anak adalah mencapai keridhoan Allah SWT. Keikhlasan hati orang tua akan membuat apa yang disampaikan mudah diserap dan dipahami anak. Hal yang  tidak kalah penting adalah dengan terus mendoakan anak  supaya anak dilindungi dan selalu berada dijalan Allah agar kelak menjadi generasi yang membuat bangga orang tua dan agama.

Berbagai Manfaat Dibalik Bumbu Dapur Seperti Bawang-bawangan

Berbagai manfaat dibalik bumbu dapur seperti jenis bawang, paprika dan daun selada merupakan bahan masakan atau bumbu dapur yang sering digunakan untuk berbagai masakan. Namun tidak disangka beberapa bahan dapur tersebut mempunyai manfaat yang belum banyak kita ketahui.

Berikut Ini Adalah Berbagai Manfaat Dibalik Bumbu Dapur :

berbagai manfaat dibalik bumbu dapur

Khasiat Bawang Bombay, termasuk dalam jenis sayuran yang kaya akan quercetin yaitu sejenis senyawa yang bagus dan bermanfaat untuk kesehatan jantung. Selain mengandung querciten bawang bombay juga mengandung phytonutrient yaitu zat yang berfungsi untuk mencegah kanker perut. Bawang bombay juga merupakan sumber potasium yang baik, serta mengandung vitamin C. Rasa bawang bombay yang sedikit manis sehingga cocok untuk dibuat sebagai masakan seperti ditumis, dibakar, atau dijadikan salad.

 

Khasiat Bawang Putih, bawang putih juga merupakan bahan wajib disetiap bumbu masakan. Bawang putih juga dapat berkhasiat sebagai obat sakit kepala. Caranya dengan memakannya sebanyak 1-2 sium sekaligus sebagai lalap. Jika tidak suka dengan baunya disa dimakan dengan dibarengi tahu atau dijadikan sambal. InsyaAllah kurang lebih 1 jam pusing akan hilang. Cara ini juga ampuh untuk pusing yang diakibatkan oleh penyakit darah tinggi.

Selain itu bawang putih juga dapat berkhasiat untuk mengobati sakit gigi. Caranya tumbuk bawang pusing sampai halus kemudian tempelkan pada gigi yang sakit. Lakukan 2 kali sehari secara rutin. Serta dapat menghilangkan flu, pilek dan hidung tersumbat dengan menaruh beberapa bawang putih didalam kamar sehingga bau dari bawang putih dapat terhirup.

Khasiat Bawang Merah, bawang merah merupakan bumbu wajib yang tidak pernah absen disetiap masakan. Bawang merah juga berkhasiat untuk menurunkan kadar lemak dalam darah, menurunkan tekanan darah, mencegah penggumpalan darah dan melemaskan otot bronchial bagi penderita asma. Serta dapat menghilangkan masuk angin.

 

Khasiat Paprika, Paprika berkhasiat sebagai antioksidan, mengatur suhu, menurunkan kolesterol, mengobati infeksi hidung dan tenggorokan, mengobati luka, memar, keseleo, menurunkan dakar gula dalam darah pada orang dewasa serta dipercaya dapat menumbuhkan rambut.

Khasiat Daun Selada, membantu menurunkan risiko gangguan jantung dan terjadinya stroke, membantu mengurangi risiko spina bifida yaitu salah satu jenis gangguan kelainan pada tulang belakang, mengurangi risiko terjadinya kanker, mengurangi risiko terkena katarak, mengurangi gangguan anemia, membantu meringankan insomnia akibat ketegangan saraf, membantu kerja pencernaan dan hati.