Tips dan Cara Cepat Anak Belajar Bahasa Inggris Sejak Dini

cara cepat anak belajar bahasa inggris

Tips dan Cara Cepat Anak Belajar Bahasa Inggris Sejak Dini

Cara cepat anak belajar bahasa Inggris – Kapan anak belajar bahasa inggris???

 

Ada beberapa anggapan bahwa semakin muda usia maka akan semakin mudah mempelajari bahasa dari pada orang dewasa. Pendapat lain belajar bahasa asing sejak dini bukan menjadi jaminan. Ada pula yang berpendapat bahwa keberhasilan belajar bahasa asing sangat ditentukan oleh motif ataupun kebutuhan berkomunikasi dalam lingkungannya.

 

Hal ini terpacu pada obsesi para orang tua yang ingin anak mereka cepat bahasa asing.

 

Apakah beberapa anggapan itu benar??

 

Bagaimana menurut para ahli??

 

Beberapa pakar bahasa mendukung pandangan “semakin dini anak belajar bahasa asing, maka semakin mudah ia menguasai bahasa itu”. Misalnya, McLaughlin dan Genesse menyatakan bahwa anak-anak lebih cepat memperoleh bahasa tanpa banyak kesukaran dibandingkan dengan orang dewasa.

 

Eric H. Lennenberg ahli neurologi berpendapat bahwa sebelum masa pubertas, daya pikir (otak) anak lebih lentur. Makanya ia lebih mudah belajar bahasa. Sedangkan sesudahnya akan makin berkurang dan pencapaiannya pun tidak maksimal.

 

Usia 6-12 tahun memang merupakan masa emas atau masa yang paling ideal, untuk belajar selain bahasa ibu (bahasa pertama).

 

cara cepat anak belajar bahasa inggris

Periode kritis sering dihubung-hubungkan dengan proses pembelahan antara otak kanan dan otak kiri. Hasil penelitian neurologis menyebutkan bahwa pada usia menjelang dewasa fungsi-fungsi kemanusiaan terbagi menjadi dua bagian.

 

Fungsi intelektual, logika, analisis, dan kemampuan berbahasa berada pada otak bagian sebelah kiri sedangkan  fungsi yang berhubungan dengan emosi dan fungsi lain yang bersifat sosial dikendalikan oleh otak seblah kanan.

 

Pada saat memasuki proses pembelahan otak itulah masa peka bahasa berlangsung.

 

Cara cepat anak belajar bahasa Inggris – Bahasa asing memang terbukti diperlukan, maka dari itu sekarang para ibu berlomba-lomba memberikan pendidikan khusus untuk anaknya.

 

Tetapi bunda jangan lupa juga untuk mengajarkan bahasa Indonesia yang baik kepada anak-anak kita, karena kita tinggal di Indonesia tentu saja kita harus berbahasa Indonesia yang baik.

 

Bunda tidak dituntut untuk memberikan bahasa Indonesia yang baku tetapi anak tahu bahasa yang baik dan sopan yang patut diucapkan kepada orang yang lebih tua ataupun yang lebih muda.

 

Saya perihatin dengan perkembangan anak Indonesia sekarang, bukannya memperbaiki kata-kata dan berbicara dengan bahasa yang baik dan sopan tetapi banyak sekali anak-anak kecil yang melontarkan ataupun mengucapkan kata-kata yang tidak pantas didengar.

 

Terlebih lagi dengan fenomena bahasa gaul, anak muda sekarang menjadi tren dan bisa dibilang yang menguasai era zaman sekarang.

 

Kita seharusnya sebagai orang tua dapat memilih pendidikan dan lingkungan yang baik untuk adaptasi dan masa perkembangan anak.

 

by: duniabayi

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.