Diare Pada Bayi dan Anak

diare pada bayi dan anak

Diare Pada Bayi dan Anak

Diare Pada Bayi dan Anak

Jika bayi maupun anak diare makanan apakah yang harusnya dikonsumsi oleh bayi atau anak tersebut? Apakah aman obat yang diberikan oleh dokter untuk menyembuhkan diare pada bayi atau anak tersebut?

Pemberian obat untuk mengatasi penyakit apalagi pada bayi dan anak-anak harus didasarkan pada alasan yang jelas dan rasional. Situasi dan kondisi pada setiap bayi dan anak berbeda antara satu dengan lainnya sehingga pada bayi yang satu diberikan obat diare tertentu bisa jadi pada bayi lainnya tidak perlu diberikan obat diare. Dokter anak harus melakukan analisa yang penelitian yang mendalam terhadap situasi dan kondisi terhadap bayi yang diare untuk menentukan apakah perlu diberikan obat dan obat apakah yang tepat.

Jika orang tua tidak setuju terhadap pemberian obat diare tersebut, orang tua sebaiknya meneliti kandungan bahan-bahan dari obat tersebut dan komunikasikan dengan dokter tentang hal tersebut terkait alasan dokter memberikan obat tersebut. Apabila diperlukan dapat dilakukan tes labotarium untuk dapat menentukan diagnosis dengan tepat.

Ketika yang mengalami diare adalah anak-anak maka yang harus diberikan kepada anak tersebut adalah cairan yang banyak mengandung garam dan gula karena anak yang diare kehilangan banyak cairan. Diare jika dialami terus terusan dapat mengakibatkan kejang sampai pada kondisi demam.

Makanan yang baik dikonsumsi adalah makanan yang mengandung kalium tinggi seperti pisang. Apel yang mengandung pektin bisa juga diberikan. Pemberian suplemen zinc apabila diperlukan dapat diberikan.

Makanan yang harus dihindari adalah makanan yang kandungan serat dan vitamin C nya tinggi seperti pepaya dan jeruk.

Mudah-mudanan bayi dan anak-anak bunda senantiasa dalam kondisi sehat selalu. Aamiiin…

Yakinkan Anda telah Like DuniaBayi di Facebook untuk mendapatkan update BERMANFAAT seputar bayi, ibu hamil dan ibu menyusui

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.