8 Buah Yang Baik dan Bermanfaat Untuk Dikonsumsi Ibu Menyusui

ibu menyusui

8 Buah Yang Baik dan Bermanfaat Untuk Dikonsumsi Ibu Menyusui

Anda Adalah Ibu Menyusui? Sebaiknya Anda Berteman dengan Buah-Buahan Ini

ibu menyusui

Masa menyusui merupakan masa yang sangat penting bagi ibu yang baru saja melahirkan. Apalagi, dalam masa ini sang ibu dituntut agar selalu memperhatikan kesehatan dan apa pun yang dikonsumsi.

Untuk menjaga kesehatan, beragam buah-buahan bisa Anda konsumsi setiap hari. Alasannya sederhana saja, karena buah dan sayur merupakan makanan menyehatkan bagi ibu menyusui. Lalu, apa saja buah yang baik untuk ibu menyusui?

Daftar 8 Buah yang Baik untuk Ibu Menyusui:

  1. Pepaya

pepaya

Buah pepaya yang memiliki rasa manis ini ternyata baik untuk ibu menyusui, lo. Buah ini kaya akan serat dan vitamin A. Selain baik untuk pencernaan Anda, pepaya bisa melancarkan produksi ASI.

Anda bisa mengonsumsi pepaya yang sudah matang maupun yang masih sedikit mengkal. Keduanya memiliki kandungan nutrisi yang sama, kok.

  1. Alpukat

buah alpukat

Buah yang satu ini dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan lemak baik. Selain itu, beberapa vitamin juga terkandung di dalam buah ini, lo. Namun, biasanya orang-orang tidak menyukai rasanya yang tawar.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa mencampurnya dengan madu, gula rendah kalori,  atau dengan buah-buahan lain yang manis.

  1. Jeruk

jeruk

Buah yang memiliki banyak kandungan air ini merupakan salah satu buah yang baik untuk ibu menyusui. Ada banyak nutrisi penting dalam buah ini, misalnya vitamin C, zat besi, zat antioksidan, asam folat, tembaga, dan kalsium.

Ibu menyusui memerlukan vitamin C yang lebih banyak, maka buah ini cocok untuk Anda jadikan camilan sehat.

  1. Mangga

mangga

Mangga juga merupakan salah satu buah yang baik bagi ibu menyusui, lo. Buah ini banyak mengandung serat dan bermacam-macam vitamin yang dibutuhkan oleh ibu menyusui.

Rasa buah mangga juga cukup manis. Namun, pastikan mengonsumsi buah mangga yang sudah benar-benar matang, ya. Buah mangga yang belum terlalu matang memiliki rasa yang asam dan tidak baik bagi kesehatan pencernaan Anda.

  1. Apel

apel

Buah apel merupakan buah yang baik untuk ibu menyusui karena memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak. Selain vitamin C, buah ini mengandung vitamin B, vitamin K, fosfor, zat antioksidan, dan asam omega 3.

  1. Jambu Biji

jambu biji

Jambu biji dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, lo. Selain itu, jambu biji juga mengandung vitamin B1, vitamin A, dan zat besi.

Namun, tahukah Anda? Jambu biji yang memiliki daging buah berwarna merah memiliki nutrisi yang lebih banyak jika dibandingkan dengan jambu biji yang daging buahnya berwarna putih, lo.

  1. Stroberi

strawberry

Buah yang rasanya agak asam ini ternyata baik untuk ibu menyusui, lo. Buah yang mungil ini mengandung vitamin C, vitamin A, zat besi, dan kalsium. Selain itu, buah stroberi memiliki kandungan serat yang baik untuk saluran pencernaan Anda.

Jika Anda kurang suka akan rasanya yang sedikit asam, Anda bisa menambahkan madu atau gula rendah kalori ketika mengonsumsinya.

  1. Kelapa

kelapa

Siapa sangka, ternyata buah kelapa adalah buah yang baik untuk ibu menyusui, lo. Buah kelapa maupun air kelapa yang terdapat di dalamnya sangat baik untuk memperbanyak produksi ASI Anda.

Selain itu, air kelapa mengandung elektrolit dan mineral yang sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda. Untuk rasa yang lebih nikmat, pilihlah buah kelapa hijau yang masih muda, ya.

Nah, itulah tadi 8 buah yang baik untuk ibu menyusui. Selain memiliki rasa yang enak dan segar, ternyata buah-buahan tersebut baik untuk menjaga kesehatan Anda selama masa menyusui, lo.

Mitos atau fakta meminum air kelapa muda bisa digunakan untuk memutihkan kulit bayi?? Baca juga Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil

Jadi, jangan lupa sertakan buah-buahan ke dalam menu makan sehari-hari Anda, ya.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.