Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil Dan Melahirkan

Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil Dan Melahirkan

Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil Dan Melahirkan – Pada waktu hamil akan terjadi perubahan baik fisik ,fisiologi organ-organ dan psikis ,yang disebabkan oleh hormon kehamilan. Pada saat hamil Bunda akan sering mengeluh mudah lelah,terasa berat karena penambahan berat badan ,gangguan Mood.

Keluhan tersebut merupakan hal biasa waktu hamil. Olahraga salah satu cara untuk mengurangi keluhan-keluhan tersebut .

Olahraga minimal 3o menit tiap hari akan ; – mengurangi bengkak pada kaki,   –  mengurangi nyeri di pinggang,  – akan membuat tidur lebih nyaman 

  • Sebelum melakukan kegiatan Olahraga sebaiknya Ibu Hamil berkonsultasi dulu ke Dokter atau Bidan untuk mengetahui kondisi Bunda dan Janinnya .Sehingga Olahraga tidak akan berdampak buruk buat Bunda atau Janinnya .Dan tanyakan tentang Olahraga yang aman untuk kondisi bunda .Tentu Dokter akan memberi saran tentang Olahraga apa yang  aman sesuai kondisi bunda.hamil3Banyak berbagai jenis Olahraga yang aman waktu sedang Hamil. Akan tetapi ada juga Olahraga yang bisa membahayakan Bunda waktu hamil . Ada beberapa jenis Olahraga yang Aman untuk Bunda waktu hamil antara lain : Berjalan ,Berenang ,bersepeda ,senam Aerobik .Jika Olahraga tersebut dilakukan dengan baik dan benar akan membantu Bunda dan janinnya semakin baik . Sedangkan Jenis Olahraga yang perlu dihindari untuk Bunda sedang Hamil antara lain ; ski salju ,contact sport ,dan senam berat .Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil Dan Melahirkan
  • Olahraga selama kehamilan lebih baik dilakukan waktu usia kehamilan kurang dari 24 minggu . Dan kehamilan 3 bulan terakhir akan lebih sulit dilakukan . Melakukan Olahraga dimulai dari yang ringan , dimulai dari 5 menit per hari,ditambah 5 menit per minggu sampai mencapai 30 menit per hari.

 

  • Manfaat Olahraga untuk Bunda sedang hamil antara lain : Bunda akan lebih bugar dan sehat – Janin lebih sehat  – Mencegah komplikasi kehamilan   – Mencegah Obesitas pada bayi  – Menurunkan Stress – Waktu melahirkan bisa Normal  -Mengurangi selulit       -Mempercepat waktu melahirkan    -Membuat selaalu merasa bahagia ,dan Memperlancar ASI .

 

  • Untuk Bunda yang sedang hamil ada jenis Olahraga  lain yaitu SENAM HAMIL . Senam hamil adalah Terapi latihan gerak untuk mempersiapkan Bunda hamil ,secara fisik ataupun Mental ,Untuk menghadapi persalinan cepat ,aman dan spontan. Dan sebelum melakukan senam hamil sebaiknya bunda konsultasi dahulu kedokter/bidan . ada beberapa manfaat senam hamil antara lain : menceggah varises,memperpanjang nafas,latihan mengejan,dan masih banyak lagi manfaat senam hamil .

 

  • Selain SENAM HAMIL ada juga SENAM NIFAS pasca melahirkan . Masa nifas adalah masa 2 jam setelah lahirnya placenta sampai 6 minggu berikutnya . setelah melahirkan rahim tidak secara cepat kembali seperti semula tetapi mengalami proses . Oleh karena itu, untuk mengembalikan ke kondisi semula lagi diperlukan senam juga yaitu SENAM NIFAS . Minimal 6 jam setelah persalinan ,atau sehari setelah persalinan ,Bunda akan dipandu untuk melakukan senam nifas ini .

 

  • Senam nifas ini sangat berguna untuk bunda karena Bisa:  Mengembalikan rahim pada posisi semula, Meningkatkan gairah hidup, Mencegah kesulitan BAB/BAK ,Memperlancar ASI,Memperlancar sirkulasi darah ,Mencegah VARISES,Mempeebaiki otot-otot yang telah kendur.
  • nifas

 

  • Setelah melahirkan Bunda pasti akan memberi ASI kepada buah hati bunda .Memberi ASI kepada bayi manfaat nya sangat besar ternyata ,tidak bagi buah hati saja melainkan bunda juga . Inilah hal yang belum diketahui oleh para bunda lain nya ,sehingga menyebabkan ogah-ogahan’ untuk menyusui buah hatinya . Dan semakin cepat bunda menyusui buah hati bunda akan lebih baik dan sebaliknya kondisi bunda akan ikutan lebih baik . Bahkan dianjurkan untuk menyusui segera begitu buah hati dilahirkan ,dengan Inisiasi Menyusui Dini .

 

  • Inilah alasan nya mengapa memberi ASI sangat dianjurkan untuk BUAH HATI antara lain : mencegah pendarahan ,mengurangi berat badan,mengurangi resiko terkena kanker payudara,Ungkapan KASIH SAYANG , Praktis dan ekonomis ,Sebagai ALAT KONTRASEPSI .

Demikan manfaat OLAHRAGA bagi ibu hamil . Semoga bisa berguna untuk bunda .Panduan Ibu Menyusui

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.