Makanan Padat Bayi

Makanan Padat Bayi

Makanan Padat Bayi

Tahun pertama bagi bayi adalah masa pesat-tumbuh-kembang. Pertumbuhan tersebut terjadi karena adanya penambahan ukuran sel dan jumlah sel yang terwujud pada pertambahan ukuran : berat dan panjang/tinggi badan, lingkar kepala, lingkar lengan atas dan lingkar dada.

Perkembangan bayi merupakan berlangsungnya perkembangan sel dan organ tubuh secara proses yang tercermin dari kemampuan motorik bayi, bahasa dan perkembangan sosial.

Pada masa perkembangan sel dan organ tubuh ini peran nutrisi sangat penting untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan bagi bayi.

Kesiapan Bayi Memakan Makanan Padat

Fungsi organ pencernaan bayi akan semakin berkembang seiring dengan pertambahan usia bayi. Sebagai orang tua, Bunda perlu mengetahui tahapan tertentu dalam memberikan makanan terutama makanan padat bagi bayi.

Pada usia 6 bulan pertama, kebutuhan nutrisi bagi bayi akan terpenuhi hanya dengan memberikan ASI sana. Untuk itu berilah bayi Bunda ASI eklusif selama minimal 6 bulan.

Makanan padat dapat diperkenalkan kepada bayi setelah bayi telah menginjak usia enam bulan keatas dan perlu diperhatikan agar ASI tetap diberikan sampai dengan usia 2 tahun.

Ketika bayi berusia 6 bulan mulai terlihat tanda-tanda kalau bayi tersebut mulai dapat menerima makanan padat.

Tanda-tanda bayi siap menerima makanan padat adalah sebagai berikut :

• Kecenderungan menggigit benda yang ada disekitarnya
• Kecenderungan mengunyah benda yang dipegangnya
• Tampak tertarik ketika melihat makanan

Tanda lain yang dapat dicoba dan dipertimbangkan adalah cobalah meletakkan sedikit bubur bayi di ujung sendok kecil diantara bibir bayi, jika dia membuka mulut dan melahapnya maka berarti dia telah siap menerima makanan padat bayi.

Mengapa Bayi Perlu Makanan Padat?

Ketika bayi sudah berusia 6 bulan kebutuhannya akan gizi semakin meningkat untuk itu perlu diberikan tambahan gizi dan kalori.

Meningkatnya kebutuhan akan gizi ini ditimbulkan karena pesatnya pertumbuhan fisik dan bertambahnya kemampuan aktivitas bayi, sehingga diperlukan semacam tambahan untuk mendampingi ASI, yaitu berupa makanan padat.

Pertimbangan lainnya adalah bahwa ketika berusia 6 bulan percernaan bayi telah siap dan mampu menerima makanan padat dari orang tuanya.

makan padat bayi

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.