Calon Ibu Wajib Tahu, Inilah Mengapa ASI Penting untuk Bayi

Calon Ibu Wajib Tahu, Inilah Mengapa ASI Penting untuk Bayi

Calon Ibu Wajib Tahu, Inilah Mengapa Pentingnya ASI untuk Bayi

Usia nol hingga enam bulan adalah masa terpenting dalam pertumbuhan si buah hati. Dan selama masa ini ASI memegang peranan penting karena mengandung semua nutrisi yang diperlukan bayi.

Untuk itu, alangkah baiknya jika ibu memberikan ASI eksklusif. Artinya, selama masa enam bulan pertama hidupnya, bayi tidak mengonsumsi apa pun selain ASI.

ASI Penting untuk Pertumbuhan Bayi

Kandungan protein dalam ASI sangat baik untuk tumbuh kembang bayi. Nutrisi tersebut dapat dengan mudah diserap oleh bayi melalui air susu ibu. Inilah yang membedakan ASI dengan susu formula bayi.

Saat ini telah banyak produk susu formula khusus untuk bayi yang baru lahir. Sebenarnya kandungan nutrisinya juga baik. Namun, kelemahannya, nutrisi tersebut tidak dapat dengan mudah diserap oleh tubuh bayi.

Berbeda halnya dengan ASI. Sebagai produk alami, nutrisi yang terkandung di dalam ASI mudah diserap oleh organ tubuh bayi yang masih belum bisa bekerja dengan maksimal.

ASI Meningkatkan Kekebalan Tubuh Bayi

Selain itu, air susu ibu juga mengandung vaksin alami. ASI mengandung nutrisi penting yang berguna untuk kekebalan tubuh bayi. Kandungan antibodi tersebut dapat melindungi bayi dari infeksi dan serangan penyakit, seperti penyakit TB atau tuberkolosis.

Dalam tubuh bayi, kandungan antibodi pada ASI akan diserap melalui dinding usus menuju organ kekebalan, yaitu timus. Antibodi  tersebut akan bekerja membantu sel-sel lain untuk dapat memerangi bakteri-bakteri jahat yang terdapat dalam tubuh si bayi.

ASI Menyehatkan Mental

Memberikan ASI eksklusif juga dapat membantu menyehatkan mental anak. Sebuah penelitian dari Human Science Research Council, Afrika Selatan, mengungkapkan hal ini.

Peneliti membandingkan perilaku anak usia 7-11 tahun yang mendapatkan ASI eksklusif, dengan anak yang hanya mengonsumsi susu formula selama 6 bulan usia awal mereka.

Penelitian ini menunjukkan bahwa anak yang mendapat ASI eksklusif tidak berperilaku agresif yang bisa mengganggu lingkungan dan proses belajar. Selain itu, anak-anak tersebut lebih bisa menghargai diri sendiri, dan tentunya orang lain.

Bayi akan tumbuh dan berkembang dengan maksimal jika mendapatkan ASI eksklusif dengan porsi yang pas. Menurut anjuran para ahli, sebaiknya ibu menyusui bayinya setiap 3-4 jam, atau 8-10 kali dalam sehari.

Selain itu, jangan enggan menyusui pada malam hari. Menurut penelitian, ibu memproduksi lebih banyak hormon pada malam hari. Karenanya, ASI yang dihasilkan pada malam hari akan lebih menyehatkan.

Pentingnya Memberikan ASI

Di samping berbagai manfaat di atas, masih banyak lagi kandungan nutrisi pada ASI yang menimbulkan efek positif untuk bayi. Termasuk di antaranya adalah zat Ganfliosida, yang berperan penting dalam meningkatkan daya ingat dan fungsi otak.

Ganfliosida membantu menghubungkan sel-sel otak yang belum terhubung ketika bayi baru lahir. Terlebih, ASI mengandung lemak yang diperlukan untuk pertumbuhan sel, jaringan otak, dan susunan saraf.

Manfaat Menyusui bagi Ibu

Ibu mana yang tidak ingin menyusui bayinya? Pasti semua ibu mendambakannya.  Dengan menyusui, kedekatan antara ibu dan anak akan terbina sejak dini. Juga, ini merupakan wujud kasih sayang sejak awal si kecil lahir di dunia.

ASI eksklusif bukan hanya bermanfaat untuk bayi. Menyusui juga memberikan dampak positif bagi kesehatan ibu. Seorang ibu yang rutin memberikan ASI eksklusif bagi bayinya akan terhindar dari penyakit kanker payudara, kanker ovarium, bahkan diabetes.

Menyusui juga meningkatkan kesehatan mental. Ibu menyusui akan terhindar dari depresi, sehingga hubungan fisik dan emosional antara ibu dan anak, akan terpelihara dengan baik.

Bagi Bunda yang kesulitan menberikan ASI Ekslusif sekarang tidak perlu khawatir karena kini banyak sekali bahan-bahan herbal yang membantu melancarkan produksi ASI. Seperti yang satu ini..Mamasoya susu kedelai yang diperkaya dengan kandungan daun katuk dan rempah-rempah herbal lainnya yang sangat berkhasiat dan sudah terbukti.

Pentingnya ASI

➤➤➤ BEST SELLER pilihan banyak Ibu. Insya Allah tidak akan kecewa ★★★

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.