Penyebab Bayi Gumoh

Penyebab Bayi Gumoh

Penyebab Bayi Gumoh

Penyebab Bayi Gumoh atau Muntah Setelah Minum Asi?

Bayi muntah setelah minum ASI sebaiknya jangan anda anggap sepele.

Bayi muntah atau gumoh setelah minum ASI memang wajar. Akan tetapi jika hal itu berlebihan atau terlalu sering dilakukan oleh bayi sebaiknya bunda harus waspada.

Beberapa Penyebab Bayi Gumoh atau Muntah :Penyebab Bayi Gumoh

  1. Penyebab pertama bayi gumoh adalah karena kapasitas lambung bayi yang masih kecil. Gumoh atau muntah akibat ASI yang diminum oleh bayi melebihi kapasitas yang dimiliki oleh lambung bayi.
  2. Hal ini juga diperparah dengan bayi yang sering Saat bayi menggeliat tekanan pada perut bayi akan tinggi sehingga menimbulkan muntah atau gumoh.
  3. Bayi muntah setelah minum susu juga disebabkan oleh penutup lambung bayi klepnya belum sempurna. Saat susu masuk dalam organ pencernaan kemudian masuk lambung.
  4. Diantara organ tersebut ada klep penutup lambung. Organ klep penutup lambung yang dimiliki bayi belum sempurna sehingga setelah minum ASI kemudian di tidurkan dan saat bayi menggeliat mereka akan muntah.
  5. Selain itu, saat bayi menangis dengan berlebihan juga bisa mengakibatkan isi perut bayi ikut keluar. Hal ini juga bisa terjadi bayi anda tak bisa menelan ASI dengan sempurna sehingga menangis.

Jika hal tersebut terjadi sebaiknya jangan meneruskan memberinya ASI karena bisa saja malah akan masuk saluran pernapasan.

Selain itu sebaiknya bunda perhatikan posisi saat menyusui. Posisi saat menyusui harus pas pada bayi dimana seluruh bibir bayi menutup puting dan daerah yang berwarna hitam disekitarnya atau aerola. Cara seperti itu mengakibatkan udara yang masuk pada bayi kecil kemungkinannya.

Jika bayi muntah secara berlebihan segera di tengkurapkan, biarkan udara yang terperangkap pada lambung bayi tersebut ikut keluar selain itu dengan ditengkurapkan juga bisa mencegah cairan masuk ke dalam paru paru bayi.

Yang paling penting sebaiknya bunda tak memberikan ASI terlalu banyak. Lebih baik jika bunda memberikan ASI sedikit demi sedikit kemudian disendawakan kemudian di beri ASI lagi. Cara seperti ini bisa mencegah udara masuk ke dalam lambung bayi.

Jika bunda telah melakukan hal seperti itu dan bayi bunda masih muntah atau gumoh berlebihan sebaiknya segera konsultasi pada dokter.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.