Panduan Ibu Menyusui

Panduan dan tips serta trik seputar ibu menyusui dan Air Susu Ibu dan ASi eksklusif.

Bagi setiap manusia, perjuangan sudah dimulai ketika dari masa penciptaan.

Jutaan sperma hanya akan ada satu yang lulus menjadi janin/bayi. Pada beberapa kasus memang bisa jadi kembar dua pada umumnya dan sekali dua kali terdapat kasus kembar lebih dari dua.

Bayi yang lahir baik normal maupun caesar, membutuhkan ASI untuk bertahan hidup.

Bagi Bunda, menyusui bayi baru lahir dengan aneka situasi dan kondisi juga merupakan perjuangan berikutnya.

Sperma yang berjuang dan berhasil membuahi sel telur, kemudian akan berjuang membesarkan diri di dalam rahim ibunya.

Kemudian selanjutnya akan berjuang untuk lahir ke dunia.

Disamping bayi yang berjuang lahir tentu saja ibu juga berjuang melahirkan.

Perjuangan tentu saja tidak berhenti disini karena masih harus dilanjutkan dengan perjuangan memberikan ASi eksklusif sampai dengan 2 tahun, minima 6 bulan.

Dapatkan aneka cara, tips, trik dan panduan ibu menyusui, ASI eksklusif dan air susu ibu di blog Dunia Bayi.

Apakah Ibu Menyusui Boleh Tidak Puasa Saat Anak Sakit

Apakah Ibu Menyusui Boleh Tidak Puasa – Bolehkan ibu hamil dan menyusui tidak berpuasa? Jika ibu hamil khawatir akan kesehatan dirinya dan anaknya jika ia berpuasa maka ibu hamil diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Namun jika ibu hamil dan menyusui sehat dan merasa mampu menjalankan puasa serta tidak timbul dampak yang buruk terhadap anak yang sedang disusui, maka ia diwajibkannya berpuasa.

Al-Mardawai berkata dalam Al-Inshaf (7/382)

Dimakruhkan berpuasa dalam kondisi seperti ini. Ibnu Aqil menyebutkan, ‘Jika wanita hamil atau menyusui khawatir terhadap kehamilannya dan anaknya saat dia menyusui, maka diharamkan baginya berpuasa, jika tidak khawatir, maka tidak boleh baginya berbuka.”

Jika ibu yang sedang menyusui kekurangan nutrisi, maka ASI yang dihasilkan juga akan rendah gizi. Apa pun yang ibu konsumsi akan terserap oleh tubuh bayi dan berpengaruh terhadap kondisi bayi. Maka jika ibu menyusui berpuasa, saat sahur sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi tinggi agar tidak terjadi kekurangan gizi pada anak.

Saat ibu hamil berpuasa ada beberapa hal yang  harus diperhatikan pada bayi adalah berikut :
1. Bayi rewel dan sering menangis dengan suara melengking menunjukkan ada sesuatu yang ia rasakan

  1. Periksa popok bayi, bayi harus mengeluarkan air seni sebanyak 4 kali setiap hari. Jika kurang dari itu, tandanya bayi dehidrasi.
  2. Perhatikan kotoran bayi, jika warna feses bayi berubah menjadi hijau tua, segera periksakan anak ke dokter.
  3. Perhatikan berat badan bayi, karena kekurangan gizi menyebabkan berat badannya berkurang. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Tips dan Cara Berpuasa Untuk Ibu Menyusui (Apakah Ibu Menyusui Boleh Tidak Puasa?) :

♥ Perbanyak minum air putih yang banyak ketika sahur, berbuka dan di malam hari.

Ibu menyusui tidak boleh dehidrasi karena dehidrasi membuat produksi ASI berkurang. Saat menyusui bayi akan membuat ibu merasa lebih haus sehingga berpuasa saat menyusui memang terasa lebih berat.

♥ Konsumsi makanan bergizi seimbang dalam porsi yang sama dengan saat ketika tidak berpuasa

Ibu menyusui harus tetap menjaga makan dalam jumlah sama seperti ketika tidak berpuasa dan jenis makanan yang beraneka ragam ketika sahur, berbuka dan di malam hari. Usahakanlah makan sahur ketika mendekati imsak dan segerakan untuk berbuka ketika waktu berbuka telah tiba. Pastikan makanan yang dimakan adalah makanan yang bergizi seimbang. Serta perbanyak konsumsi serat seperti sayur dan buah supaya tidak mudah lapar.

♥ Tetap utamakan untuk sering menyusui bayi secara langsung

Ibu yang sedang dalam masa menyusui perlu sekali hisapan bayi yang merupakan cara terbaik untuk memproduksi banyak ASI. Dengan menyusui langsung akan merangsang payudara untuk membuat ASI yang makin banyak.

♥ Hal yang harus dilakukan jika pasokan ASI yang diproduksi menjadi

Pasokan ASI yang berkurang akan membuat bayi rewel. Untuk itu sebaiknya bunda melakukan pemerahan ASI sebelum Ramadhan tiba untuk dijadikan sebagai cadangan jika dikhawatirkan produksi ASI menurun. Tapi yang perlu diingat jangan memberikan ASIP dengan botol dot.

♥ Selalu mengecek tanda kecukupan asupan ASI pada bayi dan kesehatan bayi, terutama jika bayi masih masa ASI eksklusif.

Dehidrasi tidak hanya dialami oleh ibu namun bayi juga bisa dehidrasi dan kekurangan asupan ASI. Tanda bayi dehidrasi yang dimaksud adalah bayi buang air kecil kurang dari 6 kali dalam sehari dengan jumlah urin sedikit serta berwarna kuning pekat. Bayi juga bisa buang air bedar dengan feses keras. Bayi yang mengalami dehidrasi akan menyebabkan bibir bayi kering, kulit bayi kering, bayi lemas, ubun-ubun cekung, air mata kering, nafas cepat dan bayi lemah, demam kadang tangan kaki pucat dingin.

♥ Jaga suhu lingkungan supaya tetap sejuk sehingga mengurangi penguapan cairan tubuh.

♥ Kurangi aktivitas fisik yang tidak perlu untuk menghemat tenaga

Saat berpuasa ibu sebaiknya menghemat tenaga. Lakukanlah aktivitas fisik yang ringan dan perbanyak beristirahat di saat berpuasa.

♥ Jika perlu konsumsi suplemen dan multivitamin tambahan sesuai petunjuk dokter.

Selain niat dan mempersiapkan kondisi tubuh yang baik, jika diperlukan ibu boleh mengkonsumsi suplemen atau vitamin tambahan agar membantu menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa. Lakukan konsultasi dengan dokter jika perlu.

bahaya antibiotik

Hal Yang Harus Bunda Ketahui Tentang Bahaya Antibiotik

Bahaya Antibiotik – Antibiotik dikalangan kita sudah sangat tidak asing lagi, banyak kalangan yang beranggapan bahwa antibiotik dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan melindungi tubuh kit terhadap serangan penyakit. Bahkan saat kita pergi ke dokter ataupun ke apotek pasti dianjurkan untuk meminum antibiotik.  Padahal pada kenyataannya tidak demikian, sebenarnya antibiotik hanya dapat menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh bakteri.

Seperti contoh penyakit yang disebabkan oleh bakteri yaitu tifus, infeksi telinga, tuberkolosis, dan infeksi sinus berat sehingga antibiotik dapat membantu penyembuhan beberapa penyakit tersebut. Namun yang perlu kita tahu bahwa cara kerja antibiotik tidak hanya membunuh bakteri negatif yaitu patogen/penyebab penyakit akan tetapi antibiotk juga dapat membunuh bakteri positif yaitu probiotik, flora normal usus yang dibutuhkan tubuh akan ikut musnah oleh antibiotik.

Kemudian bakteri positif dalam tubuh kita akan berkurang dan secara otomatis imunitas tubuh kita akan menurun. Bayangkan saat tubuh kita sakit dan selalu meminum antibiotik maka tubuh kita akan ketergantungan terhadap antibiotik sebab tubuh sudah tidak memiliki imunitas yang kuat untuk melindungi tubuh kta dari penyakit, maka tubuh akan rentan terhadap penyakit.

Bahaya Antibiotik Jika Dikomsusi Terlalu Sering

Perlu juga kita ketahui bahwa antibiotik tidak dapat mematikan virus yang menyebabkan flu. Gejala infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus yaitu batuk, pilek dan panas. Pada dasarnya flu akan sembuh dengan sendirinya, pemberian antibiotik tidak membuat flu cepat sembuh. Seorang pakar kesehatan menyatakan bahwa “pemberian antibiotik hanya menimbulkan efek plabaso. Untuk menangani virus cukup dengan mengkonsumsi makanan bergizi, istirahat cukup,  dan pemberian obat penurun panas jika suhu tubuh diatas 38,50C.”

Pemberian antibiotik yang tidak tepat justru akan menimbulkan kuman yang resisten. Setiap makhluk dibekali dengan kemampuan bertahan, begitu pula dengan kuman. Jika bakteri atau kuman diserang terus-menerus maka akan tercipta suatu sistem pertahanan diri dengan cara bermutasi atau berubah bentuk sehingga kuman atau bakteri sulit untuk dibunuh oleh antibiotik. Oleh karena itu orang yang sering mengkonsumsi antibiotik maka semakin resisten pula bakteri, kuman, jamur dan parasit dalam tubuh orang tersebut.

Sehingga semula tubuh kita ditempati oleh berbagai bakteri positif yang melindungi tubuh kita akan tergantikan dengan bakteri yang negatif atau jahat. Yang semula jenis bakteri dapat diobati dengan antibiotik yang ringan namun karna penggunaan yang berlebihan maka bakteri tersebut bermutasi dan menjadi kebal, sehingga memerlkukan jenis antibiotik yang lebih kuat. Bila kondisi ini terus-menerus terjadi dan bakteri ini menyebar ke lingkungan sekitar kita maka akan mengakibatkan kondisi dimana tidak ada lagi jenis antibiotik yang dapat membunuh bakteri yang terus menerus bermutasi.

Seperti kembali pada zaman dimana belum ditemukannya antibiotik, berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri akan menular dan tidak dapat diobati sehingga angka kematian akan meningkat drastis. Kemungkinan juga yang dapat terjadi adalah kebutuhan pemberian antibiotik dengan generasi yang lebih berat sehingga menjadikan biaya pengobatan semakin meningkat karena semakin mahal harganya.

Mulai sekarang harus kita sadari dan terapkan bahwa sistem imun sangatlah penting untuk perlindungan tubuh kita sendiri. Dr. Oz seorang ahli bedah amerika mengatakan bahwa “antibiotik akan dapat menimbulkan komplikasi dalam tubuh.” Sekarang sudah banyak pengobatan yang menjurus ke arah pengobatan untuk meningkatkan sistem imun. Mengkonsumsi vitamin, makanan bergizi, antioksidan, dan herbal seperti madu dan lain-lain  adalah langkah yang baik dan tepat dalam mengembalikan dan meningkatkan fungsi sistem imun.

Baca juga : Resep Ramuan Herbal yang Mudah Dibuat Di Rumah

Cara Membuat ASI Segar dan Beberapa Ramuan Pengobatan Alami

Cara Membuat ASI Segar – Penting untuk bunda yang baru saja melahirkan untuk menjaga kesegeran ASI dan membuat ASI supaya lancar. Selain itu bunda juga harus bisa menjaga kesehatan keluarga.

Berikut Ini Adalah Cara Membuat ASI Segar dan Beberapa Ramuan Pengobatan Alami :

★ Melancarkan ASI

Cara membuat ASI segar

ASI Booster Tea – Pelancar ASI

  • Masak daun katuk dan jagung menjadi hidangan sayur bening. Jadikanlah menu masakan setiap hari sampai ASI keluar dan lancar.
  • Meminum ramuan temulawak, cara membuatnya yaitu cuci bersih temulawak lalu blender dengan menggunakan air 100cc lalu saring dan panaskan sampai mendidih. Minum selagi hangat dan boleh menambahkan madu.
  • Atau memakan daun turi muda dengan cara dimasak ataupun dijadikan sayur.

 

★ Cara Menyegarkan ASI

Walaupun ASI sangat terjaga namun juga diperlukan ramuan agar ASI tetap banyak dan segar saat dedek bayi meminumnya. Caranya yaitu ambil daun pepaya yang tidak terlalu tua atau muda juga boleh dengan ukuran sedang, tumbuk hingga halus lalu tambahkan air dingin kemudian peras dan tambahkan sedikit gula pasir. Setelah itu diminum.

★ Cara mengobati sakit perut karena masuk angin

Saat perut sakit karena masuk angin lakukan pengobatan alami ini. Parut jahe lalu gosokkan ke perut hingga merata sambil diurut-urut. Selain itu bakar jahe kemudian memarkan dan seduh dengar air panas boleh tambahkan madu lalu diminum.

Masuk angin ternyata banyak penyebabnya, berikut ini adalah 10 cara mencegah masuk angin.

  1. Minumlah air putih 8 gelas sehari, agar seluruh sistem dan daya tahan tubuh bekerja dengan baik.
  2. Rajinlah mencuci tangan agar mencegah berkumpul dan tersebarnya kuman penyakit.
  3. Menggunakan pakaian hangat saat udara dingin.
  4. Mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.
  5. Sesekali juga konsumsi vitamin C untuk memperkuat kekebalan tubuh terhadap penyakit.
  6. Janganlah menghidup ingus kembali, sebisa buang saja. Tujuannya agar tubuh dibersihkan dari toksin atau racun.
  7. Hindari untuk menyentuh ataupun memegang mata, hidung dan mulut.
  8. Beristirahat dengan cukup.
  9. Meminum susu dapat meningkatkan kadar antibodi dalam air liur manusia dan melindungi tubuh dari penyakit. Sebuah penelitian di Australia di University of South Australia menemukan bahwa meminum susu setiap hari dapat mengurangi resiko flu sampai 30 persen.
  10. Kurangi kontak secara langsung dengan penderita flu atau yang sedang mengalami batuk pilek.

★ Mengobati Disentri

Ada beberapa cara yaitu :

  • Dengan merebus daun jambu biji sampai mendidih, kemudian minum air rebusan tadi 2 kali yaitu pagi dan sore.
  • Rebus kulit manggis dengan 3 gelas air tunggu sampai air menyusut menjadi setengahnya, lalu saring dan diminum setelah dingin. Minum 2 kali di pagi dan sore hari.
  • Atau memakan buah salak yang masih muda.

★ Menghilangkan Caplak

Siapkan kapur sirih, sabun, dan kemangi lalu campur dan tumbuk hingga halus. Kemudian oleskan ke bagian tubuh yang terkena caplak.

★ Menyembuhkan Mimisan

Siapkan daun sirih yang telah dicuci sebelumnya dan orang yang mimisan disuruh untuk berbaring terlebih dahulu. Kemudian gulung daun sirih tadi sampai kecil lalu masukkan ke dalam lubang hidung yang sedang mimisan dan kepalanya dikompres dengan handuk yang telah dibasahi.

 

★ Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi sebaiknya rajin mengonsumsi buah yang dapat menurunkakan tekanan darah tinggi seperti semangka dan melon. Bisa juga dengan membuat ramuan herbal untuk tujuan pengobatan yaitu dengan menyiapkan 21 lembar daun alpukat kemudian direbus dengan 9 gelas air, tunggu sampai mendidih dan tersisa 3 gelas. Minumlah ramuan tersebut 3 kali sehari.

★ Mengobati Reumatik

Cara membuat ramuannya yaitu dengan menyiapkan beberapa lembar daun ubi kayu lalu tumbuk sampai halus, setelah itu tambahkan sedikit kapur sirih. Kemudian gosokkan ramuan tersebut ke tempat yang sakit. Lalukan terus berulang kali sampai sembuh.

★ Menyembuhkan Sesak Nafas

Sesak nafas ringan dapat disembuhkan dengan meminum air hangat yang telah dicampur dengan cengkih. Dengan kehendak Allah jika rutin meminumnya maka akan segera sembuh.

★ Mengobati Sakit Pinggang

Sekarang sakit pinggang tidak hanya dialami pada usia diatas 40an namun usia yang masih muda pun dapat mengalaminya jika tidak menjaga kesehatan dan pola makan yang baik. Jika sudah terjadi maka anda dapat membuat ramuan herbal untuk mengobatinya.

  • Siapkan 20 lembar daun alpukat yang sudah dicuci bersih.
  • Rebus dengan 4 gelas air atau 250 cc, tunggu sampai mendidih dan air tersisa setengahnya.
  • Lalu saring,jadikan 2 gelas dan minum airnya pada pagi dan sore hari.

★ Mengobati Wasir

Cara membuat ramuannya :

  1. Ambilah segenggam akar pohon cemara, lalu cuci.
  2. Rebus dengan 1 liter air.
  3. Tambahkan gula aren dan garam dapur.
  4. Kemudian minum setiap pagi dan sore sebanyak 1 gelas.

★ Cara Menghilangkan Cacing Kremi

Cukup dengan membuat ramuan herbal dari perasan air wortel, santan kental, dan sedikit garam dapur. Kemudian diminum, Insya Allah cacing kremi akan lenyap.

★ Menyembuhkan Penyakit Tipes

Caranya dengan membakar cacing tanah secukupnya sampai gosong, lalu tumbuk sampai halus dan tambahkan dengan 1 sendok makan kopi bubuk. Kemudian seduh dengan air panas dan tambahkan 1 sendok madu. Minum kurang lebih 3 hari berturut-turut.

Manfaat Strawberry Untuk Kesehatan dan Perawatan Kulit Setelah Melahirkan

Manfaat Strawberry – Buah strawberry merupakan buah kaya akan manfaat bukan hanya untuk kesehatan namun juga sangat bagus untuk perawatan tubuh.

Berikut Adalah Manfaat Strawberry Untuk Perawatan Kecantikan :

  1. Dapat Memperbaiki Kulit
  • Strawberry mempunyai kandungan Vitamin C bermanfaat untuk memperbaiki jaringan yang terlibat dalam pembuatan kolagen dan memperbaiki kerusakan kulit.
  • Kolagen larut dalam air dan vitamin ini tidak dapat disimpan dalam tubuh dan harus disediakan dari sumber makanan.
  1. Mampu Membersih Kulit
  • Asam salisilat dalam buah ini dapat menghilangkan sel-sel kulit mati pada wajah dan mampu mengecilkan pori-pori.
  • Ekstrak stroberi sering digunakan sebagai bahan pembersih kulit seperti sabun wajah dan masker wajah karena selain mengandung vitamin C, asam salisilat buah ini juga mempunyai kandungan antioksidan dan exfoliant.
  • Asam ellagic merupakan antioksidan yang memerangi kerusakan kulit dan mempertahankan keremajaan kulit. Semua kandungan tersebut bermaanfaat untuk membersihkan dan melindungi kulit dari polusi
  1. Toner Kulit
  • Buah Strawberry juga dapat digunakannya sebagai toner untuk menghilangkan kerut. Caranya membuatnya menjadi jus dan tambahkan dua sendok teh ekstrak strawberrydengan 50 ml air mawar dan dinginkan di kulkas dapat disimpan selama 10 hari.
  1. Mengurangi Kantung Mata

Caranya yaitu :

  • Potonglah buah strawberry menjadi irisan tipis
  • Kemudian letakkan irisan stroberi di bawah mata selama 10 sampai 12 menit.
  • Setelah itu cuci wajah dengan air dingin sebelum tidur
  1. Kondisioner Alami

Strawberry membuat rambut bersinar.

Cara membuatnya :

  • Haluskan 7 sampai 8 buah strawberry dan tambahkan 1 sendok makan mayones lalu aduk.
  • Oleskan ke rambut dan kulit kepala lalu diamkan selama 15 sampai 20 menit.
  • Bilas rambut dan keramas seperti biasa
  1. Scrub Kaki

Pada saat hamil biasanya tumit kaki akan mengalami tumit pecah-pecah dengan melakukan scrub strawberry ini akan menghilangkan kulit pecah-pecah pada permukaan kaki.

Caranya yaitu :

  • Tumbuk dan haluskan 6 sampai 8 buah strawberry lalu campurkan dengan beberapa tetes gliserin dan gandum
  • Kemudian rendam kaki dalam air hangat selama 10 menit dan gosok kaki dengan lembut untuk mengelupaskan sel-sel mati dan kulit kasar.
  • Setelah itu cuci bersih kaki dengan air dingin dan juga oles kaki dengan krim kaki agar lebih maksimal.

Serta Berikut Ini Adalah Beberapa Manfaat Strawberry Bagi Kesehatan Tubuh :

  1. Strawberry dapat menyembuhkan gejala stroke
  2. Strawberry mengandung zat anti alergi dan anti radang
  3. Strawberry dapat menyusutkan kadar kolestrol
  4. Dapat membantu melumpuhkan kerja aktif kanker karena mengandung asam ellagic
  5. Vitamin yang terkandung dalam buah strawberry sangat bermanfaat bagi pertumbuhan anak
  6. Strawberry mengandung sedikit gula sehingga cocok untuk menjadi santapan yang sedang melaksanakan program diet
  7. Mampu melawan encok dan radang sendi
  8. Dapat memutihkan dan membersihkan gigi
  9. Dapat menghaluskan kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah dan bersih, juga dapat menghilangkan keriput
  10. Strawberry memiliki konsentrasi tujuh zat antioksidan lebih tinggi dibandingkan dengan buah ataupun sayuran lainnya, sehingga efektif untuk mencegah proses oksidasi akibat radikal bebas dan bertanggung jawab pada proses penuaan.
  11. Dengan memakan 8 buah strawberry perhari akan mencukup vitamin C pada orang dewasa dan juga kebutuhan serat akan terpenuhi
  12. Selain buahnya ternyata daun stawberry juga dapat menghentikan serangan diare dengan mengkonsumsinya tigga sampai empat gelas perhari.

Khasiat Sayuran Taoge, Kacang Panjang dan Kentang Dapat Menghilangkan Jerawat

Khasiat sayuran yang sangat bermanfaat bagi tubuh menjadikannya salah satu makanan 4 sehat 5 sempurna. Oleh karena itu si kecil harus diajarkan untuk menyukai sayur sejak dini agar mereka mendapatkan manfaatnya.

Selain khasiat sayuran untuk menjaga kesehatan ternyata ada juga beberapa sayuran yang dapat menghilangkan jerawat pada wajah seperti berikut ini :

TAOGE

khasiat sayuran

Taoge merupakan sayuran yang berasal dari kecambah kacang hijau dan kedelai yang mengandung senyawa fitokimia yaitu sejenis asam amino yang dapat mematikan sel kanker leukimia, usus besar dan pankreas serta mampu menjaga keasaman lambung dan melancarkan pencernaan. Karena taoge membantu menguras kotoran dalam usus besar dengan kandungan serat dan air.

Untuk penderita jantung dan stroke sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur taoge ini karena terdapat zat antibakteri yaitu saponin yang mampu membangkitkan sistem kekebalan tubuh dengan cara menggenjot aktivitas pembuluh alami yaitu sel T-Limfosit atau zat antibodi dan interferon yaitu protein kecil anti virus.

Taoge juga dipercaya dapat mencegah penuaan karna sarat dengan DNA dan mengandung zat antioksidan yang dapat melindungi dari radikal bebas perusak sel DNA. Selain itu taoge juga sangat bagus kecantikan yaitu membantu memeremajakan dan menghaluskan kulit, mengempeskan jerawat, menghilangkan flek hitam, melangsingkan tubuh dan menyuburkan rambut.

Diatas usia 30 kepadatan tulang pastinya akan terus berkurang, namun jangan terlalu dikhawatirkan karena dengan memakan taoge dipercaya mampu mencegah osteoporosis dengan kandungan estrogen alami yang terdapat didalam taoge ternyata berfungsi sama dengan estrgen sintesis. Khasiat taoge yang sangat umum kita ketahui yaitu taoge dapat meningkatkan kesuburan karena mengandung vitamin-E yang tinggi dan dapat melindungi sperma dari radikal bebas.

KACANG PANJANG

Kacang panjang mengandung klorofil, betakarotin, pektin serta vitamin B1 dan B2 selain itu terdapat juga kandungan gizi berupa vitamin A, Vitamin C, protein tiamin, riboflavin, zat besi, fosfor, magnesium, potasium folat, kalori, mangan, karbohidrat, kalsium dan sodium. Kacang panjang berkhasiat untuk mengatasi hipertensi, mengendalikan kadar gula darah, memperkecil risiko stroke dan serangan jantung, menurunkan risiko kanker, meningkatkan fungsi organ pencernaan, bersifat diuretic atau peluruh kencing tingkat sedang, dan membantu mengatasi sembelit.

Sayuran ini juga bermanfaat untuk menjaga kulit dari gangguan jerawat, mengatasi diare, eksim, gatal-gata, dan membantu memulihkan luka bakar. Juga dapat mengobati penyakit reumatik, arthritis, gangguan kemih,saluran kencing dan meningkatkan fungsi limpa karena mengandung antioksidan, antivirus dan antibakteri. Juga yang tidak kalah penting kacang panjang dapat meningkatkan fungsi sel darah merah, menyembuhkan demam, beri-beri, kurang darah dan mengatasi sakit pinggang.

Bahkan menurut penelitian lainnya sayuran kacang panjang ini dapat menghancurkan batu ginjal, meningkatkan penyatuan DNA & RNA, mencegah kelainan antbodi, meningkatkan nafsu makan dan mengurangi pembengkakan.

KENTANG

Kentang adalah salah satu sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan kulit dan sudah banyak digunakan sebagai masker ataupun lulur. Karena kentang dipercaya dapat memutihkan dan melembutkan kulit. Selain itu manfaat untuk kulit lainnya yaitu dapat menghilangkan minyak pada wajah dan jerawat karena terdapat kandungan potasium dan Vitamin C yang sangat cocok untuk perawatan kulit.

Cara mengaplikasikan pada wajah yang berminyak yaitu kupas dua buah kentang lalu diparut dan kemudian dioleskan pada wajah hingga rata, biarkan selama setengah jam sampai mengering lalu bilas dengan air dingin. Sedangkan untuk kulit berjerawat yaitu iris tipis satu buah kentang dan tempelkan ke seluruh bagian wajah, biarkan hingga mengering dan berwarna keabuan setelah itu bilas dengan air dingin.

Bagi bunda yang sering mengeluhkan mata lelah dan bengkak serta noda hitam pada wajah dapat dihilangkan dengan menggunakan kentang dan apabila dicampurkan dengan krim bisa memperlambat munculnya kerut di muka. Cara untuk menghilangkan bengkak pada mata yaitu dengan memarut kentang dan masukkan ke dalam kain tipis yang bersih kemudian kompreskan ke bagian kelopak mata.

Selain baik untuk perawatan kulit, menurut penelitian kentang juga berkhasiat dapat menyembuhkan beberapa penyakit diantaranya jus kentang mentah dapat membantu mengurangi penyakit yang berkaitan dengan sendi-sendi atau arthritis dan rematik dan juga berbagai penyakit yang disebabkan karena salah urat atau terkilir ataupun luka-luka kecil bahkan luka bakar dapat diringakan dengan menggunakan kentang caranya dengan menempelkan irisan kentang pada luka selama 15 menit.

Bahkan vitamin C nya  juga dapat menghilangkan kutil dengan mengoleskan potongan kulit mentah pada kutil. Kandungan vitamin C pada kentang tidak mudah hilang setelah dimasak  karena kentang dikelilingi oleh sari pati. Dalam kentang terdapat kandungan atropine yang membantu mengurangi asam lambung dan mengurangi sakit pada lambung. Lysine yang terdapat pada kentang juga sangat bermanfaat dalam pertumbuhan badan dan otak. Tapi perlu juga diingat walaupun kentang memiliki kandungan kalori yng cukup rendah ternyata kentang juga dapat menyebabkan kegemukan karena terdapat kandungan Glycemic Index.

Khasiat Jamur dan Bayam Ternyata Dapat Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Khasiat jamur dan bayam memang sudah tidak diragukan lagi, berikut adalah penjelasannya, yuk disimak…

Khasiat JAMUR

khasiat jamur

Jamur merupakan satu-satunya sayuran yang tidak mengandung klorofil. Namun tahukah bunda walaupun ia tidak mengandung klorofil tapi mempunyai khasiat yang besar bagi tubuh kita. Jamur memiliki berbagai jenis dan tentu saja semuanya mempunyai khasiat masing-masing diantaranya.

Jamur Merang, jamur ini mengandung antiobiotik yang berguna untuk mencegah anemia, mencegah penyakit kanker dan dapat menurunkan darah tinggi. Jamur merang mempunyai penawar racun yang dikenal dengan Eritadenin.

Jamur Kuping, berbentuk seperti telinga dan mempunyai lendir yang berkhasiat untuk menetralkan racun yang terdapat dalam bahan makanan serta mampu membuat sirkulasi darah menjadi lancar sehingga jangtung tidak bekerja terlalu keras.

Jamur Kancing, khasiat dari jamur kancing yaitu mampu mengurangi resiko penyumbatan pembuluh darah koroner pada penderita hipertensi dan jantung akibat kolesterol. Manfaat lainnya jamur ini juga dapat digunakan sebagai bahan untuk pembuatan kosmetik dan obat penghalus kulit.

Jamur Tiram, adalah sumber nabati yang tidak mengandung kolesterol. Berkhasiat untuk mencegah timbulnya penyakit jantung dan hipertensi, serta dapat mengurangi berat badan, diabetes, menyembuhkan anemia, mencegah kekurangan zat besi dan sebagai anti tumor.

Khasiat BAYAM

Bayam merupakan salah satu tamanan hijau yang mengandung zat besi yaitu mineral. Kandungan mineral ini sangat penting terutama bagi wanita karena wanita berisiko mengalami kekurangan zat besi saat sedang haidh dan juga dapat mencegah anemia. Namun zat besi dalam bayam tidak mudah diserap oleh tubuh, oleh karena itu sebaiknya masak bayam bersamaan dengan sayuran lainnya yang mengandung vitamin C.

Khasiat bayam lainnya yang sangat luar biasa yaitu dapat membantu melindungi otak dari tekanan oksidatif dan penurunan fungsi otak karena peninggakatan usia. Peneliti Barat telah mengkaji bahwa dengan memakan tiga hidangan sayuran hijau setiap hari dapat menghambat kemerosotan mental yang disebabkan oleh peningkatan usia. Selain itu sayur bayam juga berkhasiat untuk mencegah hilangnya penglihatan yang diakibatkan karena faktor bertambahnya usia, katarak, mencegah penyakit kanker dan mencegah bayi lahir cacat.

Sayuran bayam juga mengandung antioksidan yaitu vitamin A dan C bagi perlindungan kardiovaskular yang bertindak untuk mengurangi radikal bebas dalam tubuh. Folat dan magnesium yang terdapat dalam bayam juga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah dan melindungi dari penyakit jantung.

Selain orang dewasa, vitamin A pada bayam sangat diperlukan untuk pembentukan paru-paru pada janin dan juga diperlukan untuk ibu pada masa menyusui serta folat dalam bayam juga sangat diperlukan untuk pertumbuhan janin dalam kandungan yaitu untuk pembentukan sistem saraf yang lengkap. Mencegah kecacatan seperti bibir sumbing atau spin bifida karena kekurangan folat.

Baca juga : Makanan penambahh ASI

 

Perawatan Tubuh dan Organ Kewanitaan Setelah Melahirkan Agar Tetap Mempesona

Perawatan Tubuh Setelah Melahirkan sangat perlu dilakukan oleh setiap wanita karena setelah melahirkan tubuh kita pasti mengalami perubahan yang sangat drastis. Walaupun sudah mempunyai anak wanita juga mendapatkan hak untuk memiliki tubuh yang bagus seperti sebelum menikah.

Berikut Ini Beberapa Tips dan Cara Perawatan Tubuh Setelah Melahirkan :

Gunakan Lulur atau Body Scrub

Pasca melahirkan tubuh bunda pasti mengalami perubahan hormon yang berbanding terbalik dari saat belum hamil ataupun melahirkan. Hal yang paling terlihat yaitu terjadi perubahan pada warna kulit. Biasanya menjadi hitam dibagian-bagian tertentu seperti perut, paha, tumit dan leher atau bahkan ada juga yang sampai mengalami perubahan kulit menjad hitam secara menyeluruh.

Oleh karena itu dengan cara lulur ini diharapkan dapat mengembalikan warna kulit menjadi seperti semula bahkan lebih halus, mulus dan sehat. Tidak ada salahnya saat sedang hamil bunda menjaga kesehatan kulit dengan melakukan lulur setiap seminggu sekali, namun gunakanlah produk yang aman untuk digunakan saat sedang hamil.

Untuk hasil yang lebih baik lagi selain lulur, lakukan juga massage. Massage bisa dilakukan dengan memakai krim anti stretch mark pada bagian yang mengalami stretch mark seperti bagian perut, lengan, paha dan payudara. Saat melakukan lulur akan menimbulkan rasa rileks, pilihlah aroma lulur yang segar.

Melakukan Pemijatan dengan Massage Oil

Pemijatan dilakukan bertujuan untuk mengembalikan otot-otot yang tegang dan kelelahan fisik setelah melahirkan ataupun saat masa menyusui menjadi normal. Pemijatan dilakukan pada bagian telapak kaki, paha, bagian pantat, punggung sampai dengan panggul. Pijat dengan menggunakan massage oil atau minyak pijat yang beraroma segar agar menambahkan rasa rileks.

Mandi dengan Menggunakan Rempah-Rempah

Setelah melakukan pemijatan dengan menggunakan massage oil hal yang dapat dilakukan selanjutnya adalah dengan mandi menggunakan rempah-rempah yang bertujuan untuk menghangatkan tubuh dan mengangkat minyak bekas massage tadi. Rempah yang digunakan antar lain yaitu kencur, jahe, lemon, kayu manis dan sebagainya yang dapat menghangatkan dan mengangkat minyak ditubuh.

Namun bagi bunda yang baru saja habis melahirkan sebaiknya jangan mandi, hanya cukup dilap saja. Sedangkan untuk bunda yang melahirkan dengan cara Caesar, diperbolehkan mandi dengan rempah-rempah ini setelah plester dibuka atau minimal 2 minggu setelah operasi.

Pemakaian Gurita dan Tapel Perut untuk Mengecilkan Perut

perawatan tubuh setelah melahirkan

Pemakaian gurita atau stagen berfungsi untuk membantu mengecilkan perut dan rahim, menahan otot-otot perut, serta menghindari dari peregangan piggul akibat peregangan saat hamil. Namun banyak orang yang percaya mitos bahwa menggunakan gurita atau stagen tidak ada gunanya, tapi tahukah bunda bahwa itu mitos itu salah.

Karna nyatanya banyak wanita yang menyesal dan mengeluh akibat tidak menggunakan gurita setelah melahirkan perut mereka menjadi melar bahkan bukan cuma perut yang melebar tapi juga pinggul dan organ intim pun jadi ikut melar. Oleh karena itu jangan ragu untuk menggunakan gurita ataupun stagen, jika bunda ingin hasil yang maksimal sebaiknya saat menggunakan gurita atau stagen tambahkan juga tapel perut. Tapel perut yaitu ramuan khas jawa yang terbuat dari bahan tepung beras, kapur sirih, air limau nipis, kencur, dan kayu manis yang bermanfaat untuk menghangatkan dan dipercaya efektif untuk mengurangi selulit dan juga stretch mark di perut.

Yang perlu bunda ketahui juga setelah satu tahun melahirkan biasanya otot-otot perut akan menjadi kaku dan tidak selembut saat sehabis melahirkan oleh karena itu akan sangat sulit mengembalikan bentuk tubuh menjadi ramping kembali. Maka dari itu sebaiknya setelah melahirkan gunakanlah gurita minimal 2 bulan pemakaian.

Pemakaian Pilis di Dahi

Pilis merupakan ramuan yang terdiri dari tepung beras yang dicampurkan dengan ramuan herba seperti kencur, kunyit, kenanga,daun pudina, halba, kapur sirih, air limau nipis dan sebagainya.

Gunanya untuk membantu menghangatkan bagian disekitar mata dan kepala agar darah putih tidak naik, mata tidak lamur dan menghindari rasa pening di kepala. Gunakanlah ramuan ini sehabis mandi 2 x sehari sampai 40 hari setelah melahirkan.

Pemakaian Parem di Kaki

Param yaitu ramuan yang biasa dibalurkan ke bagian tubuh kecuali bagian payudara dan perut yang terdiri dari beras yang direndam dan dicampur dengan bahan-bahan seperti kencur, sirih, halia, cendana, bawang putih, kunyit, kulit limau purut, dan beberapa jenis herba lagi.

Bertujuan untuk mengurangi resiko kram, kaki bengkak dan rasa lelah dibagian kaki akibat proses kehamilan juga membantu menghangatkan kaki sehingga aliran darah menjadi lancar.

Penggunaan Ratus Spa

Perawatan ratus spa dilakukan dengan penguapan ramuan tradisional pada organ kewanitaan agar diharapkan dapat membunuh kuman-kuman karna akibat terlalu lama memakai pembalut saat masa nifas.

Penggunaan metode ratus ada dua macam yaitu dengan penguapan dari ratus rebus atau pengasapan memaka ratus dupa. Pemakaian ratus spa ini juga dapat dilakukan dengan cara membasuh organ kewanitaan dengan rendaman ratus rebus.

Menggunakan Ratus Wangi Gondog untuk Menjaga Kesehatan Kewanitaan

Tanaman ratus wangi gondok ini adalah ramuan peninggalan nenek moyang yang dipercaya sangat ampuh dan mujarab khasiatnya.

Cara penggunaanya :

  • Pertama, cuci bahan terlebih dahulu
  • Kedua, rebuslah dengan menggunakan 1 liter air sampai mendidih
  • Ketiga, air rebusan dibasuhkan ke organ kewanitaan selagi hangat

Gunakanlah 3x sehari.

Makanan yang Mencegah Kulit Keriput dan Beberapa Tips Mengatasi Berbagai Keluhan Wanita

Makanan Pencegah Kulit Keriput – Keriput merupakan proses yang wajar dialami oleh setiap wanita yang memasuki usia kepala 3. Walaupun usia semakin bertambah sebaiknya kecantikan harus tetap dijaga dari dalam, karena bukan hanya cantik yang didapat tapi juga kesehata.

Berikut ini adalah makanan pencegah kulit keriput agar tampak kencang dan mempesona :

Buah Jeruk dan Anggur

makanan pencegah kulit keriput

Seperti yang kita tahu buah jeruk merupakan buah yang mengandung vitamin C yang tinggi dan merupakan antioksidan yang baik. Selain kandungan tersebut, juga mempunyai serat protein yang baik dan bisa membantu menjaga kolagen yang bisa menghentikan kulit dari kekenduran.

Kulit akan menjadi tampak segar dan menarik, untuk itu sering-sering mengkonsumsi buah jeruk dan anggur untuk mencegah dan memperlambat keriput pada pertengahan usia 30 tahun.

 

Tomat, Semangka dan Ubi Jalar

Ketiga buah tersebut selain enak untuk dimakan tapi juga dapat bermanfaat untuk kecantikan karena dapat membuat kulit menjadi kenyal. Dengan kandungan antioksidannya yang tinggi bermanfaat bisa mencegah efek radikal bebas.

Ikan Air Tawar, Salmon, Tuna, Sarden dan Kerang

Ikan merupakan hewan yang mempunyai kandungan omega-3 tertinggi. Saat memakannya  selain kita mendapatkan rasanya yang enak sekaligus juga mendapatkan manfaat yang bagus untuk kulit. Karena kandungan omega-3 pada ikan dapat melawan perdangan kulit, dapat meremajakan kulit dan mencegah terbakarnya kulit akibat sinar matahari.

Protein yang ada didalamnya juga dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit mati serta membuat enzim dan hormon yang membantu agar kulit tetap tampak bersinar.

Teh Hijau

Dalam teh terdapat kandungan EGGG yaitu antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kulit yaitu diantaranya menegah timbulnya jerawat dan penuaan kulit yang berhubungan dengan sinar matahari. Selain itu juga dapat mencegah terjadinya kanker kulit.

Bayam, Brokoli dan Lobak

Sayuran ini memiliki kandungan vitamin A yang bermanfaat untuk mendukung pergantian sel kulit. Karna jika tubuh kita kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kulit kering, kasar dan bersisik.

Banyak selaki masalah yang sering dikeluhkan oleh para wanita diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Resep Pelangsing Badan

Tumbuhan herbal yang dibutuhkan yaitu daun kemuning, daun jati belanda, dan kunci pepet masing-masing sebanyak 20gr. Kemudian rebus semua bahan tersebut dengan 4 gelas air dengan api kecil. Tunggu sampai tersisa separuh setelah itu minum tiap pagi dan sore hari.

2. Mengecilkan Perut Buncit

Perut yang buncit sering kali membuat bunda tidak percaya diri bukan? Apalagi setelah melahirkan rata-rata para bunda akan mengalami perut buncit. Berikut adalah tips untuk mengecilkan perut yang buncit :

  • Pertama, perbanyak mengkonsumsi buah yang beserat
  • Kedua, perbanyak minum air putih
  • Ketiga, perhatikan cara makan yaitu makan dengan perlahan-lahan
  • Keempat, waspada dengan pengobatan yang sedang dilakukan dan berusahalah agar buang air secara teratur.

3. Menghilangkan Selulit

Selulit merupakan lemak yang terperangkap dibagian tubuh manusia biasanya muncul pada bagian paha, perut dan bokong sehingga menimbulkan gumpala-gumpalan kecil yang terlihat seperti kulit jeruk. Namun jangan khawatir ternyata serbuk kopi dapat digunakan untuk selulit.

Kandungan kafein dalam kopi mampu melebarkan pembuluh darah sehingga sirkulasi dan aliran darah, serta mengurangi kadar penimbunan air yang menyebabkan terdorongnya lemak ke kulit dan membentuk selulit.

Cara membuatnya :

Gunakan ampas kopi yang masih hangat lalu campurkan dengan 1 sendok makan minyak zaitun kemudian balurkan dengan menggunakan handuk kecil dan pijat-pijat pada bagian yang berselulit. Lakukan hal ini seminggu 2 kali.

4. Mengatasi Kulit Siku yang Kering

Yang harus dilakukan yaitu ambil dan iris tipis lemon kemudian gunakan bagian tengahnya, lalu tempelkan pada gula pasir halus. Kemudian gosokkan secara perlahan pada kulit siku, lakukanlah secara rutin 2-3 kali seminggu.

Jangan lupa juga untuk mengoleskan pelembab kulit secara rutin.

5. Cara Menghilangkan Kerutan Wajah

Bahan yang digunakan :

  • 1 buah kelapa yang sudah tua
  • 1 liter air bersih

Cara membuatnya :

  • Parut kelapa lalu campur dengan air sedikit demi sedikit hingga mengeluarkan santan.
  • Santan kemudian dipanaskan selama 5 jam dan sambil terus diaduk
  • Setelah itu air dan minyak akan terpisah sehingga akan menguap hingga habis
  • Saring minyak  dan simpan dalam botol kaca yang bersih dan steril
  • Gunakan minyak tersebut sebagai lotion wajah pada malam hari.

6. Menghilangkan Flek Hitam

Cara Pertama : Ambil sehelai daun nangka yang sudah agak tua dan berwarna hijau pekat lalu lumatkan dengan sedikit air. Sebelumnya bersihkan wajah dahulu lalu gosokkan daun tersebut pada wajah. Setelah mengering bersihkan wajah dengan air hangat. Lakukanlah seminggu 2 kali.

Cara Kedua : ambil segenggam beras kemudian tumbuk bersamaan dengan kayu manis bubuk dan sangrai sampai berwarna kekuningan, lalu diamkan hingga dingin. Kemudian gosokkan pada wajah secara merata, fokuskan pada noda hitam. Lakukanlah hal ini secara rutin seminggu 2 kali.

Cara Ketiga : tumbuk atau parut 1 biji pinang yang sudah tua dan berikan sedikit air, lalu peras dan saring parutan tersebut. oleskan pada wajah yang bernoda, oleskan setiap pagi hari dan malam hari.

Baca juga : cara membuat masker wajah alami

 

12 Cara Membuat Masker Alami Untuk Perawatan Wajah ( Rahasia Cantik Alami )

Cara Membuat Masker Alami – Wajah merupakan bagian tubuh yang sangat dijaga oleh para wanita, karena wajah adalah bagian pertama kali dilihat jika bertemu dengan seseorang. Oleh karena itu banyak sekali rahasia cantik alami yang dapat dilakukan untuk merawat kulit wajah agar tampak segar dan bersinar.

Seperti contohnya adalah masker wajah, kini masker wajah adalah salah satu cara yang ampuh untuk memperhalus kulit wajah dan mengatasi berbagai masalah kulit wajah.

Langsung saja kita simak cara membuat masker alami, apa saja yang dapat dijadikan masker dan cara membuatnya.

1.Masker madu

Manfaat madu memang sudah tidak diragukan lagi, selain bagus untuk kesehatan tubuh dan menambah stamina tubuh. Madu juga sering digunakan dalam hal perawatan kecantikan. Salah satunya dalam dijadikan masker, madu dapat membuat kulit wajah menjadi halus, terasa kenyal dan kencang serta segar. Caranya cukup mengoleskannya ke wajah yang sudah dibersihkan, bisa juga dicampur dengan telur atau mentimun.

2. Masker telur

Telur mempunyai khasiat untuk mengencangkan dan menghaluskan kulit. Cara membuatnya sangat mudah, cukup sediakan 1 butir telur lalu kocok dengan sedikit air dan madu. Setelah itu aplikasikan ke kulit wajah dengan menggunakan kuas khusus untuk masker. Lalu biarkan mengering selama 15 menit dan bilas dengan handuk basah.

3. Marker yoghurt

Bahan yang terbuat dari susu fermentasi ini sangat bagus dan dipercaya untuk perawatan kecantikan. Manfaatnya untuk masker wajah adalah dapat melembabkan dan membersihkan kulit wajah.

Cara membuatnya yaitu, sediakan mangkuk lalu tuangkan yoghurt ke dalamnya dan tambahkan sedikit madu kemudian aduk sampai tercampur rata. Setelah itu balurkan pada wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit. Setelah selesai bilas dengan menggunakan air hangat. Bunda dapat melakukannya sebanyak 3 kali seminggu dan dapatkan hasil kulit wajah yang halus dan selembut sutera.

4. Masker apel

Buah apel ternyata cocok digunakan untuk kulit wajah yang berminyak. Caranya membuatnya yaitu, ambil 1 buah apel dan potong-potong lalu masukan ke dalam blender higga halus dengan menggunkan air. Hasilnya dapat dibalurkan ke wajah yang sudah dibersihkan secara merata. Diamkan selama 20 menit kemudian bersihkan wajah dengan air.

5. Masker kulit jeruk

Kulit jeruk dapat mengatasi kulit wajah yang kusam. Caranya yaitu tusuk-tusuk kulit jeruk dengan garpu ataupun tusukan gigi kemudian masukkan kulit jeruk tersebut ke dalam air hangat dan rendamlah selama semalaman. Setelah itu basuhkan air rendaman tersebut pada wajah yang telah dibersihkan, kemudian keringkan dengan handuk. Masker ini berfungsi untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati di wajah.

6. Masker mengkudu

Mengkudu biasa digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Tapi kini kita dapat membuatnya sebagai masker untuk perawatan kulit wajah.

Caranya yaitu :

  1. Mengkudu yang sudah matang dikupas sampai bersih dan blender
  2. Campurkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok makan putih telur, dan aduklah sampai rata
  3. Setelah itu oleskan pada wajah dan tunggu sampai mengering selama 30 menit
  4. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat setelah itu bilas lagi dengan menggunakan air dingin.

Gunakan masker ini seminggu 1-2 kali untuk mendapatkan hasil yang bagus.

7. Masker pepaya

Pepaya juga bermanfaat sebagai detoksifikasi yang dapat meremajakan kulit wajah dari dalam. Saat dibuat masker dapat berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mencegah kerut pada wajah. Kadar vitamin C pada buah pepaya yaitu 48 kali lipat dari buah apel.

Cara membuatnya yaitu :

  1. Haluskan pepaya
  2. Campurkan 1 sendok madu
  3. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit
  4. Kemudian bilas hingga bersih.

Lakukan hal ini 2 minggu sekali untuk hasil yang maksimal.

8. Masker mentimun

12 Cara Membuat Masker Alami

Cara membuatnya :

  1. Haluskan mentimun yang sudah dicuci bersih dengan cara diparut,
  2. Tambahkan 1 butir telur (ambil putihnya saja),
  3. Campur hingga rata, kemudian oleskan pada wajah dan leher
  4. Tunggu selama 15 menit
  5. Setelah itu bersihkan dengan air bersih.

Lakukan hal ini seminggu sekali dengan rutin.

9. Masker jeruk nipis

Untuk kulit yang berminyak dan berjerawat dapat menggunakan masker ini sebagai salah satu solusinya.

Cara membuatnya :

  1. Sediakan 1 buah jeruk nipis
  2. Cuci bersih dan iris menjadi 2 bagian
  3. Peras airnya, dan gunakan ampasnya untuk digosok-gosokan ke wajah yang sudah dibersihkan
  4. Biarkan selama 10 menit
  5. Bilas dengan air dingin.

10. Masker buah melon

Manfaat masker melon yaitu mendinginkan kulit yang terbakar sinar matari dan sangat cocok untuk bunda yang sering kerja diluar lapangan. Karena melon mengandung zat astrigent yang sangat bermanfaat sebagai tonik.

Caranya :

  1. Iris tipis melon
  2. Kompreskan pada wajah yang telah dibersihkan
  3. Biarkan selama 20 menit
  4. Kemudian bilas.

11. Masker teh

Teh sudah sangat dikenal sebagai salah satu rahasia kecantikan di jepang terutama teh hijau. Selain bagus untuk kesehatan juga bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit.

Cara membuat masker teh yaitu :

  1. Sediakan teh celup atau teh tubruk
  2. Seduh dengan air hangat, kemudian diamkan teh selama semalaman
  3. Pagi harinya gunakan teh basi yang sudah didiamkan selama semalaman untuk mencuci wajah
  4. Gosokkan ke wajah dengan lembut, dan diamkan sebentar
  5. Kemudian bilas dengan air bersih

Selain airnya, kantung teh atau daun teh yang telah direndam juga dapat digunakan untuk mata agar terlihat segar. Masker ini dapat gunakan pada jerawat yang tidak bernanah.

12. Masker pisang

Cara membuatnya :

  1. Sediakan 1 buah pisang ambon kemudian lumatkan
  2. Tambahkan minyak zaitun yang telah ditim
  3. Aduk hingga rata
  4. Oleskan pada wajah dengan rata
  5. Tunggu hingga mengering dan bilas dengan air.

Lakukan hal ini rutin setiap hari, maka kulit wajah akan tampak cantik dan lebih halus.

Baca juga : Resep Ramuan Herbal Untuk Kesehatan

pemberian kolostrum

Pentingnya Pemberian Kolostrum Setelah Melahirkan Agar Kebutuhan Gizi Bayi Tercukupi

Pemberian Kolostrum Penting Setelah Melahirkan Agar Gizi Bayi Tercukupi

 

 

Mungkin masih banyak ibu yang belum tahu apa itu kolostrum, jika sudah tahu mungkin bunda tidak akan melewatkan pemberian kolostrum ini untuk bayi bunda.

Kolostrum adalah cairan berwarna kekuningan yang keluar pertama kali sebelum ASI. Di minggu-minggu terakhir kehamilan hingga waktunya melahirkan, kolostrum sudah diproduksi oleh tubuh ibu.

WHO sangat merekomendasikan pemberian kolostrum sebagai makanan pertama bagi bayi yang baru lahir karena komposisinya yang ideal. Kolostrum tidak hanya memenuhi kebutuhan gizi bayi yang baru lahir, tetapi juga melindungi bayi karena bersifat mengaktivasi sistem imun.

Jika bunda ingin tahu apa saja kandungan yang terdapat dalam kolostrum

Yuk simak baik-baik ya bunda…

Kolostrum mengandung kadar protein yang tinggi, vitamin larut lemak, mineral, antioksidan, dan immunoglobulin.

Imunoglobulin adalah antibodi yang didapat bayi dari ibu dan memberikan imunitas pasif pada bayi. Imunitas pasif ini dapat melindungi bayi dari bahaya penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus.

Kolostrum juga secara natural bersifat laksatif sehingga membantu melancarkan pencernaan bayi.

Fungsi kolostrum bagi kesehatan bayi yaitu :
• Membantu menguatkan sistem imun bayi yang baru lahir.
• Memiliki kandungan protein yang tinggi dan berkualitas, rendah gula, kaya akan lemak baik dan vitamin.
• Jumlah kandungan zat gizi nya pas dan sesuai untuk bayi sehingga mudah dicerna oleh perut bayi yang baru lahir.
• Membentuk lapisan pada perut bayi yang dapat mencegah menempelnya patogen penyebab penyakit seperti bakteri dan virus.
• Bersifat laksatif, membantu pencernaan bayi untuk mengeluarkan meconium (feses pertama yang berwarna gelap)
• Membantu mencegah sakit kuning pada bayi dengan cara mengeluarkan zat-zat sisa berbahaya dari tubuh bayi.
• Memberikan zat gizi yang cukup dan dibutuhkan oleh bayi untuk perkembangan dan pertumbuhan otak, mata, dan jantung bayi.

Apa kerugiannya jika bunda melewatkan pemberian kolostrum??

Pemberian kolostrum idealnya diberikan langsung atau beberapa jam segera setelah lahir, tetapi terkadang ada beberapa keadaan yang mengharuskan ibu atau bayi menerima perawatan setelah proses kelahiran sehingga menyebabkan bayi tidak dapat langsung menerima kolostrum atau ASI. Mungkin ada juga kondisi medis tertentu yang menyebabkan ibu tidak bisa segera langsung menyusui bayinya.

Bunda jangan kecewa karna hal ini dapat disiasati dengan pemerahan sebelum melahirkan yaitu kira-kira pada minggu-minggu terakhir kehamilan atau di atas minggu ke-32.

Kondisi seperti apa yang memerlukan pemerahan kolostrum sebelum melahirkan?

Beberapa keadaan dimana Bunda mungkin perlu memerah kolostrum sebelum kelahiran untuk menunjang kebutuhan asupan bayi yaitu:

  • Jika bayi mengalami kelainan kongenital seperti misalnya Down syndromeatau komplikasi jantung.
  • Jika ada keturunan alergi terhadap protein susu sapi atau diabetes tipe 1, maka Anda mungkin ingin meminimalisir penggunaan susu formula. Sehingga, ada baiknya ibu menyiapkan kolostrum terlebih dahulu sehingga setelah proses kelahiran, bayi bisa segera menerima kolostrum.
  • Jika ibu menderita diabetes selama proses kehamilan, karena bayi yang lahir dari ibu dengan diabetes cenderung memiliki risiko menderita kadar gula darah rendah (hipoglikemia) pada 24 jam setelah kelahiran. Bayi membutuhkan kolostrum dengan segera untuk menjaga kadar gula darah.
  • Jika bayi dilahirkan melalui operasi caesaratau lahir prematur. Meskipun dalam proses kelahiran caesar pelaksanaan inisiasi menyusui dini masih mungkin dilakukan, tetapi besar kemungkinannya ibu akan segera dipisahkan dari bayi. Untuk itu akan lebih baik ibu memerah kolostrum terlebih dahulu agar bisa segera diberikan pada bayi.
  • Jika ibu menderita hypoplasia payudara (suatu keadaan yang menyebabkan pertumbuhan payudara menjadi terbatas) atau jika ibu sebelumnya pernah menjalankan operasi di area payudara.
  • Jika bayi menderita kelainan pada mulut dan sudah terdeteksi semenjak kehamilan. Bayi mungkin akan sulit untuk langsung mengisap dari puting ibu sehingga lebih mudah untuk memberikan kolostrum hasil perahan.
  • Jika bayi yang lahir kembar, tentu agak sulit untuk langsung menyusui lebih dari satu bayi pada saat yang bersamaan.

Tahap Pemberian ASI Eksklusif Untuk Pertumbuhan Gizi Anak

Bagaimana Tahap Pemberian ASI Eksklusif ???

Saat bayi pertama kali lahir akan sangat membutuhkan sang ibu lebih tepatnya tubuh sang ibu,bayi akan membutuhkan kehangatan tubuh ibu dan akan mencium bau tubuh ibunya itulah cara pertama kali bayi mengenali ibunya.

Pada menit-menit kelahirannya juga dilakukan inisiasi menyusu dini (IMD) termasuk dalam pedoman Golden Standard of Infant Feeding oleh WHO dan Unicef sejak 2002 dengan cara menelungkupkan bayi ditubuh sang ibu dan membiarkan bayi mencari payudara ibunya untuk menyusu.

Selanjutnya ASI dapat diberikan kapanpun saat bayi ingin menyusu tanpa harus dibatasi, berikanlah ASI secara eksklusif maksudnya hanya ASI saja yang diberikan tanpa disertai makanan atau cairan meskipun hanya air putih, hingga bayi menginjak usia 6 bulan.

Bunda baru boleh memberikan bayi Bunda MPASI setelah usia 6 bulan karena ASI saja tidak mampu memenuhi kebutuhan gizi bayi dan sistem metabolisme tubuh bayi sudah sempurna untuk memproses makanan yang dimakannya tapi berikan makanan tahap demi tahap ya bun.

Contohnya pada awal MPASI berikanlah makanan dalam bentuk makanan lumat pada usia 6-9 bulan,kemudian makanan lembek pada usia 9-12 bulan, setelah diatas usia 12 bulan bayi bunda boleh memakan makanan dalam bentuk padat seperti nasi putih seperti yang kita makan.

Tentunya kita tau kandungan didalam ASI sungguh sangat luar biasa selain merupakan makanan terbaik untuk bayi 0-6 bulan. Berikut beberapa kandungan dalam ASI yang sangat bermanfaat :

  1. ASI mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh kembangnya sejak sejak lahir hingga usia 6 bulan.
  2. Ketika tubuh ibu merangsang adanya patogen (virus/bakteri) ASI memproduksi zat antibodi yang spesifik terhadap kuman tersebut sehingga menciptakan perlindungan terhadap bayi berdasarkan apa yang terjadi pada tubuh ibunya.
  3. Tidak ada ASI yang menimbulkan alergi
  4. ASI bisa mencegah obesitas
  5. Struktur ASI paling mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi.

Baca juga Pentingnya ASI untuk Bayi, Selain ASI mempunyai manfaat seperti yang dijelaskan diatas. Bunda juga jadi tahu dan tidak akan menyia-nyiakan masa-masa saat menyusui.

Tahukah Bunda..kalau posisi menyusui yang tepat juga mempengaruhi keluarnya ASI??

Agar bayi mendapatkan ASI yang cukup maka bayi harus menghisap areola yaitu daerah sekitar puting yang berwarna kehitaman atau kecoklatan. Jika yang dihisap adalah puting bukannya ASI yang akan keluar tetapi akan menyebabkan lecet, perih dan sakit pada puting ibu.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah :

  • Buat tubuh bunda senyaman mungkin, badan tidak tegak atau tegang
  • Pilih tempat yang memiliki sandaran seperti sofa atau tempat tidur. Bunda juga dapat menggunakan bantal untuk menyusui agar agar lebih nyaman dan tangan bunda tidak pegal saat menyangga tubuh bayi.
  • Gendong bayi dengan posisi menyamping dan tempatkan tubuh bayi menghadap payudara bunda dengan menggunakan tangan bagian siku bunda dan telapak tangan menyangga pantat bayi.
  • Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kepala bayi jangan sampai kepala bayi mendongak atau terlalu miring saat menghisap areola.
  • Bunda sebaiknya menangkupkan seluruh bagian dari area puting dan areola (bagian hitam disekitar puting) masuk kedalam mulut bayi.

Pemberian ASI Eksklusif

Tanda-tanda kalau bayi telah cukup ASI

  • Pada saat menyusu bayi mengisapnya secara berkelanjutan atau terus menerus
  • Bunda mendengar suara bayi meneguk pada saat menyusu
  • Bunda merasakan sensasi yang berbeda saat ASI mengalir keluar
  • Dan setelah bayi kenyang, maka bayi bunda akan terlihat tenang, nyaman dan puas.
  • Setelah diamati selama satu minggu berat badan bayi akan semakin bertambah sekitar 20-30 g per harinya.
  • Dalam jangka waktu usia bayi 3 bulan berat badan bayi akan bertambah perbulannya sekitar 600 g- 1,3 kg
  • Feses bayi akan berwarna kuning diakhir minggu pertama
  • Dan biasanya bayi buang air kecil bisa lebih dari 6 kali perhari pada akhir minggu pertama.