10 Manfaat Menakjubkan Pentingnya ASI Bagi Bayi

pentingnya asi bagi bayi

10 Manfaat Menakjubkan Pentingnya ASI Bagi Bayi

10 Manfaat Menakjubkan Pentingnya ASI Bagi Bayi – ASI eksklusif adalah sumber makanan utama bagi bayi sebelum dia berusia 6 bulan. Sayangnya, banyak wanita, khususnya yang baru saja melahirkan, enggan memberikan ASI eksklusif kepada bayinya.

Banyak alasan yang dikemukakan, seperti khawatir payudara menjadi kendur, kuantitas ASI kurang banyak, bahkan ada pula yang beralasan bahwa bayinya tidak suka ASI.

Perlu Bunda ketahui bahwa alasan-alasan tersebut kurang tepat.

Selain membahayakan kesehatan sang buah hati, tidak memberikan ASI eksklusif sesaat setelah bayi dilahirkan juga akan memengaruhi kesehatan sang bunda.

Pemberian ASI eksklusif banyak manfaatnya, lo. Apa saja sih manfaat-manfaatnya?

Manfaat Pentingnya ASI Bagi Bayi:

  1. Menyempurnakan Proses Pencernaan Makanan pada Bayi

Sistem pencernaan bayi yang baru lahir belumlah sempurna. Komposisi ASI sangat tepat untuk sistem pencernaannya. ASI mudah dicerna dan membantu si bayi untuk menyempurnakan sistem dan proses pencernaan makanan.

  1. Menambah Kekebalan Tubuh Bayi

ASI memiliki kandungan antibodi bagi bayi. Dengan memberikan ASI eksklusif, maka Anda telah membantu bayi untuk menambah kekebalan tubuhnya. Bayi yang memiliki kekebalan tubuh yang baik akan terhindar dari beragam penyakit.

pentingnya asi bagi bayi

Toko Dunia Bayi menyediakan aneka perlengkapan ibu menyusui. Harga murah & Free Ongkir. 0812 8931 8696

  1. Bayi akan Memiliki Berat Badan Ideal

Banyak yang menyatakan bahwa bayi yang menerima ASI eksklusif memiliki berat badan yang kurang. Maka, ada anggapan bahwa bayi sebelum 6 bulan boleh diberi tambahan minuman, misal susu formula.

Namun, anggapan tersebut salah. Pemberian ASI eksklusif justru akan membuat bobot bayi menjadi ideal dan menghindarkannya dari kegemukan.

  1. Memperkuat Tulang Bayi

Tulang yang kuat dan sehat merupakan salah satu tanda tumbuh kembang yang baik. Agar memiliki tulang yang sehat dan kuat, bayi perlu menerima ASI eksklusif selama 6 bulan sejak dia dilahirkan.

  1. Mendekatkan Hubungan antara Ibu dan Bayinya

Ketika menyusui, hubungan antara ibu dengan bayi bisa semakin dekat. Kedekatan ini akan memengaruhi tingkah laku si bayi ketika besar hingga dewasa kelak, lo.

  1. Mengurangi Stres pada Ibu

Seorang ibu biasanya merasa nyaman ketika sedang menyusui anaknya. Hal ini bisa mengurangi tingkat kecemasan pada ibu, lo. Jadi, selain bermanfaat bagi bayi, memberikan ASI eksklusif juga bermanfaat untuk sang ibu.

  1. Menurunnya Risiko Terkena Kanker bagi Ibu

Manfaat Pentingnya asi bagi bayi Manfaat lain yang bisa diambil oleh para ibu adalah menurunnya risiko terkena kanker. Seperti yang telah banyak diberitakan, kanker adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan mengancam nyawa.

Memberikan ASI eksklusif bisa menekan produksi estrogen si ibu. Oleh karena itu, ibu menyusui bisa terhindar atau memiliki kemungkinan yang kecil untuk terkena penyakit kanker.

  1. Sebagai Kontrasepsi Hormonal yang Alami

Memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan bisa mengacaukan kesuburan Anda. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk mengatur jarak kelahiran anak.

  1. Mengurangi Risiko Terkena Osteoporosis pada Ibu

Osteoporosis adalah keadaan tulang yang menjadi keropos dan lapuk. Kepadatan mineral pada tulang akan kembali normal jika Anda memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan.

10. Menghemat Pengeluaran Ibu

Kita tidak bisa memungkiri bahwa harga susu formula melambung tinggi. Selain harganya yang mahal, susu formula tidak memiliki manfaat yang baik untuk perkembangan bayi.

Agar menghemat pengeluaran dan membantu bayi Anda bertumbuh kembang, maka memberikan ASI eksklusif bisa menjadi solusinya.

Nah, itulah 10 manfaat hebat pentingnya ASI bagi bayi yang bisa Anda dapatkan dari pemberian ASI ekskusif. Jadi, apakah Anda masih ragu memberikan ASI eksklusif kepada bayi Anda? Jangan ragu lagi, banyak manfaat yang sudah menanti, lo.

 

 

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.