Apa Yang Bunda Persiapkan Saat Menjelang Hari Raya Lebaran??

idul fitri

Apa Yang Bunda Persiapkan Saat Menjelang Hari Raya Lebaran??

Tips dan Persiapan Lebaran Untuk Bunda yang Mempunyai Anak Kecil – Tentunya Bunda sudah mempersiapkannya dari jauh-jauh hari ya Bun? Mulai dari baju baru, sandal atau sepatu baru juga makanan apa yang disiapkan saat lebaran tiba. Pasti sudah banyak kue kering juga ya Bun..hihi. Apalagi Bunda yang ingin pulang kampung..pasti banyak banget perlengkapan atau bingkisan yang dibawa.

Tapi terlepas dari itu mau yang mudik ataupun yang tidak bisa mudik semoga kita semua selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT. karna makna lebaran sesungguhnya bukanlah tentang baru baru ataupun sepatu baru. Makna lebaran sesungguhnya adalah kita yang bisa berkumpul bersama keluarga dan sesama umat muslim merayakan hari kemenangan dan saling berjabat tangan seraya saling memaafkan atas salah dan khilaf dimasa lalu yang mungkin telah menyakiti hati sesama umat muslim karna dengan bersalaman atau berjabat tangan dengan sesama muslim akan menggugurkan dosa-dosa kita, Amiin..

Merayakan Hari Kemenangan setelah kita berjuang menahan hawa nafsu kita selama di bulan Ramadhan, tentunya anak-anak kita juga ikut belajar berpuasa bukan? maka dari itu ajarkan juga kepada anak kita bahwa inilah bukti kebesaran Allah bahwa setelah kita bersusah payah melawan hawa nafsu selain tidak makan dan minum saat saur sampai tiba waktunya berbuka Allah telah menjanjikan Hari Kemenangan untuk umatnya yang telah berhasil.

Kita juga dapat mengajarkan anak kita untuk saling bersilahturahmi dan mengenal saudara kita yang dekat maupun yang jauh, Bunda juga boleh memberikan reward ataupun hadiah untuk si kecil karna ia telah berhasil menjalankan ibadah di bulan Ramadhan walaupun memang tidak semuanya penuh tapi itu sudah sangat bagus. Jadi anak akan semakin semangat untuk selalu beribadah bukan hanya di bulan Ramadhan saja ya Bunda 🙂

Nah, Apa sih yang harus Bunda persiapkan saat menjelang lebaran?

  1. Zakat Fitrah / Zakat Mal

Zakat Fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan saat menjelang lebaran, zakat fitrah harus dikeluarkan sejumlah 3,5 liter beras per orangnya atau kalau pakai uang bisa dijumlahkan saja sesuai harga berasnya. Ingat, anak yang masih bayi juga wajib di fitrah ya Bunda.

Zakat mal bisa keluarkan sesuai ketentuan yang sudah ada, atau bisa tanyakan ke amil zakat yang ada disekitar Bunda.

2. Kesehatan Keluarga

Kesehatan sangat penting terutama jika Bunda yang mempunyai Bayi dan anak yang masih sangat kecil jika memang dirasa sanggup menempuh perjalanan jauh dibolehkan untuk mudik tapi jika Bunda merasa khawatir tentang kesehatan anak karna belum siap berpergian jauh yang menghabiskan waktu berjam-jam diperjalanan sebaiknya tidak usah.

Persiapkanlah bekal yang sehat untuk si anak, gunakan carseat untuk tempatnya duduk agar terasa nyaman dan aman karna carseat sudah dirancang khusus untuk keperluan anak.

3. Pilihlah Hari Tepat Sebelum Meningkatnya Arus Mudik

Disarankan untuk memilih mudik dari jauh-jauh hari atau seminggu sebelum lebaran, atau kalau tidak bisa karna ada urusan pekerjaan pastikanlah bekal yang dibawa cukup dan selalu mempersiapkan perlengkapan P3K ataupun vitamin agar stamina tetap terjaga.

Demikian sedikit tips dari Dunia Bayi tentang persiapan lebaran, jangan lupa untuk selalu menaati lalu lintas agar selamat sampai tujuan dan selalu waspadai kejahatan.

Mohon maaf selama lebaran Toko Dunia Bayi Tutup Sementara

Mulai dari 24 -30 Juni 2017 dan

Buka kembali pada tanggal 01 Juli 2017

“Minal aidin wal faidzin” “Mohon Maaf Lahir dan Batin”

Persiapan Lebaran

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.