Resep Makanan Balita

Resep Makanan Balita

Resep Makanan Balita

Resep makanan balita – Periode balita adalah usia 1 sampai dengan 5 tahun.

Setelah memasuki usia 1 tahun pertumbuhan mulai melambat dan seiring dengan itu kebutuhan zat gizi per kg berat badan pun menurun dibandingkan dengan bayi.

Secara umum, penyelenggaraan makanan untuk balita hampir sama dengan orang dewasa mencakup jenis dan cara pengolahan bahan makanan.

Syarat Resep Makanan Balita

Salah satu permasalahan utama yang sering terjadi pada pemberian makan anak yang masih balita adalah menurunnya nafsu makan si buah hati.

Anak balita lebih rewel saat makan dan kerap menolak makanan yang diberikan oleh orang tuanya.

Oleh sebab itu dalam memberi makanan kepada balita perlu taktik dan teknik tersendiri.

  • Suhu. Mulut balita lebihProducts sensitif dibandingkan dengan mulut orang dewasa. Oleh sebab itu suhu makanan hangat-hangat kuku resep makanan balitalebih baik dibandingkan dengan makanan yang mempunyai suhu panas.
  • Waktu Makan. Pengaturan waktu makan balita akan dapat memelihara kecukupan asupan gizi bagi balita. Untuk itu berikan makanan 5-6 kali waktu terdiri dari 3 kali makanan utama dan 2-3 kali makanan selingan.
  • Porsi Makan. Balita mempunyai kapasitas lambung yang kecil. Oleh sebab itu porsi makanan yang bisa ditolelir adalah porsi yang kecil saja. Untuk melengkapi kebutuhan gizi balita berikanlah makanan antara 3-4 jam dengan porsi yang kecil saja namun padat akan gizi.
  • Jenis Makanan. Pemberian makan utama dengan diselingi camilan akan membantu mencegah balita dari gejala kelelahan dan nafsu makan balita terkontrol dengan baik. Namun jika makanan sampingan yang diberikan tinggi gula selera makan anak pada saat makanan utama akan turun.
  • Warna Makanan. Makanan yang diberikan kepada balita harus mempunyai warna yang lebih menarik dan atraktif untuk meningkatkan selera makan balita. Makanan disajikan dengan warna menarik lengkap dengan alat penyajian yang didesain dengan gambar maupun bentuk yang disukai dan telah dikenal oleh balita.
  • Tekstur Makanan. Proses pengunyahan balita belum berkembang dengan baik layaknya orang dewasa sehingga makanan yang sulit dicerna seperti daging atau sayuran yang mempunyai serat tinggi tidak cocok diberikan untuk balita.

Demikian taktik dan teknik yang perlu diperhatikan dalam Resep Makanan Balita agar balita suka dan mau makan makanan yang telah dibuatkan. Semoga bermanfaat

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.