4 Dasar Pendidikan Bagi Anak Yang Harus Dikembangkan

4 Dasar Pendidikan Bagi Anak Yang Harus Dikembangkan

4 Dasar Pendidikan Bagi Anak – Pada dasarnya pendidikan meliputi 4 hal yaitu pendidikan kecerdasan dan kepintaran, pendidikan kepribadian, pendidikan keterampilan dan pendidikan kesehatan.

4 dasar pendidikan

Berikut Ini Adalah 4 Dasar Pendidikan Yang Harus Dikembangkan :

1. Pendidikan kecerdasan atau kepintaran

Cerdas yang dimaksud adalah cakap dalam mengatasi masalah atau kesulitan-kesulitan dan juga pintar yaitu dapat mengusai pengetahuan. Bunda dan ayah dapat mendidik dengan hal ini sejak anak mulai dapat mereaksi rangsangan.

2. Pendidikan kepribadian

Pendidikan kepribadian terdiri dari pendidikan kemauan, kata hati dan perasaan. Untuk pendidikan kemauan dapat dilatih dengan cara membiarkan anak berusaha sendiri dan jangan terlalu banyak atau terlalu sering memberikan pertolongan. Serta menanamkan cita-cita sesuai dengan profesi yang mereka sukai.

Pendidikan perasaan yaitu memberikan penghayatan terhadap perbuatan yang dapat menimbulkan perasan seperti contoh menanamkan rasa cinta kepada hewan dan tanaman. Serta menanamkan rasa mengagumi keindahan dengan memperkenalkannya dengan musik ataupun melihat pemandangan.

Pendidikan kata hati adalah pendidikan yang mengembangkan suatu kemampuan jiwa untuk menetapkan sesuatu harus dilakukan atau tidak. Hal ini dapat dibentuk dengan latihan dan juga penjelasan mengenai baik atau buruk.

3. Pendidikan keterampilan

Keterampilan tidak hanya berasal dari kreatif tangan, tapi juga merupakan keterampilan seluruh anggota tubuh misalnya terampil dalam berbicara, berjalan yang baik dan terampil dalam menampilkan diri serta masih banyak lagi. Tidak jarang anak menjadi canggung karena kurang diberi kesempatan untuk mencoba.

Contohnya ketika anak tidak dapat meraih sesuatu dari tempat yang lebih tinggi darinya sampai ia berjinjit-jinjit, tetapi kemudian bunda mengambil alih untuk mengambilkan barang tersebut. Dengan begitu anak tidak dapat belajar dan menjadi kecil hati karena ia tidak dapat berusaha sendiri.  Perlu diingat yang terpenting adalah kita sebagai orang tua harus memberikan contoh dan kesempatan anak untuk mencoba.

4. Pendidikan kesehatan

Pendidikan kesehatan mewakili 2 hal yaitu makanan sehat dan olahraga. Sejak kecil biasakan anak untuk mengkonsumsi makanan 4 sehat, 5 sempurna agar anak tidak mudah mengalami alergi.

Selanjutnya perkenalkan anak dengan berbagai macam cabang olahraga. Karena dengan berolahraga yang baik akan meningkatkan bermacam-macam kemampuan seperti kekuatan, koordinasi, daya tahan, kelincahan dan keseimbangan.

Baca juga : cara membentuk mental pada anak

Share this post

Comment (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.