Cara Mudah Meningkatkan Kecerdasan Anak Sejak Usia Dini

Cara Mudah Meningkatkan Kecerdasan Anak Sejak Usia Dini

Cara Mudah Meningkatkan Kecerdasan Anak – Masing-masing anak memang mempunyai tingkat kecerdasan yang berbeda-beda. Setiap orang tua tentu saja menginginkan dikaruniai anak yang mempunyai kecerdasan tinggi, namun hal itu tidak belum tentu sesuai dengan kenyataan. Saat keinginannya tidak sesuai dengan kenyataan banyak orang tua yang menjadi putus asa, sedih, bingung ataupun panik.

Kemudian banyak orang tua yang menanyakan apakah kecerdasan anak dapat ditingkatkan? Bagaimana caranya?

Dulu orang mengira bahwa kecerdasan anak adalah bawaan dari lahir dan tidak dapat diubah-ubah. Anggapan itu mempunyai arti bahwa kita tidak dapat melakukan apa-apa lagi terhadap kecerdasan anak. Namun para psikologi dan para ahli pendidikan menyatakan bahwa anggapan tersebut tidak benar dan tidak sesuai dengan kenyataan.

Dari hasil penelitian ternyata kecerdasan anak dapat ditingkatkan yaitu pada umur 4 tahun pertama dan yang teristimewa yaitu pada tahun pertama. Karena pada tahun pertama itulah waktu yang paling tepat untuk meningkatkan kecerdasan anak. Pada laboratium pendidikan di Washington D.C. pernah dilakukan sebuah penelitian terhadap dua kelompok anak dan rata-rata umur mereka masih 15bulan.

Pada kelompok pertama yaitu setiap hari diajak bermain dan berbicara, sedangkan pada kelompok kedua tidak dilakukan ajakan bermain dan berbicara. Ternyata setelah 21 bulan terdapat hasil yang mengejutkan, rata-rata IQ pada kelompok pertama 17 kali lebih tinggi dibandingkan rata-rata IQ pada kelompok kedua.

Dilakukan juga percobaan semacam ini pada anak yang rata-rata berumur 3 atau 4 tahun dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama setiap hari secara intensif diberikan pelajaran bahasa, sedangkan kelompok kedua seperti biasa tidak diberikan. Setelah 4 bulan, ternyata hasilnya rata-rata IQ kelompok pertama 14 kali lebih tinggi dibandingkan kelompok kedua.

Serta menurut Benjamin S. Bloom, dalam bukunya Stability and Change in Human Characteristic yaitu pertumbuhan kecerdasan terjadi pada waktu anak berusia 1 tahun. Kemudian pada usia 4 tahun, anak telah memiliki kecerdasan 50% dari kecerdasan yang akan dimilikinya.

Bloom juga mengajukan tiga macam usaha untuk meningkatkan kecerdasan anak seperti berikut :

  1. Memberikan rangsangan untuk berpikir

Rangsangan dari luar akan membentuk pola pikir anak, jika pola pikir anak terbentuk dengan baik maka akan memperlancar cara berpikir anak. Lakukan rangsangan seperti, memberikan mainan yang berwarna menyala, yang bergerak-gerak sehingga anak dapat mengikuti pergerakan mainan tersebut dan memberikan bunyi-bunyian yang dipindah-pindahkan untuk melatih pendengaran anak.

2. Memberikan persiapan kecakapan membaca

Anak umur 3 atau 4 tahun memang belum bisa diajari membaca namun mereka sudah dapat diajari dengan persiapan membaca. Dengan memberikan pelajaran dengan cara membacakannya cerita atau mengenalkannya dengan nama-nama huruf.

3. Mengajarkan bahasa

Perkembangan membaca akan berjalan sesuai dengan perkembangan pikir anak. Anak yang perkembangan atau penguasaan bahasa yang cepat sudah dapat dipastikan adalah anak yang tergolong cerdas. Dalam perkembangan pola pikir yang tidak kalah penting adalah mengajarkan bahasa. Perlu diingat juga ketika mengajarkan bahasa pada anak haruslah menggunakan bahasa yang betul dan jelas. Jangan kita ikut menggunakan basaha anak seperti “kita andi yuk” yang maksudnya adalah “kita mandi yuk”. Karena cara seperti itu akan membuat mnghambat perkembangan bahasa.

Baca juga : meningkatkan bakat dan minat anak

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.