Inilah Daftar 10 Makanan Penambah ASI Yang Sangat Bagus

Inilah Daftar 10 Makanan Penambah ASI Yang Sangat Bagus

Inilah Daftar 10 Makanan Penambah ASI

Hingga berusia 6 bulan, makanan pokok bagi bayi adalah ASI. ASI sangat penting bagi kesehatan, kecerdasan, dan kekebalan tubuh bayi. Namun, bagaimana jika produksi ASI Anda kurang banyak?

Jika ASI kurang banyak, maka kebutuhan ASI bayi Anda pun kurang terpenuhi. Untuk meningkatkan produksi ASI, ada banyak cara yang bisa Anda tempuh.

Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan penambah ASI. Ya, beberapa makanan ternyata bisa memperbanyak produksi ASI Anda, lo.

Daftar 10 Makanan Penambah ASI yang Bisa Anda Konsumsi:

  1. Daun Katuk

Makanan Penambah ASI

Daun katuk memiliki bentuk yang mirip dengan daun bayam. Sayur yang berwarna hijau ini merupakan makanan penambah ASI yang sudah terkenal. Daun katuk memang memiliki beberapa kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk menambah jumlah ASI.

Daun katuk sangat nikmat jika dijadikan isian sup bening, lo. Jadi, jika Anda ingin menambah produksi ASI, makanan penambah ASI yang satu ini layak untuk Anda coba.

  1. Daun Bayam

daun bayam

Hampir sama dengan daun katuk, daun bayam memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi ibu menyusui. Sayur yang mudah didapatkan ini ternyata menjadi salah satu makanan penambah ASI yang digemari.

Namun, Anda perlu mengingat bahwa jika Anda memasak sayur bayam, maka Anda tidak boleh memanaskannya lagi, karena hal tersebut memicu terbentuknya zat yang berbahaya bagi tubuh.

  1. Pepaya

pepaya

Semua bagian dari pohon pepaya, kecuali pohonnya, bisa Anda gunakan sebagai makanan penambah ASI. Anda bisa mengonsumsi buah pepaya yang sudah matang atau memasak bunga dan daunnya.

  1. Wortel

wortel

Wortel dikenal memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Namun, ternyata wortel bisa Anda gunakan untuk menambah kuantitas ASI, lo. Agar lebih efektif, wortel sebaiknya dikonsumsi dalam bentuk jus rendah gula.

  1. Biji Jintan Hitam

biji jintan hitam

Biji jintan hitam banyak ditemukan di toko jamu atau obat tradisional. Biji jintan hitam ternyata termasuk dalam salah satu daftar makanan penambah ASI. Tenang saja, biji jintan hitam aman untuk ibu menyusui, kok.

  1. Daun Kemangi

daun kemangi

Daun kemangi biasanya disajikan sebagai lalapan mengiringi beberapa olahan makanan. Daun kemangi memiliki aroma khas yang segar. Rasanya pun tak kalah segar. Ternyata, daun kemangi bisa Anda gunakan untuk memperbanyak ASI juga.

  1. Sayur Pare atau Peria

pare

Mungkin, tidak banyak orang yang menyukai sayur pare karena rasanya yang pahit. Namun, di balik pahitnya rasa sayur pare, ternyata sayur ini bisa Anda gunakan untuk memperbanyak ASI.

Ada cara mudah untuk mengurangi rasa pahit pada sayur pare, lo. Caranya, belah pare menjadi dua bagian. Bersihkan bagian dalamnya dan cuci bersih. Kemudian, iris tipis-tipis. Lumuri irisan pare dengan garam dan remas-remas hingga keluar airnya.

Kemudian, Anda bisa mencucinya dengan air hingga bersih. Sekarang, pare siap untuk dimasak dan rasa pahitnya akan berkurang.

  1. Kacang Mete

kacang mete

Kacang mete dikenal sebagai camilan yang lezat. Di balik kelezatan mete, ternyata terkandung beberapa nutrisi penting untuk ibu menyusui, lo. Kacang mete termasuk dalam salah satu makanan penambah ASI yang lezat.

  1. Jagung Manis

jagung manis

Ternyata, kandungan protein dan karbohidrat dalam jagung manis bisa membantu Anda dalam memperbanyak ASI. Sebaiknya, konsumsilah jagung manis dengan cara direbus atau dibuat sup.

  1. Labu

labu

Segala macam labu, misalnya labu siam dan labu kuning, bisa Anda gunakan untuk memperbanyak ASI. Selain kuantitas ASI yang meningkat, labu juga bisa menghilangkan keluhan sembelit.

Nah, itu tadi daftar 10 makanan penambah ASI yang bisa Anda konsumsi. Selain mengonsumsi makanan-makanan tersebut, jaga pola makan, pola tidur, haya hidup, dan kesehatan, ya.

Keyword: ibu menyusui, makanan penambah ASI

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.