Mengembangkan Bakat Anak dan Membangkitkan Minat Anak

Mengembangkan Bakat Anak dan Membangkitkan Minat Anak

Mengembangkan Bakat Anak – Ahli ilmu jiwa anak dari Italia bernama Maria Montessori menulis adegan antara anak dan ibu. Seorang anak sedang mencoba mengisi air ke dalam ember dengan menggunakan kaleng kecil. Mengambil airnya pun dari tempat yang agak jauh sehingga untuk membuat embernya penuh harus menunggu lama.

Melihat hal tersebut, sang ibu tidak sabar dan segera membantu mengisi air dengan menggunakan ember lain sehingga dengan sekali tuang saja air sudah penuh. Sang ibu mengira dengan begitu anaknya pasti senang, tapi justru sang anak malah menangis dengan kencang dan meminta ibunya supaya ember dituang kembali.

Dari adegan diatas dapat dilihat bahwa sebenarnya sang anak tidak hanya menginginkan embernya penuh, tetapi ia menginginkan embernya penuh dengan usahanya sendiri. Sama seperti kehidupan sehari-hari yang ada di sekitar kita, orang tua suka tidak sabar dan kurang teliti sehingga sering kali mengambil alih kesulitan yang dialami anak.

Tahukah bunda, bahwa hal ini tidak disukai oleh sang anak. Karena yang dirasakan oleh sang anak adalah sebuah penghinaan. Dengan mengambil alih kesulitan anak tentu tidak akan mengembangkan pikiran maupun jasmani sang anak.

Untuk mengenali minat anak dalam tradisi biasanya anak akan diberikan beberapa mainan dan berbagai pelaratan yang mewakili sebagai profesi dan membiarkan sang anak yang mengambil sendiri yang menjadi pilihannya. Ternyata hal itu juga terdapat dalam pepatah pendidikan seperti berikut : “Pekerjaan yang dilakukan seseorang ketika dewasa adalah yang dimainkannya waktu kecil”.

Namun pepatah ini tidak sepenuhnya benar, akan tetapi apa yang dimainkan seseorang ketika masih kecil menjadi peran penting ketika kelak dewasa. Seperti contoh : Anak ketika masih kecil suka bermain dan menjadi pemimpin bagi teman-temannya, ketika dewasa tidak heran bahwa ia akan menjadi pemimpin pula. Contoh lainnya yaitu anak yang suka mengutak-atik mesin mobil mainannya bisa jadi kelak dewasa akan menjadi ahli permesinan.

Ini terbukti bahwa pada dasarnya seseorang akan senang melakukan pekerjaan yang menjadi minatnya. Ketika dewasa mereka akan memikirkan harus mencari makan, sehingga minat yang mereka miliki dilakukan untuk menghasilkan uang. Pekerjaan yang dilakukan sesuai minat maka dapat berkembang dengan baik dan mencapai prestasi yang tinggi karena didasari kegemaran.

Apakah minat bawaan dari lahir atau merupakan bakat?

Agar lebih mudah memahaminya simak contoh berikut ini. Seorang anak yang baru saja bisa mengendarai sepeda kemudian dibalap oleh temannya yang lebih dulu bisa mengendarai sepeda. Timbullah rasa kesal dan jengkel karena kejadian tersebut, kemudian anak itu berlatih terus menerus dan sungguh-sungguh.

Sampai akhirnya ia bisa membalap dan mendahului temannya itu. Dari kejadian tersebut ia bertekad dan bercita-cita sebagai pembalap motor jika sudah besar nanti. Tentu saja cita-cita tersebut akan terwujud jika ia memiliki kecermatan, kelincahan, serta mental yang kuat. Beberapa hal tersebut dapat digolongkan sebagai bawaan sejak lahir sedangkan niat dan dorongan atau rangsangan dari luar adalah minat yang ditimbulkan.

Jadi cara untuk menimbulkan minat anak yaitu : Memberikan rangsangan, Memberikan pujian dan dorongan. Setelah minat anak mulai timbul maka orang tua harus mendukungnya dengan fasilitas yang diperlukannya. Namun perlu diingat ya bunda, bahwa sebaiknya minat harus sesuai dengan kemampuan atau bakat sang anak.

Zaman sekarang mudah sekali para orang tua untuk mengetahui minat dan bakat sang anak. Cukup dengan mengikut sertakan anak untuk tes IQ. Karena jika minat dan bakat tidak seimbang maka anak akan menjadi stres. Setelah Ayah dan Bunda mengetahui apa yang menjadi minat dan bakat sang anak, berikanlah mereka rangsangan dan dorongan yang tepat.

Baca juga : mengatasi anak lambat berpikir

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.