Panduan Ibu Hamil

Pasangan terutama pasangan muda atau yang baru mengalami kehamilan yang pertama tentu saja akan sangat memerlukan panduan ibu hamil.

Banyak hal tentang kehamilan yang harus diketahui.

Informasi tersebut disamping penting bagi bayi yang sedang dikandung maupun bayi calon ibu termasuk juga bagi calon ayah.

Panduan ibu hamil antara lain membahas tentang tips seputar kehamilan dan melahirkan bayi baik norma maupun caesar.

Aneka tips dan trik yang di post oleh Dunia Bayi di blog ini Insya Allah akan dapat memberikan pengetahuan dan ilmu penting tentang bagaimana cara menjalani dan melakukan perawatan kesehatan. Kesehatan disini adalah tentu saja kesehatan bagi janin dan ibu hamil.

Berbicara tentang masa kehamilan maka kita akan mengenal :

  • awal kehamilan trimester 1(pertama)
  • trimester 2 (kedua)
  • trimester 3 (ketiga)
  • proses melahirkan (Persalinan).

 

Manfaat Bantal Hamil, Cara Kerja Serta Cara Memilih Bantal Yang Baik

Manfaat Bantal Hamil – Bantal hamil merupakan bantal yang didesain khusus untuk digunakan oleh ibu hamil agar membantu ibu hamil merasa lebih nyaman di tempat tidur. Sehingga ibu hamil mendapat lebih banyak waktu istirahat.

Cara Kerja Bantal Hamil

manfaat bantal hamil

Ketika hamil bunda tidak bisa tidur telentang dan berbaring miring pun dirasa sulit karena perut serasa berguling. Maka dari itu dihadirkanlah bantal hamil ini yang berfungsi untuk menopang tubuh ibu hamil ketika berbaring miring. Biasanya bantal hamil berbentuk huruf C atau V dengan posisi satu ujungnya di bawah kepala dan lengan serta ujung lainnya diantara kaki dan tengah perut. Bantal hamil selain memberikan kenyamanan saat sedang tidur dan mencegah bunda tidur dengan posisi berbolak-balik namun juga menopang perut dan janin di dalamnya.

Bantal hamil dapat berfungsi tergantung pada ukuran perut ibu hamil, material bantal yang  dipilih, dan tahap kehamilan. Banyak yang merasakan bantal hamil ini sangat membantu mereka saat tidur, walaupun usia kehamilan sudah memasuki usia sekitar 31 minggu. Karena ketika perut menjadi terlalu besar dan ibu hamil sering merasa kepanasan.

Manfaat Bantal Hamil

  • Membantu menopang tubuh ibu hamil yaitu pada perut, leher, kaki, bahu, dan punggung. Dapat mencegah ibu hamil mengalami nyeri punggung dan leher. Memilih bantal hamil yang baik dapat mengurangi tekanan pada tulang punggung, tulang rusuk dan pinggang sekaligus menjajarkan pinggang, bahu, dan tulang belakang.
  • Dengan menggunakan bantal ibu hamil, ibu hamil bisa menghindari rasa tidak nyaman dan rasa sakit yang biasanya dikeluhkan. bantal ini membantu bayi mencapai posisi lahir terbaik, sehingga membuat rasa sakit berkurang dan persalinan jadi lebih singkat.
  • Bantal hamil ini juga bagus untuk menopang bayi setelah lahir, bisa juga digunakan sebagai bantal menyusui untuk menopang bayi ketika disusui atau sebagai penahan agar ia tidak berguling di tempat tidur.
  • Membantu meningkatkan sirkulasi darah, bagi ibu hamil tidur miring ke kiri sangat dianjurkan. Karena posisi miring ke kiri dapat membantu sirkulasi darah yang baik.
  • Menurunkan detak jantung, detak jantung ibu hamil secara otomatis menurun dengan memeluk bantal kehamilan serta ibu hamil dapat mengontrol emosinya.
  • Menaikkan kaki ketika tidur. Disarankan oleh dokter dengan menaikkan kaki ketika tidur.
  • Dapat mengatasi nyeri di tubuh ibu hamil yang diakibatkan penambahan berat selama kehamilan yang bisa menyebabkan stres pada bagian tubuh tertentu. Tapi dengan bantal hamil akan membantu menghilangkan rasa sakit tersebut.
  • Menurunkan risiko mendengkur, ibu hamil yang rentan mendengkur bisa menghindarinya dengan menggunakan bantal hamil. Karena dapat mencegah berpindah ke posisi telentang sehingga tidur dengan posisi yang benar.
  • Bantal hamil ternyata juga dapat mengatasi nyeri punggung pada pria. Tidak hanya dapat digunakan untuk ibu hamil saja namun bantal ini juga bisa digunakan siapa saja yang mengalami sakit punggung.

Cara Memilih Bantal Hamil Terbaik

Dalam memilih bantal hamil juga perlu hati-hati. Bunda perlu tahu mana dan memilih bantal hamil yang sesuai dengan kondisi bunda. Dengan memilih bentuk dan ukuran yang sesuai dengan keadaan bunda maka bunda akan mendapatkan kenyamanan dan merasakan manfaatnya.

Ada beberapa bahan yang digunakan untuk membuat bantal, diantara sebagai berikut :

✔ Isian dengan bola gabus

Isian ini pada umumnya digunakan untuk pembuatan bantal hamil dengan harga lebih terjangkau. Dengan isian bola gabus ini membuat bantal mudah beradaptasi dengan bentuk tubuh dan beratnya pun ringan. Kekurang bantal dengan isian bola gabus cenderung menimbulkan suara ketika bunda bergerak di sekitar bantal. Sehingga membuat kurang nyaman.

✔ Isian dengan polyester

Isian polyster ini lebih lembut dan tidak menimbulkan suara. Jika isian polyester yang digunakan terlalu padat maka membuat bantal semakin keras. Namun walaupun  polyester sangat terkenal sebagai isian pada bantal hamil, bahan isian atau material ini tidak bernafas seperti isian lain.

✔ Isian dengan memory foam

Bantal hamil dengan isian memory foam lebih membentuk tubuh ketika menekannya. Dan saat bunda terbangun atau beban terangkat dari bantal maka memori foam kembali ke bentuk aslinya. Isian memory foam umumnya cukup keras, arena memory foam bisa menyebabkan panas. Namun beberapa pabrik menghaluskannya sebelum digunakan pada bantal hamil. Sehingga memory foam yang dihaluskan membuat ada sirkulasi udara di dalam bantal dan membantu menurunkan panas.

✔ Isian dengan bahan alami dan organik

Jika bunda tipe orang yang ingin menjaga kehamilan sealami mungkin, maka bunda perlu mencari bantal hamil yang sesuai. Isian alami misalnya yaitu berupa wol atau kapuk. Akan tetapi  bantal hamil yang menggunakan isian alami, tidak berarti membuatnya organik ya bunda.

Perlukah membeli bantal yang hipoalergenik??

Karena perubahan tubuh selama kehamilan membuat ibu hamil lebih sensitif pada serat dan material yang sebelumnya tidak bermasalah bagi ibu hamil. Oleh karena itu pemilihan bantal hipoalergenik akan membuat ibu hamil tidur di malam hari tanpa alergi. Akan tetapi jika ibu hamil mengalami gangguan pernafasan, asma, atau sensitif alergi sebelum kehamilan maka bantal hipoalergenik.

Pilih bantal yang empuk atau bantal yang keras?

Pasti kebanyakan orang lebih menyukai bantal yang empuk. Namun ketika bunda ingin memilih bantal hamil, sebaiknya jangan memilih yang empuk. Karena bantal hamil yang lebih keras akan memberi lebih bayak topangan pada tubuh dibanding yang empuk. Meski dirasa bantal yang keras terlihat tidak nyaman pada awalnya, namun bunda akan terbiasa dan merasa nyaman.

Gunakan Posisi Bantal Sesuai Dengan Posisi Tubuh

Berikut ini tipe tubuh dan posisi tidur yang bisa berpengaruh pada pilihan bantal hamil:

✿ Untuk Ibu hamil bertubuh besar

Jika bunda memiliki tubuh yang besar ketika hamil, maka bantal bentuk C menjadi pilihan yang terbaik. Karena bentuknya yang tidak simetris membuat bunda punya pilihan untuk memposisikan bantal di tubuh.

✿ Untuk Ibu hamil bertubuh kecil

Ibu hamil yang bertubuh kecil tidak menjamin untuk tidur dengan nyaman. Kebanyakan ibu hamil yang bertubuh kecil memilih ukuran bantal yang sesuai dengan ukuran tubuhnya. Karena jika menggunakan bantal dengan ukuran besar maka akan membuat tubuh bunda tenggelam dan akan tidak nyaman tidurnya.

✿ Untuk Ibu hamil kembar

Jika bunda hamil kembar lebih dianjurkan menggunakan bantal hamil berbentuk U. Semakin besar ukuran bantal maka makin membantu memberi topangan yang bunda butuhkan karena perut yang lebih besar dibanding ukuran normal.

✿ Untuk Ibu hamil yang suka tidur miring

Bantal ini akan sangat membantu bunda yang tidak suka tidur miring. Karena akan membantu menopang tubuh bunda disaat tidur.

✿ Untuk Ibu hamil yang suka tidur telentang

Posisi tidur telentang sangat tidak dianjurkan selama kehamilan karena akan membahayakan janin yang ada didalam kandungan. Orang yang terbiasa tidur telentang akan merasa tidak nyaman ketika dipaksa tidur miring. Bila terbiasa tidur telentang, bisa tidak disadari bunda akan tidur mengarah ke posisi telentang. Maka untuk mengatasi hal ini terjadi, bunda perlu cari bantal hamil yang menopang punggung. Karena bantal yang menopang punggung akan memastikan orang yang biasa tidur telentang dapat tidur nyaman meski diposisi miring.

Posisi Tidur Yang Aman dan Berbahaya Untuk Ibu Hamil

Posisi tidur yang aman dan tepat ternyata sangat penting untuk ibu yang sedang hamil dan tidak boleh diabaikan. Jika salah mengambil posisi tidur maka aliran darah untuk janin akan terhambat. Tentu saja yang paling buruk kondisi ini akan mengakibatkan kematian pada janin karena menghambat asupan oksigen yang dibawa oleh darah akan berkurang, selain itu juga dapat mengakibatkan kerusakan pada otak janin, janin bisa mengalami kelainan jantung dan autisme.

Penelitian dan riset menunjukkan potensi keguguran dipengaruhi oleh kebiasaan dan posisi tidur ibu hamil.

Berikut ini Adalah Posisi Tidur Yang Aman dan Berbahaya Untuk Ibu Hamil :

♣ Posisi Tidur Ibu Hamil Pada Trimester 1-3

Pada masa kehamilan trimester 1-3 merupakan tahapan paling rawan. Ibu yang sedang hamil muda harus benar-benar dapat menjaga kandungan dengan baik, selain tidak boleh melakukan pekerjaan yang berat, posisi tidur juga harus benar agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Karena pada masa ini, janin sedang dalam tahap tumbuh dan berkembang serta bagian organ tubuhnya sudah mulai terlihat.

Maka dari itu untuk pada masa kehamilan trimester 1-3 dianjurkan untuk melakukan posisi tidur seperti berikut :

☞  Menggunakan Bantal yang Nyaman Selama Tidur

Posisi yang nyaman dan aman untuk ibu hamil muda saat tidur yaitu dengan memanfaatkan bantal berbentuk huruf U untuk menjaga kualitas istirahat. Karena model bantal seperti ini dapat menyangga bagian punggung, perut, kepala, serta lutut.

Penggunaan bantal ini juga dapat menghindari ibu hamil dari keluhan sakit punggung, serta mampu mengurangi tekanan di bahu, leher, dan pinggang pada ibu hamil muda.

☞ Sleep on Side (SOS)

Posisi tidur ini adalah posisi tidur miring, posisi tidur yang terbaik untuk ibu hamil muda. Lebih dianjurkan untuk miring ke kiri agar janin memperoleh aliran darah dan juga zat gizi dari makanan yang bunda makan pun bisa terserap secara maksimal ke dalam plasenta.

Kenapa diharuskan untuk tidur miring ke kiri?? Karena vena besar di tulang belakang mengalirkan darah dari tubuh ke jantung bagian bawah. Hal ini juga mampu meringankan kinerja pada jantung sehingga ibu hamil terhindar dari gangguan kardiovaskular.

Dengan memilih posisi tidur miring ke kiri juga bisa membantu melancarkan aliran getah bening ke seluruh tubuh. Getah bening akan membawa sel darah putih untuk meningkatkan imun. Maka bunda akan kebal terhadap serangan penyakit.

♣ Posisi Tidur Ibu Hamil Muda yang Berbahaya Untuk Janin

☞ Tidur Tengkurap

Posisi ini adalah posisi yang paling harus dihindari sejak trimester awal sampai akhir kehamilan. Jika bunda tidur dengan posisi tengkurap bisa memberikan tekanan pada rahim  yang berakibat aliran oksigen untuk janin menjadi berkurang.

☞ Miring ke Kanan

Posisi tidur yang paling baik adalah menyamping ke kiri, selain itu tidak dianjurkan. Tidur dengan posisi menyamping ke kanan bisa menghambat sirkulasi oksigen untuk janin. Posisi ini juga menghalangi aliran makanan ke plasenta sehingga calon bayi kekurangan tidak mendapat asupan nutrisi.

Namun tentu saja tidur dengan satu posisi yaitu menyamping ke kiri saja akan membuat sang bunda pegal, maka dari itu bisa disiasati dengan penggunaan bantal tidur hamil yang akan mengangga tubuh dengan nyaman.

☞ Setengah Duduk

Untuk beberapa saat tidur dengan posisi ini memang nyaman sehingga ibu hamil banyak yang melakukannya. Tapi tahukah bunda bahwa posisi ini tidak dibenarkan. Setelahnya bunda pasti akan merasakan nyeri pada bagian punggung. Hal itu karena ada tekanan di bagian tulang belakang. Posisi ini juga kurang baik untuk sirkulasi darah ke jantung.

☞ Tidur Telentang Ketika Hamil Muda

Pada trimester 1, tidur telentang tidak dilarang. Namun, setelah memasuki trimester 2 kebiasaan tersebut tidak boleh dianjutkan. Karena akan membahayakan keselamatan janin selama dalam kandungan.

☞ Posisi Kepala Lebih Tinggi Saat Tidur Telentang

Posisi ini dapat menyebabkan nyeri pada leher dan punggung serta mengakibatkan tekanan pada ginjal, hati, serta plasenta. Maka dari itu posisi harus dihindari.  Posisi yang benar yaitu sejajarkan bantal dengan badan agar tidur terasa lebih nyaman.

Berikut Ini Adalah Tips Agar Tidur Nyaman Selama Hamil

Selama hamil sebaiknya dibiasakan untuk tidur siang dan malam secara teratur. Tapi memang terkadang ibu hami memiliki durasi tidur yang berbeda-beda. Hal yang biasa dialami ibu hamil yaitu sulit tidur karena posisi yang tidak nyaman.

Solusi yang harus dilakukan jika bunda sulit tidur nyaman, yaitu :

  • Lakukan relaksasi ringan dengan mandi air hangat sebelum tidur.
  • Konsumsi makanan secukupnya, lebih baik makan sedikit namun sering supaya tidak mengalami gangguan pencernaan di malam hari.
  • Mengurangi konsumsi air putih menjelang tidur agar tidak sering buang air kecil di malam hari.
  • Lakukan pemijatan ringan di area kaki dengan menggunakan minyak herbal.

Baca juga : masa indah proses kehamilan

cara alami merangsang persalinan

Cara Alami Merangsang Persalinan Agar Mudah dan Cepat

Cara Alami Merangsang Persalinan – Persalinan secara normal memang cukup banyak membuat para ibu muda yang akan melahirkan menjadi cemas dan ketakutan akan prosesnya. Namun tahukah bunda bahwa dengan persalinan normal akan menjadi pengalaman luar biasa dan bunda akan merasa menjadi wanita seutuhnya. Dengan begitu kontak batin dan anak akan semakin terasa, namun bukan berarti persalinan dengan cara caesar itu salah ya bunda.

Berikut adalah tips dan cara alami merangsang persalinan :

  • Dengan melakukan senam hamil bertujuan agar melemaskan daerah jalan lahir, memperlancar dorongan janin untuk menuju ke jalan lahir, kontraksi yang dialami lebih efektif dan persalinan menjadi mudah dan lancar.
  • Banyak melakukan olahraga seperti jalan kaki sangat efektiif untuk merangsang janin untuk lebih cepat turun, serta menguatkan otot dan memperlancar sirkulasi darah. Ingat ya bunda saat berjalan tidak boleh condong ke belakang.
  • Menghilangkan rasa cemas, jika bunda merasa sangat cemas sebaiknya bunda ungkapkan rasa kecemasan itu kepada suami, ibu, dokter atau ahli kejiwaan. Agar bunda merasa lebih tenang dan rileks.
  • Melakukan hubungan intim saat hamil, terutama pada trimester terakhir. Hal ini bertujuan agar membantu menyiapkan leher rahim untuk proses persalinan, serta sperma yang mengenai kandungan akan merangsang timbulnya kontraksi rahim dan akan melemaskan leher rahim.
  • Menstimulasi puting payudara, dapat dilakukan sendiri ataupun dengan bantuan suami. Karena akan memicu hormon oksitosin yang dapat membuat kontraksi pada rahim. Perlu diingat jangan dilakukan secara berlebihan karena akan mengakibatkan kontraksi yang kuat, serta panjang dan juga mengganggu kelancaran aliran darah ke janin.
  • Melakukan terapi akupuntur, seperti yang kita tahu bahwa kegiatan semacam terapi akupuntur dan pijat refleski akan bermanfaat untuk menyeimbangkan sistem tubuh bahkan untuk ibu hamil juga akan sangat membantu serta merangsang persalinan. Namun perlu diingat hal ini harus dibawah pengawasan dokter dan dilakukan secara hati-hati oleh ahlinya.

Saat menjelang persalinan bunda harus sudah siap dengan apa yang akan terjadi seperti :

  • Tentu saja persiapan mental dan fisik sangat penting untuk menghadapi proses persalinan.
  • Sudah siap bahwa bunda akan mengalami kontraksi pada hari-hari menjelang persalinan.
  • Namun jangan panik jika bunda mengalami kontraksi dini yang akan berlangsung hanya beberapa menit. Tapi jika kontraksi disertai dengan keluarnya cairan baik darah ataupun cairan bening, segeralah untuk pergi ke dokter.
  • Serta jika air ketuban tiba-tiba pecah saat sedang berdiri, sebaiknya bunda jangan panik karena akan cepat tertutup otomatis jalur keluarnya oleh berat badan bayi. Namun segera lah panggil bidan atau pergi ke dokter.

Selain tips untuk memperlancar proses persalinan, bunda juga harus mempersiapkan beberapa hal sebelum waktu melahirkan tiba, agar disaat sudah dekat waktunya bunda tidak lagi pusing dan sudah merasa tenang.

Berikut ini beberapa persiapan yang harus dilakukan selama masa kehamilan trimsester ketiga :

1. Menyiapkan biaya kelahiran

Hal ini merupakan hal utama yang harus dipersiapkan, walaupun sudah ada fasilitas persalinan gratis namun tak ada salahnya mempersiapkan biaya untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan.

2. Menyiapkan kebutuhan bayi

Mempersiapkan kebutuhan bayi juga sangat penting seperti :

  • Baju bayi
  • Gurita bayi
  • Popok bayi
  • Topi bayi
  • Sarung tangan dan kaki bayi
  • Perlak bayi
  • Kelambu bayi
  • Bedak bayi
  • Minyak telon
  • Gendongan, dan sebagainya.

Namun jika bunda melahirkan anak kedua atau ketiga bisa meninimalisir biaya dengan menggunakan perlengkapan dari anak pertama yang masih layak pakai.

3. Perlu melakukan USG pada trimester ketiga

Melakukan USG tidak hanya untuk mengetahui kesehatan bayi, tapi juga dapat mengetahui jenis kelamin bayi, jika jenis kelamin sudah diketahui bunda dapat mempersiapkan nama dan perlengkapan bayi yang sesuai dengan jenis kelamin bayi. Serta dapat mengetahui posisi bayi menyungsang atau tidak. Karna jika posisi bayi menyungsang dikhawatirkan tidak bisa melahirkan secara normal.

4. Menyiapkan kebutuhan ibu menjelang persalinan

Selain perlengkapan bayi yang harus disiapkan, perlengkapan ibu juga harus dipersiapkan seperti :

  • Celana dalam dan bra
  • Pembalut nifas
  • Daster
  • Gurita ibu atau stagen
  • Camilan ringan dan sehat
  • Perlengkapan MCK
  • Serta madu dan sari kurma untuk suplemen

5. Menyiapkan kamar bayi

6. Menyiapkan biaya aqiqah

7. Menyiapkan nama yang baik

8. Menyiapkan kebutuhan suami saat menemani istri menjalani persalinan

9. Memilih rumah sakit yang tepat untuk persalinan

10. Meningkatkan konsumsi makanan untuk menambah energi

11. Mengajak bayi berkomunikasi saat masih dalam kandungan

Ternyata jika bunda sering mengajak bayi dalam kandungan berkomunikasi dapat menambah hubungan batin antara ibu dan bayi dan juga terbukti bayi akan lebih cerdas dibandingkan dengan bayi yang tumbuh dalam kandungan tanpa diajak komunikasi.

12. Melakukan senam hamil lebih rutin

13. Meningkatkan wirid di trimester terakhir

14. Terus menambah pengetahuan tentang merawat bayi.

proses kehamilan

Masa Indah Proses Kehamilan dan Solusi Dalam Mengatasi Masalah Kehamilan

Proses kehamilan merupakan masa yang paling indah dan ditunggu-tunggu oleh setiap wanita yang sudah menikah. Walaupun lelah dan capek fisik itu semua merupakan kenikmatan dan anugerah yang diberikan oleh Allah SWT.

Trimester Pertama (1-3 Bulan)

Pada masa ini organ bayi mulai terbentuk, dan bayi sangat sensitif terhadapat obat kimia dan virus karena akan mengakibatkan kecacatan fisik pada janin. Pada trimester pertama gejala yang biasanya dialami ibu hamil yaitu mual dan muntah-muntah yang akan membuat dehidrasi. Baca cara mengatasi mual & muntah saat hamil.

Trimester Kedua (4-6 Bulan)

Diusia kandungan menginjak trimester kedua janin mulai membesar dan organnya bertambah matang. Sehingga perut bunda akan semakin membesar oleh karena itu gunakanlah pakaian yang longgar. Fokuskan diri untuk menjaga keseimbangan berat badan dan makanan yang sehat, juga membatasi makanan yang berlemak, garam dan gula yang dapat berakibat buruk bagi janin dalam kandungan.

Hindari juga mengkonsumsi makan ikan yang mengandung merkuri seperti ikan pedang dan king mackerel bunda dapat menggantinya dengan ikan salmon, tuna, udang dan lele. Pada masa ini hormon akan meningkat dan sering muncul gangguan pencernaan seperti susah buang air besar. Untuk mengatasinya bunda sebaiknya memperbanyak minum air putih, makan buah-buahan dan sayur-sayuran.

Selain masalah tersebut pada proses kehamilan trimester kedua ini juga banyak hal yang harus bunda lakukan dan tidak lakukan yaitu :

  • Menghindari aktivitas yang berat seperti mengangkat beban berat, mendorong barang yang berat, menarik sesuatu yang berat, memanjat dan jogging dalam waktu yang lama.
  • Jangan pernah mengambil barang dengan cara membungkuk, jika ingin mengambil barang yang ada dibawah sebaiknya lakukan dengan jongkok.
  • Jangan melakukan gerakan atau aktivitas yang mendadak seperti memutar tubuh dengan cepat dan meloncat-loncat karena akan membahayakan janin.
  • Memperbanyak istirahat
  • Saat mandi biasakanlah menggunakan air yang hangat agar otot-otot menjadi rileks dan bunda akan lebih cepat tertidur karena rasa tenang.
  • Mulai merawat payudara dengan cara membersihkan puting dan meminjat daerah sekitar payudara menggunakan minyak bayi ataupun krim khusus untuk payudara agar dapat menghindari pembengkakan dan peradangan saat menyusui bayi dan juga agar produksi ASI melimpah.
  • Menggunakan bra yang mampu menyangga payudara bunda dengan nyaman serta dapat menyerap keringat dan tidak menimbulkan rasa sakit.
  • Hindari menggunakan sepatu hak tinggi, gunakanlah sepatu yang datar.
  • Saat beristirahat duduk ataupun tiduran sebaiknya letakkan posisi kaki lebih tinggi dengan tubuh agar peredaran darah menjadi lancar dan tidak hanya mengumpul di daerah kaki yang menyebabkan pembengkakan pada kaki dan varises.
  • Posisi tidur juga sudah harus diperhatikan, jangan tidur tengkurap sebaiknya tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri dengan posisi kedua kaki diganjal dengan bantal atau guling.
  • Hindari juga posisi berdiri, berjalan, duduk atau tidur terlalu condong ke belakang karena akan dapat menyebabkan tulang punggung melengkung sehingga tulang belakang menjadi sakit.
  • Hindari makanan yang digoreng atau makanan pedas.
  • Makan dengan porsi sedikit namun sering.
  • Tidak tidur setelah makan.
  • Jangan berdiri terlalu lama lebih dari 1 jam.
  • Selama masa kehamilan sebaiknya hindari rasa depresi atau stres dan selalu berpikir positif.

Trimester Ketiga (7-9 Bulan)

Saat sudah memasuki trimester terakhir, pola makan ibu hamil harus diimbangi dengan berat badan janin yang dikandungnya. Meskipun ibu hamil memang cenderung cepat lapar tapi hindari makan dengan porsi besar dan kurangi juga asupan karbohidrat karena akan menambah bobot tubuh bunda yang nantinya akan mempersulit proses melahirkan. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi 8 gelas air putih dan 1.000ml kalsium setiap harinya agar membantu pertumbuhan tulang janin dalam kandungan.

Berikut ini adalah tips menjelang periode kehamilan trimester ketiga :

  • Lakukanlah olahraga seperti senam hamil dan atau renang.
  • Konsumsi minyak kelapa dan minyak zaitun dapat membantu memperlancar proses persalinan.
  • Kurangi makan makanan yang terlalu asin atau berkadar garam tinggi, karena akibatnya akan terjadi kejang-kejang di bagian kaki karena penumpukan garam yang menyumbat darah di daerah kaki.
  • Tidur dengan posisi menyamping sebelah kiri.
  • Usahakan saat sedang hamil tidak mengalami perubahan suhu yang terlalu drastis. Karena akan menyebabkan ibu hamil cepat lelah.
  • Lakukan relaksasi atau menggunakan aromaterapi misalnya di dalam kamar agar jiwa dan perasaan ibu hamil menjadi lebih tenang untuk menghadapi persalinan nantinya.
  • Memperbanyak istirahat.
  • Jangan pernah menahan keinginan untuk buang air kecil karena akan mengakibatkan infeksi pada bagian saluran kandung kemih.
  • Lakukan pemijatan ringan pada bagian kaki setiap malam dengan menggunkan ibu jari.

Manfaat Strawberry Untuk Kesehatan dan Perawatan Kulit Setelah Melahirkan

Manfaat Strawberry – Buah strawberry merupakan buah kaya akan manfaat bukan hanya untuk kesehatan namun juga sangat bagus untuk perawatan tubuh.

Berikut Adalah Manfaat Strawberry Untuk Perawatan Kecantikan :

  1. Dapat Memperbaiki Kulit
  • Strawberry mempunyai kandungan Vitamin C bermanfaat untuk memperbaiki jaringan yang terlibat dalam pembuatan kolagen dan memperbaiki kerusakan kulit.
  • Kolagen larut dalam air dan vitamin ini tidak dapat disimpan dalam tubuh dan harus disediakan dari sumber makanan.
  1. Mampu Membersih Kulit
  • Asam salisilat dalam buah ini dapat menghilangkan sel-sel kulit mati pada wajah dan mampu mengecilkan pori-pori.
  • Ekstrak stroberi sering digunakan sebagai bahan pembersih kulit seperti sabun wajah dan masker wajah karena selain mengandung vitamin C, asam salisilat buah ini juga mempunyai kandungan antioksidan dan exfoliant.
  • Asam ellagic merupakan antioksidan yang memerangi kerusakan kulit dan mempertahankan keremajaan kulit. Semua kandungan tersebut bermaanfaat untuk membersihkan dan melindungi kulit dari polusi
  1. Toner Kulit
  • Buah Strawberry juga dapat digunakannya sebagai toner untuk menghilangkan kerut. Caranya membuatnya menjadi jus dan tambahkan dua sendok teh ekstrak strawberrydengan 50 ml air mawar dan dinginkan di kulkas dapat disimpan selama 10 hari.
  1. Mengurangi Kantung Mata

Caranya yaitu :

  • Potonglah buah strawberry menjadi irisan tipis
  • Kemudian letakkan irisan stroberi di bawah mata selama 10 sampai 12 menit.
  • Setelah itu cuci wajah dengan air dingin sebelum tidur
  1. Kondisioner Alami

Strawberry membuat rambut bersinar.

Cara membuatnya :

  • Haluskan 7 sampai 8 buah strawberry dan tambahkan 1 sendok makan mayones lalu aduk.
  • Oleskan ke rambut dan kulit kepala lalu diamkan selama 15 sampai 20 menit.
  • Bilas rambut dan keramas seperti biasa
  1. Scrub Kaki

Pada saat hamil biasanya tumit kaki akan mengalami tumit pecah-pecah dengan melakukan scrub strawberry ini akan menghilangkan kulit pecah-pecah pada permukaan kaki.

Caranya yaitu :

  • Tumbuk dan haluskan 6 sampai 8 buah strawberry lalu campurkan dengan beberapa tetes gliserin dan gandum
  • Kemudian rendam kaki dalam air hangat selama 10 menit dan gosok kaki dengan lembut untuk mengelupaskan sel-sel mati dan kulit kasar.
  • Setelah itu cuci bersih kaki dengan air dingin dan juga oles kaki dengan krim kaki agar lebih maksimal.

Serta Berikut Ini Adalah Beberapa Manfaat Strawberry Bagi Kesehatan Tubuh :

  1. Strawberry dapat menyembuhkan gejala stroke
  2. Strawberry mengandung zat anti alergi dan anti radang
  3. Strawberry dapat menyusutkan kadar kolestrol
  4. Dapat membantu melumpuhkan kerja aktif kanker karena mengandung asam ellagic
  5. Vitamin yang terkandung dalam buah strawberry sangat bermanfaat bagi pertumbuhan anak
  6. Strawberry mengandung sedikit gula sehingga cocok untuk menjadi santapan yang sedang melaksanakan program diet
  7. Mampu melawan encok dan radang sendi
  8. Dapat memutihkan dan membersihkan gigi
  9. Dapat menghaluskan kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah dan bersih, juga dapat menghilangkan keriput
  10. Strawberry memiliki konsentrasi tujuh zat antioksidan lebih tinggi dibandingkan dengan buah ataupun sayuran lainnya, sehingga efektif untuk mencegah proses oksidasi akibat radikal bebas dan bertanggung jawab pada proses penuaan.
  11. Dengan memakan 8 buah strawberry perhari akan mencukup vitamin C pada orang dewasa dan juga kebutuhan serat akan terpenuhi
  12. Selain buahnya ternyata daun stawberry juga dapat menghentikan serangan diare dengan mengkonsumsinya tigga sampai empat gelas perhari.
tips mengurangi mual

Tips Mengurangi Mual dan Muntah Saat Hamil Tanpa Obat

Tips Mengurangi Mual – Rasa mual dialami biasanya pada usia kandungan 1-3 bulan atau dalam masa trimester pertama. Jika ibu hamil sering mengalami muntah dan mual akan menyebabkan dehidrasi, maka dari itu saat hamil sangat dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih atau jus buah. Pada usia kandungan ini bayi sangat sensitif terhadap obat kimia ataupun virus yang dapat menyebabkan kecacatan.

Berikut ini adalah tips mengurangi mual dan muntah pada saat hamil :

  • Pada masa trimester pertama ibu hamil sebaiknya makan makanan yang mengandung protein, susu dan lemak sehat sayuran, buah-buahan, biji-bijian yang mengandung asam folat yang bagus untuk perkembangan otak janin.
  • Sebaiknya ibu hamil makan dalam porsi kecil namun sering, karena untuk menghindari rasa mual dan muntah.
  • Makanlah makanan yang mengandung banyak cairan namun jangan berlebihan. Seperti jus apel dan anggur.
  • Boleh memakan makanan ringan setiap 2-3 jam, makan dengan perlahan dan mengunyah dengan sempurna.
  • Selalu sediakan makanan dan minuman kecil yang mengandung kadar garam yang rendah, seperti biskuit, roti atau buah-buahan. Karena dapat mengurangi rasa mual saat beraktivitas.
  • Hindari makanan pedas dan berminyak seperti gorengan dan juga kopi yang dapat merangsang asam lambung.
  • Setelah makan jangan dibiasakan langsung tiduran, duduklah dengan tegak dekitar 10-20 menit setelah makan agar terhindar dari rasa perih dan nyeri pada ulu hati.
  • Hindari bau yang menyengat dan dapat menyebabkan ibu hamil mual.
  • Jika dirasa sudah mual bunda dapat mengkonsumsi jahe seperti permen jahe atau minum air jahe .
  • Jika bunda terus-menerus mengalami mual dan muntah sehingga tidak dapat makan ataupun minum sebaiknya pergi ke dokter dan konsultasikan.

Selain itu berikut ini adalah makanan yang baik dikonsumsi dan tidak boleh dikonsumsi pada saat hamil :

Selain dianjurkan ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung folat tapi juga dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti.

1. Ayam

Pada saat bunda mengalami morning sickness yaitu nama keren dari mual dan pening yang terjadi pada pagi hari. Ayam merupakan makanan yang cocok seperti sup kaldu ayam yang dapat membantu mengurangi rasa mual, selain itu zat besi yang terkandung didalamnya dapat mempertahankan tingkat hemoglobin pada wanita hamil.

2. Bayam

Bayam mengandung zat besi yang dapat memberikan dorongan untuk memproduksi lebih banyak darah sehingga meningkatkan volume darah yang dapat mengalir ke rahim. Bayam juga kaya akan kalsium.

3. Brokoli

Brokoli merupakan sumber kekayaan zat besi yang dapat membentuk sel-sel darah.

4. Ikan Salmon

Biasanya ibu hamil akan dilarang memakan makanan laut seperti udang, kepiting dan sejenisnya karena dikhawatirkan dapat memicu alergi. Namun salmon aman dikonsumsi oleh ibu hamil pada masa trimester pertamanya karena mengandung jumlah kalsium yang tinggi, asam omega 3 dan vitamin D.

5. Telur

Telur merupakan bahan masakan yang dapat dimasak dengan berbagai resep. Karena telur mengandung protein, vitamin D dan kalsium sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi ibu hamil.

Karena bayi dalam kandungan sangat sensitif oleh karena itu bunda juga harus memperhatikan makanan yang harus dikonsumsinya. Beberapa jenis makanan dan makanan berikut ini tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung parasit seperti toksoplasma dan listeriosis yang dapat mengakibatkan kecacatan pada embrio janin.

  • Ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi makanan mentah atau setengah matang seperti seafood dan daging mentah.
  • Ibu hami juga tidak boleh mengkonsumsi ikan yang mengandung metilmerkuri dalam kadar yang tinggi, karena dapat mengganggu sistem saraf pada janin. Seperti ikan hiu dan marlin.
  • Hati mengandung vitamin A dengan dosis tinggi yang bersifat teratogenik atau menyebabkan cacat pada janin.
  • Telur mentah atau makanan yang mengandung telur mentah juga tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.
  • Mengkonsumsi vitamin A dalam dosis lebih dari 20.000 – 50.0000 IU perhari akan dapat menyebabkan kelainan bawaan.
  • Tidak mengkonsumsi keju lunak seperti camembert, feta, brie dan roquefort.
  • Jangan mengkonsumsi minuman yang berkafein seperti kopi, teh, coklat dan kola. Penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi kafein yang berlebih pada ibu hamil dapat menyebabkan kecacatan janin, persalinan prematur, dan meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah. Karena kafein yang dikonsumsi oleh ibu hamil dapat masuk ke saluran pencernaan janin yang masih belum sempurna.

Senam Nifas dan Tata Cara Melakukannya (Khusus Persalinan Normal)

Senam Nifas – Nifas adalah masa setelah ibu melahirkan, setelah melahirkan mungkin masih enggan untuk terlalu banyak bergerak karena masih terasa sakit dan letih. Maka senam nifas ini juga sangat diperlukan unruk mengembalikan kebugaran dan kesehatan tubuh setelah melahirkan.

Tujuan melakukan senam nifas diantaranya yaitu :

  • Terutama untuk mempercepat penyembuhan
  • Mencegah timbulnya komplikasi
  • Mencegah pembekuan trombosit pada pembuluh tungkai
  • Membantu memulihkan dan menguatkan otot-otot punggung, otot dasar panggul dan otot perut
  • Dab manfaat bagi semua sistem dalam tubuh terutama fungsi usus, sirkulasi, kandung kemih dan paru-paru.

Tata Cara Senam Nifas

Selain tujuan dan fungsi dari senam nifas, tata cara senam nifas juga sangat penting untuk diketahui. Senam ini sangat bermanfaat untuk memulihkan keadaan psikologis dan fisiologis, dapat dimulai sejak hari pertama setelah melahirkan hingga minggu ke enam setelah melahirkan. Dilakukan dalam 5-10 kali hitungan setiap hari dan lakukan tingkatan secara perlahan-lahan.

Berikut beberapa gerakan yang dapat dilakukan saat senam nifas :

1. Setelah melahirkan peredaran darah dan pernapasan belum sepenuhnya kembali normal, oleh karena itu diperlukan latihan pernapasan agar seluruh organ dalam tubuh dapat teroksigenisasi dengan baik sehingga dapat membantu memulihkan tubuh.

Dengan melakukan pernafasan perut dengan sikap tubuh yang telentang dan rileks. Dimulai dengan mengambil nafas melalui hidung tahan sampai hitungan ke-5 atau ke-8 dan mengeluarkannya melalui mulut, ulanglah hal ini sampai 5 atau 10 kali pada hari pertama saat melakukan senam nifas.

2. Hari kedua gerakannya masih cukup mudah yaitu cukup tidur telentang lalu kedua tangan dibuka lebar dan sejajarkan dengan bahu kemudian gerakan kedua tangan sampai tepat diatas muka. Lakukanlah selama 5-10 kali.

3. Selama masa kehamilan hingga proses persalinan, otot-otot dasar panggul bekerja sangat keras sehingga dibutuhkan latihan yang dapat menguatkan kembali fungsi otot-otot dasar panggul.

Yaitu dengan cara tidur telentang dan kedua kaki agak dibengkokkan hingga kedua telapak kaki bisa menyentuh lantai, lalu mulai lakukan gerakan mengangkat pantat dan kemudian tahan sampai hitungan ke-3 atau ke-5, setelah itu letakkan pantat pada posisi semula, terus ulangi gerakan tersebut hingga 5 atau 10 kali pada hari ketiga.

4. Untuk memulihkan dan menguatkan kembali otot-otot punggung diperlukan gerakan seperti berikut : posisi tubuh telentang dan kaki ditekuk 45, salah satu tangan memegang perut kemudian anggat tubuh 45 taham  sampai hitungan ke-3 atau hitungan ke-5. Gerakan ini dapat dilakukan sebanyak 5-10 kali pada hari keempat.

5. Pada hari kelima bunda dapat melukan gerakan yang sulit bertujuan agar dapat sekaligus melatih otot-otot bagian punggung, otot paha dan otot bagian perut. Dengan cara yaitu, posisi tubuh masih telentang kemudian salah satu kaki ditekut 45, setelah itu lakukan gerakan mengangkat tubuh dan tangan yang bersebrangan dengan kaki yang ditekuk. Usahakan tangan untuk menyentuh lutut ya bunda..kemudian lakukan gerakan ini secara bergantian dengan tangan dan kaki lainnya selama 5-10 kali gerakan.

6. Terakhir gerakan untuk menguatkan otot-otot kaki yang saat masa kehamilan telah menyangga beban yang sangat berat sehingga mengurangi risiko edema kaki dan memperlancar sirkulasi di daerah kaki. Bunda dapat melakukannya dengan posisi telentang dan menarik salah satu kaki hingga paha membentuk sudut 90, lakukan hal ini terus secara bergantian dengan kaki yang lain sampai 5-10 kali gerakan pada hari keenam.

Baca juga : Senam Hamil

Senam Hamil Berikut Gerakannya Untuk Mempermudah Persalinan

Senam Hamil – Olahraga sangatlah diperlukan agar tubuh menjadi sehat dan bugar, terutama saat bunda sedang hamil akan sangat membutuhkan olahraga agar menambahkan kebugaran tubuh untuk mempersiapkan kelahiran. Gerakan yang dilakukan jangan terlalu berat ataupun mengangkat beban, olahraga yang cocok untuk ibu hamil adalah senam ibu hamil.

Selain bermanfaat untuk menambah kebugaran tapi senam ibu hamil juga sangat membantu dalam proses persalinan. Senam ibu hamil dapat dilakukan pada saat kehamilan memasuki trisemester ketiga yaitu sekitar usia kehamilan 28-30 minggu.

Manfaat dan Tujuan Dilakukannya Senam Hamil untuk Ibu Hamil yaitu :

Manfaatnya sudah pasti bisa langsung dirasakan oleh tubuh yaitu dapat menjaga kesehatan tubuh dan kandungan serta mengurangi kemungkinan terjadiya kejang atau cidera saat persalinan.

1. Memperkuat Elastisitas Otot

Senam hamil dilakukan bertujuan agar otot-otot pada dinding perut menjadi kuat dan mempertahankan elastisitas. Sehingga mencegah nyeri pada pantat, perut bagian bawah dan mencegah terjadinya wasir.

2. Menguasai Teknik Pernapasan

Teknik pernapasan sangat diperlukan ibu hamil agar siap menghadapi proses persalinan dan mencegah dari kelelahan dan kurangnya oksigen.

3. Melatih Relaksasi

Untuk mengatasi ketegangan dan rasa sakit saat persalinan diperlukan latihan kontraksi dan relaksasi.

4. Mengurangi Keluhan Perubahan Bentuk Tubuh

Berolahraga atau melakukan senam selama hamil dapat mengurangi keluhan yang  diakibatkan perubahan bentuk tubuh yang dialami saat hamil.

5. Menghindari Kesulitan saat Persalinan

Kesulitan saat proses melahirkan bisa saja terjadi oleh karena itu senam hamil adalah olahraga yang cocok untuk ibu hamil dapat membantu calon ibu melahirkan dengan lancar tanpa kesulitan serta menjaga ibu dan bayi sehat setelah melahirkan.

Senam hamil juga bisa dilakukan di rumah, harus dilakukan secara teratur dengan kondisi tenang dan gunakanlah pakaian yang longgar.

Bagi bunda yang belum pernah melakukan senam hamil, boleh mengikuti gerakan dasar senam hamil berikut ini :

  • Gerakan yang pertama yaitu dengan duduk bersila dan tegak, kedua lengan diarahkan ke depan dan rasakan santai. Usahaka untuk sering melakukannya.
  • Lakukan posisi berbaring denga miring ke kiri atau sesuaikan dengan arah punggung bayi dan lulut kanan diletakkan di depan perut kiri lebih baik mengganjalnya dengan bantal. Kemudian lengan kana ditekuk ke depan dan lengan kiri diletakkan ke belakang.
  • Posisi berbaring miring dengan kedua tanga dan lutut ditekuk, berikan bantal pada bagian bawa kepala dan bawah perut agar perut tidak menggantung. Lakukan dengan menutup mata, tenang dan rileks denga nafas teratur dan berirama
  • Dengan posisi merangkak yaitu jarak antara kedua tangan sejajar dengan bahu dan keempat anggota tubuh yaitu tangan dan kaki tegak lurus pada lantai dan badan sejajar pada lantai. Kemudian lakukan gerakan menundukkan kepala sambil melihat perut bagia bawah dan mengangkat pinggang sambil mengempiskan perut juga usahakan untuk mengerutkan lubang anus. Setelah itu turunkan pinggang dengan mengangkat kepala sambil melemaskan otot-otot pada dinding perut dan otot dasar panggul. Lakukanlah sebanyak 8 kali setiap hari.
  • Letakkan kepala diantara kedua tangan kemudian lakukan gerakan menoleh ke samping kanan atau kiri lalu turunkan badan hingga dada menyentuh kasur dengan menggeser bagian siku ke samping sejauh mungkin dan tahan selama 1 menit selanjutnya tingkatkan menjadi 5-10 menit sesuai kekuatan ibu hamil.
  • Posisi telentang dengan memegang kedua lutut dan rasakanlah rileks. Ambil nafas melalui mulut semaksimal mungkin kemudian keluarkan, gerakkan badan ke bawah dan ke depan kemudian mengejanlah seperti sedang buang air besar. Lakukan gerakan ini berulang kali sebanyak 3-4 kali dengan batas waktu 2 menit.

Khasiat Sayuran Taoge, Kacang Panjang dan Kentang Dapat Menghilangkan Jerawat

Khasiat sayuran yang sangat bermanfaat bagi tubuh menjadikannya salah satu makanan 4 sehat 5 sempurna. Oleh karena itu si kecil harus diajarkan untuk menyukai sayur sejak dini agar mereka mendapatkan manfaatnya.

Selain khasiat sayuran untuk menjaga kesehatan ternyata ada juga beberapa sayuran yang dapat menghilangkan jerawat pada wajah seperti berikut ini :

TAOGE

khasiat sayuran

Taoge merupakan sayuran yang berasal dari kecambah kacang hijau dan kedelai yang mengandung senyawa fitokimia yaitu sejenis asam amino yang dapat mematikan sel kanker leukimia, usus besar dan pankreas serta mampu menjaga keasaman lambung dan melancarkan pencernaan. Karena taoge membantu menguras kotoran dalam usus besar dengan kandungan serat dan air.

Untuk penderita jantung dan stroke sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur taoge ini karena terdapat zat antibakteri yaitu saponin yang mampu membangkitkan sistem kekebalan tubuh dengan cara menggenjot aktivitas pembuluh alami yaitu sel T-Limfosit atau zat antibodi dan interferon yaitu protein kecil anti virus.

Taoge juga dipercaya dapat mencegah penuaan karna sarat dengan DNA dan mengandung zat antioksidan yang dapat melindungi dari radikal bebas perusak sel DNA. Selain itu taoge juga sangat bagus kecantikan yaitu membantu memeremajakan dan menghaluskan kulit, mengempeskan jerawat, menghilangkan flek hitam, melangsingkan tubuh dan menyuburkan rambut.

Diatas usia 30 kepadatan tulang pastinya akan terus berkurang, namun jangan terlalu dikhawatirkan karena dengan memakan taoge dipercaya mampu mencegah osteoporosis dengan kandungan estrogen alami yang terdapat didalam taoge ternyata berfungsi sama dengan estrgen sintesis. Khasiat taoge yang sangat umum kita ketahui yaitu taoge dapat meningkatkan kesuburan karena mengandung vitamin-E yang tinggi dan dapat melindungi sperma dari radikal bebas.

KACANG PANJANG

Kacang panjang mengandung klorofil, betakarotin, pektin serta vitamin B1 dan B2 selain itu terdapat juga kandungan gizi berupa vitamin A, Vitamin C, protein tiamin, riboflavin, zat besi, fosfor, magnesium, potasium folat, kalori, mangan, karbohidrat, kalsium dan sodium. Kacang panjang berkhasiat untuk mengatasi hipertensi, mengendalikan kadar gula darah, memperkecil risiko stroke dan serangan jantung, menurunkan risiko kanker, meningkatkan fungsi organ pencernaan, bersifat diuretic atau peluruh kencing tingkat sedang, dan membantu mengatasi sembelit.

Sayuran ini juga bermanfaat untuk menjaga kulit dari gangguan jerawat, mengatasi diare, eksim, gatal-gata, dan membantu memulihkan luka bakar. Juga dapat mengobati penyakit reumatik, arthritis, gangguan kemih,saluran kencing dan meningkatkan fungsi limpa karena mengandung antioksidan, antivirus dan antibakteri. Juga yang tidak kalah penting kacang panjang dapat meningkatkan fungsi sel darah merah, menyembuhkan demam, beri-beri, kurang darah dan mengatasi sakit pinggang.

Bahkan menurut penelitian lainnya sayuran kacang panjang ini dapat menghancurkan batu ginjal, meningkatkan penyatuan DNA & RNA, mencegah kelainan antbodi, meningkatkan nafsu makan dan mengurangi pembengkakan.

KENTANG

Kentang adalah salah satu sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan kulit dan sudah banyak digunakan sebagai masker ataupun lulur. Karena kentang dipercaya dapat memutihkan dan melembutkan kulit. Selain itu manfaat untuk kulit lainnya yaitu dapat menghilangkan minyak pada wajah dan jerawat karena terdapat kandungan potasium dan Vitamin C yang sangat cocok untuk perawatan kulit.

Cara mengaplikasikan pada wajah yang berminyak yaitu kupas dua buah kentang lalu diparut dan kemudian dioleskan pada wajah hingga rata, biarkan selama setengah jam sampai mengering lalu bilas dengan air dingin. Sedangkan untuk kulit berjerawat yaitu iris tipis satu buah kentang dan tempelkan ke seluruh bagian wajah, biarkan hingga mengering dan berwarna keabuan setelah itu bilas dengan air dingin.

Bagi bunda yang sering mengeluhkan mata lelah dan bengkak serta noda hitam pada wajah dapat dihilangkan dengan menggunakan kentang dan apabila dicampurkan dengan krim bisa memperlambat munculnya kerut di muka. Cara untuk menghilangkan bengkak pada mata yaitu dengan memarut kentang dan masukkan ke dalam kain tipis yang bersih kemudian kompreskan ke bagian kelopak mata.

Selain baik untuk perawatan kulit, menurut penelitian kentang juga berkhasiat dapat menyembuhkan beberapa penyakit diantaranya jus kentang mentah dapat membantu mengurangi penyakit yang berkaitan dengan sendi-sendi atau arthritis dan rematik dan juga berbagai penyakit yang disebabkan karena salah urat atau terkilir ataupun luka-luka kecil bahkan luka bakar dapat diringakan dengan menggunakan kentang caranya dengan menempelkan irisan kentang pada luka selama 15 menit.

Bahkan vitamin C nya  juga dapat menghilangkan kutil dengan mengoleskan potongan kulit mentah pada kutil. Kandungan vitamin C pada kentang tidak mudah hilang setelah dimasak  karena kentang dikelilingi oleh sari pati. Dalam kentang terdapat kandungan atropine yang membantu mengurangi asam lambung dan mengurangi sakit pada lambung. Lysine yang terdapat pada kentang juga sangat bermanfaat dalam pertumbuhan badan dan otak. Tapi perlu juga diingat walaupun kentang memiliki kandungan kalori yng cukup rendah ternyata kentang juga dapat menyebabkan kegemukan karena terdapat kandungan Glycemic Index.

Khasiat Jamur dan Bayam Ternyata Dapat Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Khasiat jamur dan bayam memang sudah tidak diragukan lagi, berikut adalah penjelasannya, yuk disimak…

Khasiat JAMUR

khasiat jamur

Jamur merupakan satu-satunya sayuran yang tidak mengandung klorofil. Namun tahukah bunda walaupun ia tidak mengandung klorofil tapi mempunyai khasiat yang besar bagi tubuh kita. Jamur memiliki berbagai jenis dan tentu saja semuanya mempunyai khasiat masing-masing diantaranya.

Jamur Merang, jamur ini mengandung antiobiotik yang berguna untuk mencegah anemia, mencegah penyakit kanker dan dapat menurunkan darah tinggi. Jamur merang mempunyai penawar racun yang dikenal dengan Eritadenin.

Jamur Kuping, berbentuk seperti telinga dan mempunyai lendir yang berkhasiat untuk menetralkan racun yang terdapat dalam bahan makanan serta mampu membuat sirkulasi darah menjadi lancar sehingga jangtung tidak bekerja terlalu keras.

Jamur Kancing, khasiat dari jamur kancing yaitu mampu mengurangi resiko penyumbatan pembuluh darah koroner pada penderita hipertensi dan jantung akibat kolesterol. Manfaat lainnya jamur ini juga dapat digunakan sebagai bahan untuk pembuatan kosmetik dan obat penghalus kulit.

Jamur Tiram, adalah sumber nabati yang tidak mengandung kolesterol. Berkhasiat untuk mencegah timbulnya penyakit jantung dan hipertensi, serta dapat mengurangi berat badan, diabetes, menyembuhkan anemia, mencegah kekurangan zat besi dan sebagai anti tumor.

Khasiat BAYAM

Bayam merupakan salah satu tamanan hijau yang mengandung zat besi yaitu mineral. Kandungan mineral ini sangat penting terutama bagi wanita karena wanita berisiko mengalami kekurangan zat besi saat sedang haidh dan juga dapat mencegah anemia. Namun zat besi dalam bayam tidak mudah diserap oleh tubuh, oleh karena itu sebaiknya masak bayam bersamaan dengan sayuran lainnya yang mengandung vitamin C.

Khasiat bayam lainnya yang sangat luar biasa yaitu dapat membantu melindungi otak dari tekanan oksidatif dan penurunan fungsi otak karena peninggakatan usia. Peneliti Barat telah mengkaji bahwa dengan memakan tiga hidangan sayuran hijau setiap hari dapat menghambat kemerosotan mental yang disebabkan oleh peningkatan usia. Selain itu sayur bayam juga berkhasiat untuk mencegah hilangnya penglihatan yang diakibatkan karena faktor bertambahnya usia, katarak, mencegah penyakit kanker dan mencegah bayi lahir cacat.

Sayuran bayam juga mengandung antioksidan yaitu vitamin A dan C bagi perlindungan kardiovaskular yang bertindak untuk mengurangi radikal bebas dalam tubuh. Folat dan magnesium yang terdapat dalam bayam juga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah dan melindungi dari penyakit jantung.

Selain orang dewasa, vitamin A pada bayam sangat diperlukan untuk pembentukan paru-paru pada janin dan juga diperlukan untuk ibu pada masa menyusui serta folat dalam bayam juga sangat diperlukan untuk pertumbuhan janin dalam kandungan yaitu untuk pembentukan sistem saraf yang lengkap. Mencegah kecacatan seperti bibir sumbing atau spin bifida karena kekurangan folat.

Baca juga : Makanan penambahh ASI

 

Perawatan Tubuh dan Organ Kewanitaan Setelah Melahirkan Agar Tetap Mempesona

Perawatan Tubuh Setelah Melahirkan sangat perlu dilakukan oleh setiap wanita karena setelah melahirkan tubuh kita pasti mengalami perubahan yang sangat drastis. Walaupun sudah mempunyai anak wanita juga mendapatkan hak untuk memiliki tubuh yang bagus seperti sebelum menikah.

Berikut Ini Beberapa Tips dan Cara Perawatan Tubuh Setelah Melahirkan :

Gunakan Lulur atau Body Scrub

Pasca melahirkan tubuh bunda pasti mengalami perubahan hormon yang berbanding terbalik dari saat belum hamil ataupun melahirkan. Hal yang paling terlihat yaitu terjadi perubahan pada warna kulit. Biasanya menjadi hitam dibagian-bagian tertentu seperti perut, paha, tumit dan leher atau bahkan ada juga yang sampai mengalami perubahan kulit menjad hitam secara menyeluruh.

Oleh karena itu dengan cara lulur ini diharapkan dapat mengembalikan warna kulit menjadi seperti semula bahkan lebih halus, mulus dan sehat. Tidak ada salahnya saat sedang hamil bunda menjaga kesehatan kulit dengan melakukan lulur setiap seminggu sekali, namun gunakanlah produk yang aman untuk digunakan saat sedang hamil.

Untuk hasil yang lebih baik lagi selain lulur, lakukan juga massage. Massage bisa dilakukan dengan memakai krim anti stretch mark pada bagian yang mengalami stretch mark seperti bagian perut, lengan, paha dan payudara. Saat melakukan lulur akan menimbulkan rasa rileks, pilihlah aroma lulur yang segar.

Melakukan Pemijatan dengan Massage Oil

Pemijatan dilakukan bertujuan untuk mengembalikan otot-otot yang tegang dan kelelahan fisik setelah melahirkan ataupun saat masa menyusui menjadi normal. Pemijatan dilakukan pada bagian telapak kaki, paha, bagian pantat, punggung sampai dengan panggul. Pijat dengan menggunakan massage oil atau minyak pijat yang beraroma segar agar menambahkan rasa rileks.

Mandi dengan Menggunakan Rempah-Rempah

Setelah melakukan pemijatan dengan menggunakan massage oil hal yang dapat dilakukan selanjutnya adalah dengan mandi menggunakan rempah-rempah yang bertujuan untuk menghangatkan tubuh dan mengangkat minyak bekas massage tadi. Rempah yang digunakan antar lain yaitu kencur, jahe, lemon, kayu manis dan sebagainya yang dapat menghangatkan dan mengangkat minyak ditubuh.

Namun bagi bunda yang baru saja habis melahirkan sebaiknya jangan mandi, hanya cukup dilap saja. Sedangkan untuk bunda yang melahirkan dengan cara Caesar, diperbolehkan mandi dengan rempah-rempah ini setelah plester dibuka atau minimal 2 minggu setelah operasi.

Pemakaian Gurita dan Tapel Perut untuk Mengecilkan Perut

perawatan tubuh setelah melahirkan

Pemakaian gurita atau stagen berfungsi untuk membantu mengecilkan perut dan rahim, menahan otot-otot perut, serta menghindari dari peregangan piggul akibat peregangan saat hamil. Namun banyak orang yang percaya mitos bahwa menggunakan gurita atau stagen tidak ada gunanya, tapi tahukah bunda bahwa itu mitos itu salah.

Karna nyatanya banyak wanita yang menyesal dan mengeluh akibat tidak menggunakan gurita setelah melahirkan perut mereka menjadi melar bahkan bukan cuma perut yang melebar tapi juga pinggul dan organ intim pun jadi ikut melar. Oleh karena itu jangan ragu untuk menggunakan gurita ataupun stagen, jika bunda ingin hasil yang maksimal sebaiknya saat menggunakan gurita atau stagen tambahkan juga tapel perut. Tapel perut yaitu ramuan khas jawa yang terbuat dari bahan tepung beras, kapur sirih, air limau nipis, kencur, dan kayu manis yang bermanfaat untuk menghangatkan dan dipercaya efektif untuk mengurangi selulit dan juga stretch mark di perut.

Yang perlu bunda ketahui juga setelah satu tahun melahirkan biasanya otot-otot perut akan menjadi kaku dan tidak selembut saat sehabis melahirkan oleh karena itu akan sangat sulit mengembalikan bentuk tubuh menjadi ramping kembali. Maka dari itu sebaiknya setelah melahirkan gunakanlah gurita minimal 2 bulan pemakaian.

Pemakaian Pilis di Dahi

Pilis merupakan ramuan yang terdiri dari tepung beras yang dicampurkan dengan ramuan herba seperti kencur, kunyit, kenanga,daun pudina, halba, kapur sirih, air limau nipis dan sebagainya.

Gunanya untuk membantu menghangatkan bagian disekitar mata dan kepala agar darah putih tidak naik, mata tidak lamur dan menghindari rasa pening di kepala. Gunakanlah ramuan ini sehabis mandi 2 x sehari sampai 40 hari setelah melahirkan.

Pemakaian Parem di Kaki

Param yaitu ramuan yang biasa dibalurkan ke bagian tubuh kecuali bagian payudara dan perut yang terdiri dari beras yang direndam dan dicampur dengan bahan-bahan seperti kencur, sirih, halia, cendana, bawang putih, kunyit, kulit limau purut, dan beberapa jenis herba lagi.

Bertujuan untuk mengurangi resiko kram, kaki bengkak dan rasa lelah dibagian kaki akibat proses kehamilan juga membantu menghangatkan kaki sehingga aliran darah menjadi lancar.

Penggunaan Ratus Spa

Perawatan ratus spa dilakukan dengan penguapan ramuan tradisional pada organ kewanitaan agar diharapkan dapat membunuh kuman-kuman karna akibat terlalu lama memakai pembalut saat masa nifas.

Penggunaan metode ratus ada dua macam yaitu dengan penguapan dari ratus rebus atau pengasapan memaka ratus dupa. Pemakaian ratus spa ini juga dapat dilakukan dengan cara membasuh organ kewanitaan dengan rendaman ratus rebus.

Menggunakan Ratus Wangi Gondog untuk Menjaga Kesehatan Kewanitaan

Tanaman ratus wangi gondok ini adalah ramuan peninggalan nenek moyang yang dipercaya sangat ampuh dan mujarab khasiatnya.

Cara penggunaanya :

  • Pertama, cuci bahan terlebih dahulu
  • Kedua, rebuslah dengan menggunakan 1 liter air sampai mendidih
  • Ketiga, air rebusan dibasuhkan ke organ kewanitaan selagi hangat

Gunakanlah 3x sehari.