Resep Ramuan Herbal Yang Mudah Dibuat Di Rumah

Resep Ramuan Herbal Yang Mudah Dibuat Di Rumah

Resep Ramuan Herbal – Tentang pentingnya kesehatan dan peran ibu sebagai dokter keluarga dalam membuat ramuan herbal untuk mengatasi berbagai penyakit jika dialami oleh keluarga.

Kali ini kami akan memberikan lagi beberapa tips dan cara membuat ramuan herbal yang mudah dibuat sendiri di rumah.

Langsung saja, berikut adalah beberapa tips ramuan herbal :

  1. Mengobati Sariawan

Ada tiga resep yang dapat dibuat :

  • Dengan Daun Jambu Biji

Ambil 1 genggam daun jambu biji yang masih segar dan kulit batangnya kira-kira seukuran 1 jari, kemudian rebus dengan air 1 liter. Saring hasil rebusan tersebut dan minum sehari 2 kali.

  • Dengan Rimpang Temu Kunci

Jika Bunda tersedia rempah ini di rumah boleh digunakan sebagai obat untuk mengatasi sariawan, cara menggunakannya sama seperti mengunyah daun sirih namun dapat ditelan. Dapat juga dikunyah bersamaan dengan pinang, karena selain menyembuhkan sariawan namun juga dapat menyembuhkan batuk kering.

  • Dengan Daun Sirih

Sediakan 1 atau 2 lembar daun sirih kemudian cuci hingga bersih dan kunyah arahkan ke bagian yang sariawan. Karena daun sirih terbukti dapat membunuh kuman dalam mulut dan terhindar dari bau mulut.

  1. Membuat Obat Batuk Alami
  • Cara yang pertama

Bahan-bahan :

  1. 1 siung bawang putih
  2. 1 sendok makan air jahe
  3. 1 sendok makan air kunyit
  4. 1 sendok makan air jeruk nipis
  5. 1 sendok makan madu dan
  6. 3 sendok makan air matang.

Kemudian rebus ramuan tersebut hingga hangat, kemudian diminum tiga atau empat kali sehari sebanyak 2 sendok teh.

  • Cara yang kedua

Bahan-bahan :

  1. 8 gr kencur
  2. 2 lembar daun sirih
  3. 2 gr buah adas
  4. 0,5 gr kapulaga.

Kemudian semua bahan tersebut dicampur dan direbus dengan 135 ml air, setelah matang tunggu hingga hangat dan diminum 2 kali sehari.

  • Cara yang ketiga

Bahan-bahan :

  1. 3 buah kapulaga
  2. 1 sendok teh jintan hitam
  3. 1 sendok teh adas
  4. 1 jari pulowaras
  5. 2 jari rimpang kencur
  6. 1 sendok makan minyak kelapa dan minyak kayu putih.

Pastikan bahan-bahan tersebut telah dicuci dan bersih, kemudian ditumbuk hingga halus setelah itu tambahkan minyak kelapa dan minyak kayu putih kemudian aduk-aduk. Balurkan pada dada dan leher cara ini akan menghangatkan dan melegakan pernapasan.

  1. Jika Mengalami Keracunan Makanan

Bila salah satu keluaga Bunda mengalami ini sebaiknya segerakan untuk meminum air kelapa hijau secukupnya atau bisa juga meminum air perasan umbi bidara upas.

  1. Jika Mengalami Batuk Kering
  • Belimbing Wuluh

Ambil 10 buah belimbing wuluh yang sudah dicuci bersih kemudian tumbuk halus, tambahkan 1 gelas air matang dan sedikit garam. Setelah itu peras dan saring , minum dua kali sehari.

  • Jeruk Nipis

Ambil 1 buah jeruk nipis yang mengandung banyak air lalu diperas dan tambahkan 2 sendok makan madu kemudian diaduk dan boleh langsung diminum dua kali sehari.

  • Kencur

Ambil setidaknya 1 jari rempah kencur tapi jangan dibuang kulitnya lalu cuci bersih dan untuk orang dewasa boleh langsung dikunyah dengan sedikit garam kemudian minum air hangat, namun untuk anak-anak boleh dihaluskan atau ditumbuk terlebih dahulu kemudian direbus dan tambahkan sedikit garam setelah hangat langsung diminum. Lakukan dua kali sehari.

  1. Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak

Bahan : Jahe

Siapkan setengah ruas jahe kemudian tumbuk hingga halus dan tambahkan air 2 gelas air setelah itu rebus selama setengah jam.

Aturannya : Minumlah 2-3 kali sehari.

  1. Mengatasi Demam Pada Anak Usia 2-5 Tahun

Siapkan wortel yang telah dicuci bersih lalu parut hingga halus dan tambahkan air sekitar 3 atau 4 gelas, kemudian diperas. Minumlah 2 kali sehari dengan dosis ¼ gelas dan minum sedikit demi sedikit.

  1. Ramuan Herbal Untuk Mengatasi Sesak Napas

Sesak napas adalah hal yang sangat ditakuti, karena akan mengakibatkan penderita pingsan karna kehabisan napas. Oleh karena itu kami memberikan resep tradisional yang mudah dibuat jika dalam keluarga ada yang menderita asma atau sesak napas.

Yang pertama yaitu :

  • Menggunakan minyak adas

resep ramuan herbal

Seduh 10 tetes minyak adas dengan 1 sendok air panas dan minumlah selagi hangat. Lakukan hal ini 3 kali sehari sampai sembuh dan sesak napas hilang.

  • Menggunakan Patikan Kerbau

Siapkan setidaknya segenggam patikan kerbau lalu tambahkan air dan lumatkan, kemudian peras menjadi setengah mangkuk dan boleh langsung diminum.

  1. Susah Buang Air Besar

Jika sudah mengalami susah buang air besar sebaiknya memperbanyak minum air putih minimal 8 gelas perhari dan memperbanyak memakan buah-buahan yang berseat.

  1. Mengobati Sakit Perut Karena Makan Makanan Pedas

Bagi pecinta pedas tentu saja makanan pedas menjadi sangat nikmat bahkan jika tidak pedas makanan tersebut seperti hambar atau tidak ada rasa. Namun bagi yang tidak suka pedas mungkin akan menyebabkan sakit perut bahkan sampai diare.

Berikut ini akan kami berikan tips cara menghilangkan sakit perut karna makanan pedas, yaitu cukup sediakan kunyit sebesar ibu jari sebelumnya bersihkan dari kulitnya kemudian iris-iris tipis dan masukkan ke dalam gelas. Tambahkan juga gula dan asam secukupnya kemudian seduh dengan air mendidih, setelah hangat boleh langsung diminum. Insyaallah sakit perut akan hilang.

  1. Cara Menghilangkan Camplak

Pertama sediakan sabun, kapur sirih, dan juga kemangi kemudian campurkan dan haluskan setelah itu oleskan pada bagian yang terkena camplak.

Share this post

Comments (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.